Bukan Cuma Berlian Solitaire, Ini Jenis Berlian Lain yang Digunakan pada Cincin

Model cincin berlian solitaire terbaru menjadi kesukaan mayoritas orang. Tampilan yang mewah dengan desain yang anggun menjadi salah satu alasannya. Meski demikian, ada jenis berlian lain selain berlian solitaire yang biasa digunakan.

Model lain yang dimaksud adalah cincin dari berlian cluster. Namanya mungkin asing dan jarang didengar. Untuk menambah pengetahuanmu, simak perbedaan antara berlian solitaire dan berlian cluster.

Perbedaan Berlian Solitaire dan Cluster

1. Ukuran

Model cincin berlian solitaire terbaru mengarah pada cincin dengan mata tunggal yang ditempatkan di tengah-tengah cincin. Umumnya, berlian solitaire ini berukuran besar sebagai titik fokus utama.

Sedangkan, berlian cluster berukuran lebih kecil. Menurut professional jeweler, bukan hanya perlu satu atau dua, untuk mencapai ukuran yang sama dengan berlian solitaire. Tetapi minimal 5 buah berlian cluster.

2. Proses Pembentukan

Ukuran yang berbeda berkaitan dengan proses pembentukannya. Kita ketahui bersama jika berlian ditemukan bukan langsung berupa batu cantik yang sudah berkilau terang. Tetapi, awalnya berbentuk bongkahan besar bercampur material lain. 

Setelah dibersihkan, para cutter akan menggunakan teknologi komputer untuk membentuk batu berlian menjadi seperti yang biasa kita lihat di cincin. Bagian berlian besar yang dihasilkan dari proses ini disebut berlian solitaire.

Dalam menghasilkan bentuk sedemikian rupa, para cutter juga menghasilkan potongan-potongan berlian kecil. Ini yang disebut dengan berlian cluster.

3. Harga

Dari 2 alasan sebelumnya, kamu dapat menebak perbandingan harga keduanya. Jelas bahwa berlian solitaire lebih mahal jika dibandingkan dengan berlian cluster.

Nantinya, ini juga akan mempengaruhi harga berbagai perhiasan yang menggunakan kedua jenis berlian.

4. Nilai Keekonomian

Berlian solitaire, seiring berjalannya waktu akan semakin tinggi nilainya. Ini karena unsur kelangkaan yang ada di dalamnya. Oleh karenanya, ini bisa jadi salah satu pilihan investasi menarik bagimu.

Sedangkan, berlian cluster berkebalikan. Berlian ini semakin lama akan turun harganya. Bahkan, saat kamu ingin menjualnya, kemungkinan hanya bagian emasnya saja yang dinilai.

Dengan alasan itu, banyak orang lebih memilih model cincin berlian solitaire terbaru daripada cincin dari berlian cluster.

5. Kesan Dan Penampilan

Cincin berlian solitaire akan sangat menonjol saat digunakan. Ini membawa kesan mewah bagi siapa pun yang memakainya. Sedangkan, beberapa orang beranggapan bahwa cincin berlian cluster terlihat seperti mainan. 

Jadi, meskipun sama-sama berlian, kedua jenis berlian ini membawa kesan berbeda bagi orang yang melihatnya. Kesan mahal dari berlian cluster seakan hilang.

Cincin Berlian Solitaire

Bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan ataupun pertunangan, bisa menjatuhkan pilihan pada cincin dari berlian solitaire. Kamu dapat memilih Adelle Jewellery untuk tempat pemesanan. Beragam model tersedia untukmu. Untuk yang ingin membeli secara custom juga bisa, sesuaikan saja dengan biaya yang kamu punya. Model cincin berlian solitaire terbaru dapat kamu temukan di Adelle Jewellery.

Leave a Comment

Your email address will not be published.