minyak esensial untuk rambut

Berbagai Manfaat Minyak Esensial Untuk Rambut dan yang Lainnya

Hai sobatku semua! Jumpa lagi dengan penulis keren disini! Kali ini penulis akan membagikan informasi tentang manfaat minyak esensial untuk rambut. Sebelumnya, kalian dah tau belum cara membuat minyak esensial? Nah, cara membuat minyak esensial ini menggunakan metode penyulingan. Dalam metode penyulingan ini kamu membutuhkan mesin yang dinamakan mesin destilasi minyak atsiri atau alat penyulingan. Sudah jelas bukan sobatku semua. Untuk penjelasan selanjutnya, yuk simak artikelnya!

8 Jenis Minyak Esensial Untuk Rambut

minyak esensial untuk rambut

Minyak cendana ( Sandalwood ) – Rambut Kering

Bagi kalian yang sedang mengalami masalah rambut kering, kasar, dan kusut, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak cendana, geranium oil, lavender, mawar, lemon, atau jenis minyak esensial lain yang cocok untuk mengatasi rambut kering. Gunakan jojoba oil, avokad, wijen, atau menggunakan minyak almond sebagai biang.

Minyak peppermint – Rambut Lepek

Kamu punya masalah rambut lepek dan berminyak? Atasi dengan minyak esensial yang memiliki aroma kuat seperti peppermint, sereh ( Lemongrass ), rosemary, cedarwood ( Kayu Cedar ), cypress ( Cemara ), eucalyptus ( Kayu Putih ), dan kemangi ( Basil ). Caranya yaitu dengan mencampurkan salah satu jenis minyak esensial yang sudah disebutkan diatas dengan minyak wijen atau jojoba oil kemudian pijat rambut.

Minyak sage – Rambut Beruban

Rambut yang beruban biasanya dialami orang yang sudah lanjut usia bahkan remaja ataupun anak anak juga bisa beruban. Kamu dapat mengatasinya dengan minyak esensial yang bersifat mendinginkan. Salah satu minyak yang mendinginkan yaitu minyak esensial sage. Minyak sage dapat membantu menghitamkan rambut Kembali.

Tea tree oil – Ketombe

Tea tree oil ini memiliki manfaat antiseptic yang ampuh untuk mengatasi jerawat ataupun ketombe karena jamur. Cara penggunaanya yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes tea tree oil pada shampoo kemudian gunakan untuk keramas.

Minyak rosemary – Rambut Rontok

Antioksidan yang terdapat pada minyak rosemary ini dikenal mampu mengobati rambut rontok. Selain itu, jika digunakan untuk memijat kepala, minyak ini juga bermanfaat untuk aliran darah dikulit kepala menjadi lancer dan membuat rambut menjadi sehat untuk menahan akar rambut.

Minyak mawar – Rambut Bercabang

Minyak esensial mawar sangat baik untuk mengobati dan mencegah rambut bercabang. Caranya yaitu dengan mencampurkan 10 tetes minyak mawar dengan 2 sendok makan getah lidah buaya kemudian oleskan pada ujung rambut kalian.

Minyak lemon – Kulit Kepala Kering dan Mengelupas

Selain digunakan untuk mengatasi masalah rambut kering, minyak lemon juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kepala yang terasa kering dan mengelupas lho!. Caranya yaitu dengan memijat kulit kepala menggunakan minyak lemon, lavender, cedarwood, atau thyme.

Minyak lavender – Rambut yang Tipis

Jika kamu menginginkan rambut yang lebat dan subur, kamu bisa menggunakan minyak lavender. Minyak ini dipercaya dapat menyehatkan kulit kepala dan menyuburkan pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya yaitu dengan memijat kulit kepala menggunakan minyak lavender secara rutin untuk menutrisi kulit kepala.

Manfaat Minyak Esensial Untuk Wajah

minyak esensial untuk rambut

Wajah berjerawat

Jenis minyak esensial untuk mengatasi kulit wajah yang berjerawat yaitu helichrysum oil, tea tree oil, grapeseed, dan jojoba oil. Jenis minyak tersebut sangat baik untuk mengobati jerawat. Kandungan antimikoba, antibakteri, dan anti inflamasi memberikan manfaat untuk mengobati jerawat. Selain itu juga dapat menyembuhkan bekas luka dan merangsang pertumbuhan sel. Sedangkan untuk wajah yang berjerawat bermanfaat untuk perawatan jerawat kistik ( jerawat batu ), mengangkat komedo, dan mengontrol kulit yang berminyak.

Cara pemakaian:

Gunakan sebagai serum pencegah jerawat dan gunakan setiap malam hari. Hal ini dikarenakan, minyak esensial yang digunakan untuk wajah berjerawat memiliki efek pengelupas, jika digunakan pada siang hari diwajibkan untuk memakai sunblock.

Kulit wajah iritasi dan radang

Jenis minyak esensial yang bisa meredakan rasa perih akibat iritasi atau radang yaitu lavender, primerose oil, dan chamomile oil. Masalah ini biasanya disebabkan karena sengatan dari paparan sinar matahari atau tidak cocok dengan produk kosmetik yang kamu pakai. Sedangkan jika digunakan untuk laki laki dapat meredakan iritasi akibat pisau cukur.

