cara menyimpan buah agar awet segar

7 Cara Menyimpan Buah Agar Tetap Segar

Cara menyimpan buah agar tetap segar dan tidak mudah busuk. Teman-teman pasti punya masalah saat menyetok buah di rumah. Nah, artikel kali ini akan memberikan beberapa tips cara menyimpan buah agar tetap segar

Cara menyimpan buah agar tetep segar

cara menyimpan buah agar awet segar

Beli Secukupnya

Sebenarnya cra paling ampuh agar buah tidak mudah membusuk yaitu dengan tidak berlebihan menyetok buah. Selain karena buah lebih lama habis terlalu banyak menyetok juga membutuhkan ruang penyimpanan yang ekstra.

Jadi lebih baik secukupnya saja dalam menyetok buah di rumah.

Beli Buah Segar

Cara selanjutnya yaitu dengn membeli buah yang masuh segar atau belum pernah disimpan dalam lemari pendingin atau kulkas. Karena buah yang telah didinginkan menjadi lebih cepat membusuk saat disimpan di suhu ruang

Hindari Buah Memar

Saat memilih buah, pilihlah buah yang mulus atau tidak ada bagian yang memar. Karena buah dengan keadaan memar menjadi pemicu pembusukan pada buah. Dan pastikan juga buah yang di beli telah dilapisi dengan tujuan sebagai bantalan supaya buah agar tidak mudah memar.

Cuci Sebelum di Simpan

Memang ada beberapa buah yang tidak perlu di cuci sebelum di simpan untuk menghindari pembusukan. Namun untuk beberapa buah yang memiliki kulit tipis seperti anggur atau setroberi perlu di cuci dahulu sebelum di simpan.

Setelah di cuci tiriskan terlebih dahulu atau bisa dikeringkan menggunakan tissue dapur.pada intinya jangan simpan buh dalam keadaan lembab.

Tempaat Penyimpanan

Tempat penyimpanan yang baik untuk menyimpan buah yaitu tempat dengan sirkulasi udara yang baik dan tentunya kering. Dan tentunya simpan buah dengan memberi lapisan terlebih dahulu untuk menghindari memar.

Jika ada buah yang memar simpan secara terpisah dari buah yang masih segar karena akan memicu pembusukan pada buah yang masih segar

Simpan Dalam Plastik Vacum

Cara yang selanjutnya yaitu dengan membungkus buah secara rapat dengan plastic yang di vacuum sealer. Untuk pembelian alat vacuum sealer bisa mengunjungi website Rumah Mesin.

Perhatikan Jenis Buah

cara menyimpan buah agar awet segar

Cara menyimpan buah agar tetap awet segar yang lainnya yaitu dengan memperhatikan jenis buah. Masing-masing jenis buah memiliki kandungan yang berbeda-beda. Berikut jenis jenis buah dan penjelasan cara menyimpannya :

Buah Penghasil Gas Etilen

Gas etilen merupakan gas yang dapat membantu proses pematangan pada buah. Beberapa buah yang menghasilkan gas etilen antara lain mangga, pisang, pir, alpukat, tomat, dan plum.

Jadi pisahkan buah tersebut dari buah yang lainnya supaya tidak membuat buah lainnya cepat matang dan busuk.

Jeruk

Untuk penyimpanan buah jeruk dan sejenisnya bis disimpan dalam ruangan terbuka atau dengan suhu ruang akan bertahan selama satu minggu. Sedangkan jika disimpan dalam lemari pendingin bisa bertahan hingga satu bulan.

Untuk jeruk dan sejenisnya tidak ada cara khusus atau pantangan dalam penyimpanan asalkan tidak di simpan secara bertumpuk. Dengan tujuan menghindari buah rusak.

Nanas

Cara menyimpan nanas yitu dengan memotong bagian atas nanas yang berdaun kemudian simoan nanas secara terbalik. Ini bertujuan untuk mendistribusikan gula yang berada di dasar nanas.

Nanas yang masih hijau akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan nanas yang sudah matang. Nans hijau akan bertahan selama 2 sampai 3 minggu.

Pisang

Pisang merupakan jenis buah yang sangat mudah mengalami memar sehingga masa simpan pisang paling lama 3 sampai 4 hari. Namun, jika kita menyimpan pisang yang belum ranum dan disimpan di ruangan terbuka bisa bertahan selama seminggu.

Alpukat

Ada satu trik dalam menyimpan alpukat yaitu dengan memasukkannya ke dalam kaos kaki kemudian di gantung dengan tujuan untuk menghindari memar pada buah alpukat.

Masa simpan buah alpukat tidak lama sekitar 3 sampai 4 hari walaupun pada awalnya alpukat masih keras hanya bertahan 7 sampai 10 hari di suhu panas atau tropis.

Apel

Ada 2 cara untuk menyimpan buah apel. Yang pertama jauhkan apel dari buah yang mengandung gas etilen. Yang ke 2 simpan apel dengan jarak antar buah dan usahakan tidak di tumpuk. Cara ini dapat membuat apel bertahan hingga satu bulan.

Stroberi dan Anggur

Kedua jenis buah ini biasanya hanya bertahan selama 2 hari, nantinya kedua buah ini bisa mengering bahkan membusuk. Jadi usahakan untuk tidak terlalu banyak saat menyetok buah stroberi dan anggur.

Mangga

Jenis buah ini dapat matang dengan sendirinya saat disimpan di suhu ruang. Biasanya mangga akan matang hanya membutuhkan 3 sampai 4 hari. Untuk memprlambat proses pematangan simpan di dalam kulkas dan pastikan dalam posisi kering.

Semangka

Buah yang satu ini sangat cocok dimakan saat siang hari terlebih saat cuaca panas. Cara penyimpanan semangka cukup simpan dalam keadaan utuh semangka utuh mampu bertahan selama 10 hari di dalam kulkas.

Jika di simpan dalam bentuk potongan, simpan dalam wadah kemudian tutup dengan rapat.

Nah itu dia cara menyimpan buah agar tetap segar dan tidak mudah membusuk. Semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan tentunya dapat membantu teman-teman semua. Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatian dan selamat mencoba dirumah guys.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *