Biaya Jasa Perawatan Lansia

Lansia atau lanjut usia membutuhkan perawatan yang khusus karena kemampuan fisiknya sudah mulai menurun. Tak hanya perawatan yang tepat, tetapi lansia juga membutuhkan perhatian agar tidak mudah stress. Sayangnya, sebagian anggota keluarga yang sibuk seringkali tidak punya banyak waktu untuk merawat orang tuanya. Hal inilah yang membuat sebagian orang memutuskan untuk menggunakan jasa perawatan lansia

Biaya Perawatan Lansia Berdasarkan Layanannya

Biaya perawatan lansia berbeda-beda, tergantung durasi layanan yang diinginkan. Berikut durasi layanannya. 

  • Perawat Lansia Kunjungan

Lama pelayanan ini disesuaikan dengan kebutuhan pasien, sehingga durasi kerjanya terbatas hitungan jam saja. Perawat akan bertugas memberikan pelayanan, mulai dari pendampingan, mengasuh, hingga perawatan setiap kali kunjungan. Harganya akan disesuaikan dengan kesepakatan bersama. 

  • Perawat Lansia Harian

Perawat harian biasanya hanya mempunyai durasi sekitar 12 – 24 jam per harinya. Perawat akan bertugas memberikan layanan kepada lansia, seperti pendampingan, pengasuhan, dan perawatan yang dilakukan secara harian saja. Biaya perawatannya akan dibayar dengan hitungan perhari. 

  • Perawat Lansia Mingguan

Jam kerjanya terbagi dua, yaitu 12 atau 24 jam. Tugas dan tanggung jawab yang dilakukan juga sama, tetapi hanya secara mingguan saja. Untuk biaya perawatannya akan dihitung berdasarkan tujuh hari jam kerja.

  • Perawat Lansia Bulanan

Untuk durasi kerjanya hanya setengah hari, yaitu 12 jam saja. Biasanya terdapat dua perawat yang bergantian untuk menjaga dan mengurus lansia. Gajinya akan dihitung secara perbulan. Tugasnya pun dilakukan secara bulanan. 

Kisaran Biaya Perawatan Lansia

Selain durasi, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, hingga keahlian juga berpengaruh terhadap gaji perawat lansia. Di samping itu, ada pelatihan dan training khusus yang harus dimiliki oleh perawat agar memberikan pelayanan secara optimal kepada pasien.

Untuk kisaran biaya juga bisa berbeda-beda, tergantung wilayah. Misalnya, penempatan di kota Jakarta akan berbeda dengan kota Solo. Selain itu, juga berpengaruh dari yayasan ataupun perusahaan jasa tersebut. Berikut kisaran harganya, untuk gaji perawat lansia untuk kategori pemula sekitar Rp. 2.000.000 – Rp. 2.500.000, lalu gaji perawat yang sudah berpengalaman Rp. 2.500.000 – Rp. 3.500.000, dan gaji perawat lansia untuk spesialis Rp. 3.500.000 – Rp. 5.500.000. Jika Anda sedang membutuhkan jasa perawatan lansia, Kanopi Insan Sejahtera menawarkan banyak layanan dan tenaga kerja ahli di bidangnya. Yuk, klik di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published.