jasa potong keramik

Alat yang Digunakan Oleh Jasa Potong Keramik

Keramik menjadi bagian utama dari bangunan rumah. Bukan hanya sebagai alas lantai saja, melainkan juga menambah kesan estetik pada bangunan. Apalagi, keramik mempunyai warna, tekstur, model yang bisa disesuaikan dengan desain interior. Kira-kira, apa saja alat yang digunakan oleh jasa potong keramik? Yuk, simak berikut ini.

Alat Pemotong Keramik

Alat pemotong keramik dapat membantu pekerja untuk memotong keramik dengan lebih rapi, sehingga ukuran dan bentuknya sesuai. Terdapat dua alat pemotong, yaitu manual dan elektrik. 

  • Pemotong Keramik Menggunakan Alat Manual 

Alat pemotong manual sudah pasti membutuhkan tenaga manusia. Terdapat dua alat manual, yaitu tilescriber dan tile cutter. Keduanya digunakan untuk memotong keramik dengan bentuk garis lurus, misalnya memotong keramik menjadi beberapa bagian. Namun, pemotong ini hanya dapat digunakan pada jenis keramik tanah liat.

Tile Scriber salah satu alat pemotong yang terbuat dari bahan logam berbentuk runcing, seperti cutter. Saat digunakan untuk memotong keramik, Anda membutuhkan bantuan penggaris logam sebagai alat bantu. Tujuannya agar keramik terpotong lurus. 

Selain itu, tiles cutter juga digunakan untuk memotong keramik dengan lebih cepat dan mudah. Tiles Cutter berasal dari bahan logam yang berbentuk persegi panjang, dilengkapi mata pisau yang dengan tuas. Jika dibandingkan dengan tile scriber, alat ini memotong keramik dengan lebih praktis dan presisi yang tepat. 

  • Pemotong Keramik Menggunakan Alat Listrik

Selain alat manual, terdapat juga alat pemotong kemarik elektrik yang hanya memerlukan bantuan tenaga listrik. Umumnya, alat yang digunakan adalah mesin gerinda dengan mata pisau berbentuk bundar. Mesin gerinda banyak dijual dengan beragam ukuran hingga presisi yang berbeda-beda. 

Alat ini dapat memotong lutus, membuat potongan lengkung, hingga bentuk yang rumit. Pemotong elektrik lebih menghasilkan potongan yang lebih presisi dan rapi daripada memakai alat manual. Meski begitu, mesin gerinda punya risiko yang tinggi apabila tidak berhati-hati. Kelemahan lainnya, yaitu menghasilkan suara bising dan serbuk. Oleh karena itu, saat memotong menggunakan mesin ini harus menggunakan alat keselamatan berupa sarung tangan, masker, dan penutup telinga. Kira-kira, itulah alat umum yang harus dimiliki oleh jasa potong keramik

Leave a Comment

Your email address will not be published.