Amankah Menggunakan Pintu Otomatis?

Pasti anda pernah menemukan pintu yang bisa terbuka dan tertutup sendiri secara otomatis? Apa kesan pertama yang ada dalam pikiran anda dengan teknologi yang semakin canggih ini?. Tapi sebenarnya pintu otomatis aman digunakan nggak sih, apalagi pintu otomatis kaca yang banyak digunakan diberbagai gedung-gedung besar. 

Cara Kerja Pintu Otomatis Kaca

Pengguna pintu otomatis perlu mengerti bagaimana cara kerja dari pintu ini, dengan demikian anda akan semakin yakin untuk menggunakannya. Caranya sebagai berikut :

  • Terbuka karena adanya sensor

Pintu otomatis bisa terbuka dan tertutup secara otomatis karena adanya sensor yang diletakkan di pintu tersebut. Sensor pintu otomatis berguna dalam merasakan berbagai hal di sekitarnya, namun sebelumnya sudah diatur dahulu oleh pengguna. 

Sensor ini bisa merasakan suara,  cahaya, berat, gerakan, bahkan asap. Pemakaian pintu otomatis di tempat-tempat umum memakai jenis sensor, misalnya, sensor gerakan maupun sensor berat.

  • Sensor diletakkan di bagian pintu

Sensor yang terdapat di pintu bisa membuat pintu terbuka ketika anda dekati dan bisa tertutup ketika anda menjauh. Alasannya karena sensor pintu yang telah disamarkan dan ditaruh di bagian pintu yang tidak bisa anda lihat. 

Seperti pintu otomatis yang menggunakan sensor berat umumnya disembunyikan di bagian bawah keset yang ada di depan pintu tersebut. Maka ketika anda mendekat ke keset, pintu bisa terbuka tiba-tiba dan sebaliknya. 

Sensor juga disembunyikan di bawah pada pintu, di bagian atas pintu juga di bingkai pintu. Jadi terserah anda mau melekatnya kemana yang penting tidak jauh dari pintu tersebut. 

Umumnya jika sensor diletakkan di atas maupun di bingkai pintu merupakan pintu otomatis memakai sensor gerak atau sensor optik. Sensor gerak yang berada di bingkai pintu, membuat pintu terbuka jika kita bergerak di sekitaran pintu tersebut.

  • Fungsi pintu otomatis 

Setelah mengetahui cara kerja dari pintu otomatis, kita belajar tentang fungsinya. 

-Pintu otomatis mempermudah anda dan orang lain keluar masuk gedung atau rumah,seperti orang disabilitas pintu otomatis sangatlah membantu.

-Tidak membutuhkan anggota tubuh seperti tangan saat akan membuka, jadi ketika anda bawa banyak barang tetap bisa terbuka.

-Menghemat waktu lebih efektif dan memudahkan aktivitas. 

Kesimpulannya menggunakan pintu otomatis kaca sangat aman digunakan. Jadi tunggu apalagi silakan kepoin https://selaraslawangsewu.com/. Semoga bermanfaat. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.