Berbagai Fungsi Logo Untuk Bisnis

Tentu saja, Anda sering mendengar istilah “logo”. Logo ini sering digunakan sebagai sinyal atau karakteristik suatu badan atau perusahaan. Secara umum, setiap perusahaan dan agensi memiliki logo yang berbeda. Dengan logo, itu akan memfasilitasi masyarakat untuk mengenali perusahaan atau lembaga tertentu. Saat ini ada banyak layanan desain logo yang akan membuat merek logo Anda diminta. Jadi, apa logonya? Apa fungsi, ketik dan penampilannya? Lihat uraian di bawah ini!
Memahami logo.

Menurut Wikipedia, logo ditafsirkan sebagai gambar atau sketsa yang memiliki makna tertentu. Logo mewakili makna perusahaan, organisasi, produk, wilayah, negara, institusi, dll. Sementara, menurut Sulko, dalam bukunya berjudul “Bagaimana cara berpikir” (2018) menafsirkan logo sebagai identitas merek atau sinyal yang memberikan identitas sebagai alat pemasaran. Logo ini mampu membedakan produk dengan produk lain.

Oleh karena itu, setiap perusahaan atau badan memiliki karakteristiknya sendiri dalam penciptaan logo. Dari bentuk, warna, hingga elemen lain yang digunakan. Setiap logo, umumnya memiliki filosofi tertentu yang menggambarkan agensi atau perusahaan.
Fungsi logo

Logo yang dibuat bukan hanya dekorasi atau identitas perusahaan saja, tetapi memiliki fungsi sebagai sarana komunikasi untuk mendapatkan informasi kepada publik. Berikut adalah beberapa fungsi logo secara umum:

Informasi tentang informasi.

Logo memiliki fungsi sebagai sarana komunikasi untuk mendapatkan informasi dalam bentuk komunikasi visual dalam bentuk gambar atau penulisan. Logo ini digunakan untuk mengirimkan informasi tentang merek suatu produk atau perusahaan kepada masyarakat. Dengan jasa desain logo, publik diharapkan menjadi terbiasa dengan produk atau institusi terkait.

Sebagai persuasi media.

Tidak hanya mentransmisikan informasi kepada masyarakat, logo juga berfungsi sebagai sarana persuasi yang digunakan untuk mempengaruhi masyarakat. Oleh karena itu, banyak perusahaan memesan layanan logo untuk membuat logo untuk merek semenarik mungkin, yang membuat orang lain melihatnya tertarik. Anda juga dapat menciptakan persepsi positif tentang komunitas dalam logo perusahaan.

Fasilitas replikasi emosional

Logo juga berfungsi sebagai salah satu fasilitas replikasi emosional. Secara umum, ada logo merek yang menjual produk barang dan jasa. Logo yang dibuat adalah bagian dari emosi atau sensasi yang ditetapkan dalam logo, sehingga pesan implisit logo dapat dirasakan oleh publik. Seperti logo pada produk susu “ibu menyusui”. Melalui deskripsi, pembeli susu bayi dapat mencintai anak Anda dengan baik.

Sebagai sarana promosi dan presentasi.

Fungsi logo berikut adalah sarana presentasi dan promosi. Fungsi ini sering digunakan sebagai fungsi utama oleh beberapa orang. Membuat logo digunakan untuk mempromosikan produk atau memperkenalkan perusahaan kepada publik. Ini berarti bahwa logo berfungsi untuk menjual produk atau layanan yang ditawarkan. Bisniz.id

Leave a Comment

Your email address will not be published.