Apa Itu Restrukturisasi Pajak

Apa Itu Restrukturisasi Pajak?

Apa yang dimaksud dengan restrukturisasi pajak? Nah, artikel kali ini akan membahas tentang pengertian restrukturisasi perpajakan. Ingin tahu lebih jelas, langsung saja baca dan simak artikel kali ini.

Pengertian dan Penjelasan Restrukturisasi Pajak

Restrukturisasi pajak merupakan pembuatan ulang dalam skema transaksi metode pembukuan alternatif perusahaan yang berfungsi untuk memperkecil beban pajak, sehingga hal tersebut akan memaksimalkan perkembangan perusahaan secara keseluruhan. Sedangkan untuk restrukturisasi sendiri merupakan kegiatan atau aktivitas untuk mengubah struktur sebuah perusahaan, dalam artian dapat memperkecil dan memperbesar struktur perusahaan tersebut.

Dimana hal itu nantinya perusahaan bersama jasa konsultan pajak akan membuat perencanaan tertentu. Tujuan dan fungsinya untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan pajak dengan cara mengidentifikasi alternatif terbaik agar bisa menghemat biaya pajak secara legal dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah berlaku.

Sedangkan untuk prosesnya, perusahaan akan mengkaji kembali konsekuensi apa yang terkait dalam keputusan perusahaan dan mempertimbangkan dengan segala strategi efisiensi pajak untuk mendapatkan yang terbaik. Sedangkan untuk melakukan restrukturisasi bisa dilakukan dengan dua metode diantaranya sebagai berikut:

1. Restrukturisasi Pajak Dengan Metode Merger Perusahaan

Pesatnya perkembangan usaha sekarang ini dimulai dengan proses restrukturisasi. Merger merupakan salah satu metode restrukturisasi perusahaan yang menyajikan proses difusi atau penggabungan dari 2 perusahaan dengan satu diantaranya yaitu tetap berdiri dengan nama perusahaanya. Berikut ini beberapa tujuan utama dalam pergerakan keputusan merger diantaranya.

  1. Mempunyai risiko yang kecil untuk membeli pabrik serta pasar yang dibandingkan dengan mengembangnya secara mandiri.
  2. Sedangkan jika dilihat dari segi dana dan biaya, restrukturisasi perusahaan berupa merger sangat murah dari suatu hal persoalan.
  3. Menghindari kewajiban dalam perpajakan,

2. Restrukturisasi Usaha Dan aspek Perpajakan Merger

Cara selanjutnya untuk restrukturisasi pajak yaitu dengan metode atau aspek perpajakan merger. Sedangkan untuk tujuan dalam metode atau aspek ini diantaranya sebagai berikut.

  1. Menurut surat Edaran Direktur Jenderal Pajak No.SE 23/PJ.42/1999 buku paduan perlakuan Perpajakan atas Restrukturisasi Perusahaan. Sedangkan Harta Badan Usaha melakukan penagihan yang dilatihkan kepada Badan Usaha untuk menerima pengalihan.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2002 menjelaskan tentang Pelaksanaan Undang-Undang PPN, terutangnya PPN atas penyerahan barang kena Pajak dalam rangka penggabungan usaha terjadi pada saat yang telah disepakati.
  3. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 567/KMK/.04/2000 menjelaskan tentang nilai lain sebagai dasar pengenaan pajak yang mengatur nilai untuk aktiva.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 1997 menjelaskan tentang mengatur bahwa pemilik saham pendiri dikenakan pajak tambahan berupa Pajak Penghasilan sejualah 0,5% tersebut dari harga saham saat penawaran umum.

Itu tadi penjelasan tentang restrukturisasi Pajak yang harus kalian ketahui dan pahami caranya dengan dua metode tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *