Analisa Bisnis Frozen Food yang Harus Kalian Ketahui!

Hallo semua! Balik lagi nih sama aku. Nahh pada kesempatan kali ini, aku bakalan membahas tentang modal bisnis frozen food. Buat kalian yang ingin memulai bisnis ini, yukk simak penjelasan di bawah ini dengan teliti!

Sebelum membahas tentang analisa bisnis frozen food, yukk kita bahas dulu apa sih itu frozen food?

Frozen Food

Frozen food atau makanan beku merupakan suatu makanan yang dibekukan dan memiliki tujuan untuk mengawetkan makanan tersebut hingga siap untuk dinikmati.

Sudah sejak zaman dahulu, para prtani, nelayan, bahkan pemburu sudah mengawetkan hasil usaha mereka di bangunan yang sama sekali tidak terhangatkan pada saat musim dingin.

Pembekuan terhadap makanan itu dapat untuk memperlambat dekomposisi dengan mengubah kadar air yang masih tersisa dari makanan tersebut menjadi es dan juga dapat menghambat pertumbuhan sebagian besar jenis spesies bakteri.

Pada dasar nya, ada dua jenis proses dalam pembekuan makanan yang dibekukan. Apa aja sih proses nya? Yaitu secara mekanik dan juga secara kriogenik atau flash freezing.

Kinetika pada pembekuan makanan berperan penting dalam menentukan kualitas makanan yang akan di bekukan.

Pembekuan yang cepat dapat menyebabkan partikel air di dalam makanan yang membeku akan membentuk partikel es yang berukuran kecil.

Sedangkan pembekuan yang lambat cenderung dapat menghasilkan partikel es yang berukuran besar sehingga hal tersebut dapat membuat rusak tekstur bagian dalam pada makanan.

Saat ini, pembekuan kriogenik merupakan teknologi dengan pembekuan tercepat karena dengan ada nya penggunaan nitrogen cair. Namun secara umum, penggunaa teknologi pembekuan justru menuju ke arah proses pembekuan yang lebih cepat dan efisien dari segi energi serta biaya.

Mengawetkan sebuah makanan di dapur pada abad ke 20 dan 21 yaitu dilakukan dengan menggunakan freezer atau biasa disebut lemari pembeku. Ibu rumah tangga harus membekukan semua bahan pangan yang sudah di beli pada hari itu juga atau pada hari yang sama jika makanan tersebut tidak segera di makan.

Berdasarkan sebuah study, masyarakat di Amerika Serikat rata-rata akan mengkonsumsi 71% makanan beku per tahun nya. Yang hampir semua dari 71% adalah makanan beku pra-masak.

Sejarah Frozen Food

Pembekuan makanan jika dilakukan secara alami yaitu dengan menggunakan hawa dingin pada saat musim dingin. Hal tersebut telah digunakan oleh suku suku tradisional di daerah yang beriklim dingin selama berabad abad lama nya.

Pada tahun 1885 sejumlah kecil ayam dan juga angsa dikirimkan dari Rusia menuju ke London. Ayam dan angka tersebut di kemas di dalam peti peti dengan menggunakan teknik ini.

Lalu pada bulan Maret tahun 1899, “British Refrigeration and Allied Interests” mereka berdua melaporkan bahwa ada beberapa perusahaan yang mengimpor makanan beku. Yaitu perusahaan “Baerselman Bros”, perusahaan tersebut mengirimkan sejumlah 200.000 ekor ayam dan juga angsa beku per minggu nya.

Di kirim dari tiga depot Rusia yaitu ke New Star Wharf, Lower Shadwell, dan juga London selama tiga atau empat bulan lamanya pada saat musim dingin.

Perdagangan pada makanan beku atau fozen food ini dimungkinkan karena diperkenalkan nya pabrik pembekuan udara dingin Linde di tiga depot Rusia sekaligus dan juga gudang yang berada di daerah London.