Kulit wajah kering dan kusam

Minyak esensial yang bisa mengatasi masalah kulit wajah yang kering dan kusam yaitu avocado oil, rice bran oil, frankincense, primerose oil, dan lemon essential oil. Cara pemakaiannya yaitu gunakan sebelum tidur dan efeknya akan muncul di pagi hari. Efek yang terjadi yaitu kulit menjadi kenyal.

Melembabkan dan anti aging

Minyak almond, argan oil, dan rosehip oil dapat digunakan untuk melembapkan wajah tanpa membuatnya berminyak, antioksidan, mengurangi garis kerutan halus atau anti aging serta meregenerasi kulit.

Berikut tabel jenis minyak esensial berdasarkan jenis kulit tertentu:

minyak esensial untuk rambut

Manfaat Minyak Esensial Untuk Kesehatan

minyak esensial untuk rambut

Merelakskan tubuh

Minyak esensial bekerja dengan cara merangsang system penerimaan bau hidung. Setelah itu, rangsangan bau yang di terima akan dikirim melalui system menuju bagian otak yang bertugas untuk mengontrol emosi, yaitu system limbik. Lalu otak akan memerintah tubuh untuk mengeluarkan zat zat yang membuat tubuh menjadi relaks

Mengatasi susah tidur

Jenis minyak esensial yang mampu mengatasi masalah susah tidur yaitu minyak esensial lavender. Menurut sebuah penelitian di British Association of Critical Nurse menyatakan bahwa menggunakan minyak lavender sebagai aromaterapi dapat meningkatkan kualitas tidur pasien unit perawatan intensif yang mengalami insomnia.

Mengurangi gejala flu

Beberapa jenis minyak esensial memiliki kandungan antibakteri dan antioksidan alami yang mampu meningkatkan system imun tubuh. Jenis minyak esensial kayu putih dan peppermint dan digunakan dengan cara dihirup dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat saat flu, dengan cara merelaskasikan otot otot hidung.

Meredakan peredangan

Minyak esensial sereh wangi memiliki sifat anti inflamasi dan anti nyeri yang efektif untuk mengurangi nyeri otot dan nyeri pada arthritis. Cara pemakaiannya yaitu dengan mengoleskan minyak sereh wangi yang sudah dicampur dengan minyak carrier pada bagian yang sakit.

Mengatasi stress

Untuk kamu yang sedang mengalami stress, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak esensial lavender. Lavender merupakan salah satu minyak esensial yang paling popular diantara jenis minyak esensial yang lain. Menurut sebuah penelitian, aromaterapi lavender mampu menenangkan kecemasan dan mempengaruhi system limbik.

Cara pemakaiannya yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes minyak lavender dengan 1 sendok teh gel mandi tanpa pewangi. Selain minyak esensial lavender, minyak melati juga bisa meningkatkan rasa relaks. Tidak seperti minyak esensial yang lain bisa membuat ngantuk. Minyak melati mampu menenangkan system saraf tanpa menyebabkan ngantuk. Caranya yaitu dengan menghirup minyak melati langsung dari botolnya atau menggunakan diffuser.

Mengurangi gejala PMS

Bagi para wanita, pastinya kamu pernah mengalami PMS. Saat PMS datang seringkali perut akan terasa kaku dan sakit, nyeri di seluruh tubuh hingga mood yang berubah ubah. Minyak esensial lavender mampu meringankan gejala PMS yang seringkali mengganggu aktivitas kalian. Cara pemakaiannya yaitu dengan mengoleskan minyak lavender ke perut kalian kemudian memijatnya dengan lembut dan perlahan, maka gejala PMS akan mulai berkurang.

Cara Aman Memakai Minyak Esensial

minyak esensial untuk rambut

Walaupun minyak esensial merupakan minyak nabati, tetapi kita harus tetap waspada. Kita harus ingat bahwa minyak esensial adalah senyawa kimia yang sangat pekat, artinya:

  1. Jangan mengoleskan minyak esensial secara langsung pada kulit dan harus selalu diencerkan terlebih dahulu menggunakan minyak carrier yaitu seperti minyak zaitun, minyak jojoba, atau minyak kelapa.
  2. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan serta disimpan di tempat yang sejuk, gelap dan kering.
  3. Hindari kontak dengan mata. Jika akan mengonsumsi minyak esensial, harus perhatikan aturan pakai dan jenis pelarutnya.
  4. Gunakan minyak esensial (dan seharusnya hanya digunakan) dalam jumlah yang sangat kecil misalnya 1% – 2% . Pemakaian yang lama berpotensi menimbulkan risiko iritasi/sensitivitas.
  5. Karena minyak esensial terbuat dari bahan alami, sehinga harus memerhatikan tanggal kadaluarsanya.

Itulah beberapa manfaat minyak esensial untuk rambut dan manfaat minyak esensial yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.

Untuk artikel lainnya silahkan baca Cara Membuat Minyak Esensial. Jika ada kritik dan saran yang membangun silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Sekian, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisannya.

Terima kasih dan sampai jumpa sobat semua!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *