cerita rakyat pendek

4 Cerita Rakyat Pendek Tentang Kebaikan Untuk Anak

Salah satu jenis cerita rakyat pendek yang cocok untuk anak-anak adalah mengenai kebaikan. Anak-anak sangat mudah untuk menerima makna dari sebuah kisah. Sehingga dengan cerita yang ada ini bisa menjadi pembelajaran menarik nantinya.

4 Cerita Rakyat Pendek Tentang Kebaikan Untuk Anak

  1. Astrolog

Rekomendasi cerita pertama yang mengajarkan kebaikan adalah Astrolog. Kisah ini berisikan seorang pria yang mengakui bisa melihat masa depan dan hal-hal yang terjadi suatu saat nanti. Dia sangat bangga dengan kemampuannya dan ingin melintasi langit dengan sejuta bintang.

Perlu dipahami bahwa pria ini hanya bisa melihat masa depan menggunakan perantara bintang-bintang saja. Akhirnya dia hanya menghabiskan waktunya untuk memandangi langit malam tanpa henti. Sehingga tidak banyak orang yang mengenalinya.

Sampai akhirnya ketika dia berjalan mengelilingi desa dia hanya konsentrasi melihat ke arah bintang. Hal ini membuat langkah kakinya tergelincir pada lubang yang dalam. Ternyata lubang itu berisikan lumpur dan menenggelamkannya.

Dari kisah ini bisa diambil kesimpulan jangan hanya fokus untuk masa depan namun pekalah terhadap sekitar.

  1. Burung Merak dan Bangau

Rekomendasi cerita rakyat pendek terbaru kedua adalah Burung Merak dan Burung Bangau. Kisahnya berawal dari Burung Merak yang sedang menikmati keindahan bulu miliknya. Dia memang terkenal cukup sombong dengan keindahan sayap yang dimilikinya.

Sampai akhirnya datanglah Burung Bangau yang mendekat ke arah Burung Merak. Tanpa ditanya Merak menebarkan sayapnya dan berkata bahwa seluruh keindahan pelangi telah melekat padanya. Mendengar semua itu Burung Bangau tidak bergeming sedikit pun.

Dia pun mengepakkan sayapnya yang biasa dan mengajak Merak terbang menuju matahari. Sayangnya sayap yang indah dari Merak memang tidak bisa digunakan terbang tinggi. Dari situ Merak sadar bahwa keindahan saja tidak cukup jika tidak ada guna maksimalnya.

  1. Pohon Berangan

Rekomendasi kisah ketiga yang juga bagus adalah tentang Pohon Berangan. Kisahnya dimulai dari dua orang pria yang sedang kelelahan dan duduk di bawah Pohon Berangan ini. Pohon itu cukup kokoh dan besar sehingga bisa melindungi keduanya dari terik matahari.

Namun salah satu dari pria itu mengatakan bahwa pohon tersebut sangat kasihan. Alasannya dia tidak memiliki fungsi apa pun bahkan tidak menghasilkan buah. Pria satunya lagi juga menimpali pohon itu hanya mengotori lingkungan.

Seketika itu pohon sangat marah dan mengatakan bahwa kedua orang pria itu tidak memiliki rasa terima kasih sama sekali. Inti dari kisah ini jangan pernah mencela kebaikan orang lain dan selalu ucapkan terima kasih.

  1. Domba dan Serigala

Kisah selanjutnya dari cerita rakyat pendek terbaik yang bagus adalah Domba dan Serigala. Kisahnya berawal dari kawanan Domba yang sedang mencari celah untuk memakan rumput petani lebih banyak. Di sana terlihat anjing yang galak dan menjaga area rerumputan itu.

Tidak lama kemudian datanglah Serigala untuk mempengaruhi Domba. Dia berkata jika tidak ada Anjing mereka bisa berteman dan makan lebih banyak rumput. Domba yang mudah tertipu akhirnya percaya apa yang dikatakan Serigala.

Serigala itu akhirnya mengusir Anjing begitu pula dengan Domba yang membantunya. Setelah itu Serigala berubah menjadi jahat dan menerkam Domba untuk pesta kemenangannya. Dari kisah ini tentu diambil pelajaran untuk tidak percaya pada orang dengan mudah.

Anda bisa mengambil makna yang diberikan dari masing-masing cerita rakyat pendek terkait sebagai pembelajaran. Tentunya hal ini menjadi cara pembelajaran yang lebih mudah dan praktis. Karena itulah coba untuk membacakan cerita tentang kebaikan tersebut pada anak-anak sejak dini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *