Alasan Mengapa AC Di Rumah Tidak Dingin? Inilah Penjelasannya

Dengan seiringnya zaman, tampaknya pemanasan global sudah mulai dirasakan. Bahkan di beberapa daerah yang awal sebelumnya dirasa sejuk dan tergolong dengan dataran tinggi, pada waktu ini sudah mulai terasa panas. Hal tersebut tidak hanya kondisi cuaca yang menyebabkan panas meningkat, melainkan dikarenakan sempitnya area pemukiman sehingga tidak banyak celah angin yang masuk ke dalam rumah.

Kebutuhan akan penyejuk udara semakin tahun akan meningkat, terutama pada saat musim panas, terkhusus didaerah kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan kota besar lainnya. 

Meskipun permintaan AC meningkat, problem AC relative mudah diperbaiki dan tidak memerlukan biaya yang terlalu besar. Tetapi akan sangat mengganggu dan menguras cukup banyak waktu jika itu terjadi terus menerus.

Masalah yang sering terjadi yaitu apabila pendingin ruangan yang Anda miliki tidak bisa memberikan udara dingin seperti yang seharusnya. Ada beberapa yang menyebabkan AC tidak dingin, berikut diantaranya.

Desain Sistem yang Buruk

Pada saat kita memutuskan untuk membeli sebuah AC, kita harus mempertimbangkan seberapa besar ruangan dimana AC akan dipasangkan. Disamping itu, Anda juga harus mengetahui lebar dan panjang mengenai besar ukuran ruangan dan kebutuhan pendingin yang sesuai. Jika Anda tidak mengetahui hal tersebut, bisa menanyakan kepada teknisi AC maupun kepada penjualnya.

Karena, jika Anda membeli AC yang terlalu kecil dengan BTU rendah, maka tidak tepat apabila dipasangkan di ruangan yang sedikit agak lebar. 

Faktor Cuaca

Cuaca sangat berpengaruh terhadap suhu di dalam ruangan. Meskipun Anda baru saja membeli AC baru dan memasangkannya. Disaat malam hari, kondisi cenderung lebih dingin sehingga AC tidak dapat berkeja secara maksimal. 

Sedangkan disaat siang hari terutama saat matahari di tengah-tengah kita sehingga dinding dan atap rumah menjadi panas, maka fungsi AC akan menurun. Jika AC tida bisa memberikan kesejukan, maka Anda bisa menurunkan suhunya. Anda bisa mengetahui suhu diruanagan dengan menggunakan alat ukur suhu.

Kondisi Ruangan

Kondisi ruangat sangat besar pengaruhnya kanapa ac dirumah tidak dingin. Hal itu dikarenakan ruangan tersebut langsung terkena sinar matahari dan dindingnya hanya terbuat dari campuran semen dan pasir saja, tanpa ada tambahan kapur. Dengan itu, kemungkinan besar ruangan tersebut akan sangat panas.

Pada hakikatnya dinding yang bercampur dengan kapur memang ketahanannya tidak terlalu kuat, namun bisa meredamkan suhu panas dalam ruangan. Selain itu, jika ruangan atau kamar yang terdapat jendela yang terkena sinar matahari secara langsung, maka suhu didalam ruangan menjadi panas berkali-kali lipat, dibandingkan dengan jendela yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *