Apa Penyebab Karang Gigi Berwarna Hitam?

Gigi yang sehat berwarna putih gading dan berasal dari kalsium pada enamel. Enamel pada gigi dapat rusak seiring dengan berjalannya waktu sehingga membuat karang gigi berwarna hitam. Jika Anda mengalami hal tersebut dapat langsung berobat ke dokter gigi Cimahi.

Sebenarnya ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab karang gigi berubah warna menjadi hitam. Beberapa aktivitas yang sering Anda lakukan mungkin tidak sadar bisa merubah warna karang gigi. Di bawah ini ada beberapa faktor lainnya.

Faktor Penyebab Gigi Berubah Hitam

Karang gigi berubah warna menjadi hitam tentu saja membuat Anda tidak percaya diri bukan? Sebaiknya hindari beberapa kebiasaan di bawah ini untuk menjaga kesehatan gigi

1. Sering Merokok

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok sebaiknya mulai dikurangi sejak sekarang. Rokok dapat meninggalkan noda hitam pada gigi karena mengandung tar atau nikotin. Awalnya gigi akan berubah menjadi kuning karena kebiasaan merokok lalu berubah menjadi kecoklatan dan kehitaman.

2. Mengonsumsi Minuman dan Makanan Tertentu

Penyebab Anda pergi ke dokter gigi Cimahi karena karang gigi berubah hitam adalah sering mengonsumsi minuman dan makanan tertentu. Biasanya orang tersebut sering minum teh atau kopi karena di dalamnya mengandung zat berwarna gelap yang sering menempel pada karang gigi.

Selain teh dan kopi, kebiasaan mengonsumsi anggur merah dan minum beralkohol, sering makan kue dan kentang juga akan mengubah warna karang gigi menjadi hitam. Oleh karena itu sebaiknya Anda mulai menguranginya sedikit demi sedikit.

3. Karies Gigi

Karies gigi bisa terjadi karena gigi terlalu sering dibiarkan dalam kondisi kotor yang menyebabkan munculnya bakteri dan kuman. Bakteri dalam mulut dapat menghasilkan asam yang kemudian menggerogoti gigi Anda.

Karies gigi umumnya dimulai dengan karang gigi yang berubah warna menjadi kuning kemudian kecoklatan baru menjadi hitam. Seiring berjalannya waktu karies gigi bisa menyebabkan gigi berlubang. Jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan gigi ompong. Tentunya Anda tidak ingin bukan mengalami gigi hitam? Oleh karena itu segera periksakan diri ke Klinik Seruni. Klinik Seruni memiliki dokter gigi andal dan profesional yang akan membantu Anda membersihkan karang gigi. Anda bisa dapatkan informasinya lewat https://klinikseruni.id/

Leave a Comment

Your email address will not be published.