Gudang Shadwell dapat menyimpan bahan bahan makanan beku tersebut hingga siap di bawa ke pasar pasar yang ada di London, Birmingham, Liverpool, dan juga Manchester. Teknik teknik ini kemudian dapat dikembangkan menjadi industri, yaitu industri untuk pengemasan berbagai macam daging.

Di mulai pada tahun 1929, Clarence Birdseye menawarkan sebuah cara untuk membekukan makanan secara cepat kepada masyarakat sekitar. Ide Birdseye ini didapatkan ketika sedang berburu hewan di Labrador pada tahun 1912 dan tahun 1916, ketika dia melihat penduduk asli setempat sedang mengawetkan makanan dengan cara membekukan nya.

Ya udah yukk dari pada kelamaan, langsung aja simak penjelasan mengenai modal untuk memulai usaha frozen food yang kalian butuh kan jika kalian ingin memulai usaha frozen food ini.

Analisa Bisnis Frozen Food

1. Peluang bisnis untuk frozen food

Peluang untuk bisnis frozen food bisa terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Bisnis frozen food menjadi salah satu pilihan bisnis makanan beku yang praktis dan menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni bisnis tersebut. Peluang untuk bisnis makanan beku yang praktis ini masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja. Apakah kalian berminat menjalankan pilihan bisnis frozen food ini?

2. Prospek dalam menjalankan bisnis frozen food

Prospek didalam bisnis frozen food dapat dikatakan sangat cemerlang dan sangat menguntungkan. Dimana melalui bisnis frozen food dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Bisnis yang bergelut dengan olahan frozen food ini memiliki prospek yang sangat bagus dalam jangka ke depan.

3. Memulai bisnis

Ketika menjalankan bisnis frozen food memang dapat dimulai dengan langkah yang cukup mudah. Dalam menjalankan bisnis frozen food bisa dijalankan dengan kebutuhan modal kecil. Yang mana bisnis frozen food bisa dilakukan dengan skala rumahan menggunakan modal yang tidak besar.

4. Pelaku bisnis

Bisnis frozen food ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang yang ingin bisnis makanan beku yang praktis dan menguntungkan tersebut. Bagi siapa saja yang ingin menjalankan bisnis makanan beku ini sangatlah mudah, proses produksi frozen food mudah dan juga laba yang menguntungkan.

5. Harga jual

Patokan harga untuk frozen food dapat kalian buat dalam hitungan per item dimana harga mulai Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

6. Keuntungan dalam menjalankan bisnis

Keuntungan bila kalian memilih terjun dalam peluang usaha frozen food ini yakni merupakan makanan beku yang praktis yang digandrungi banyak orang.

7. Kekurangan bisnis

Segi kekurangan bisnis frozen food yaitu memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan cukup ketat. Sehingga dalam berjualan makanan beku dapat diminimalisir dengan membuat frozen food berbeda, sehat dan lebih higienis dalam memenangkan persaingan.

8. Analisa Bisnis Frozen Food

  • Asumsi

Asumsi masa guna bagi semua peralatan yang digunakan. Seperti masa guna kompor, panci, wajan, pisau, talenan, mesin vacuum sealer, dll.

Btw, apasih itu mesin vacuum sealer? Yaa vacuum sealer adalah alat pres plastik kedap udara yang dapat membantu kalian dalam menyimpan makanan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

  • Investasi

Investasi yaitu harga keseluruhan yang dibutuhkan dalam usaha ini. Ada harga pelaratan, biaya tetap, biaya variable, pendapatan perbulan, keuntungan perbulan, dan balik modal usaha frozen food.

Nahh itu dia, penjelasan mengenai analisa bisnis frozen food.

Jika kalian ingin tau informasi yang lainnya mengenai analisa bisnis frozen food, maka kalian bisa melihat informasi tersebut pada artike yang sudah saya buat sebelumya yaitu usaha frozen food yaaa.

Semoga penjelasan berikut dapat membantu kalian semua. Terimakasih dan sampai jumpa!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *