cara bikin pupuk kompos dari daun kering

Cara Bikin Pupuk Kompos Dari Daun Kering yang Mudah

Bingung tentang cara bikin pupuk kompos dari daun kering? pusing karena sudah mencari cara dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorialnya. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara bikin pupuk kompos dari daun kering yang mudah.

Pengertian Pupuk Kompos

Kompos adalah pupuk organik yang dibuat dengan menguraikan sisa-sisa tumbuhan dan hewan dengan bantuan organisme hidup. Untuk membuat kompos diperlukan bahan baku berupa bahan organik dan organisme pengurai. Organisme pembusuk dapat berupa mikroorganisme atau mikroorganisme.

Teknologi pengomposan dikembangkan dari penguraian bahan organik yang terjadi di alam. Pembentukan humus di hutan merupakan contoh pemupukan alami. Prosesnya sangat lambat, dan bisa memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Kemudian manusia memodifikasi proses penguraian bahan organik. Sehingga pengomposan yang dikelola manusia dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.

Kompos mudah dibuat dan teknologinya sederhana. Semua orang bisa melakukannya, baik untuk keperluan pertanian atau hanya untuk keperluan pekarangan. Silakan baca cara membuat kompos untuk pertanian dan skala keluarga.

Sifat Kompos


Selain memberikan nutrisi bagi tanaman, kompos bekerja dengan memperbaiki struktur fisik, kimia, dan biologi tanah. Secara fisik, kompos meningkatkan kemampuan tanah untuk menyimpan air sebagai gudang pada saat kekeringan. Kompos juga membuat tanah gembur dan cocok sebagai media tumbuh akar tanaman. Bahkan di tanah berpasir, kompos berguna sebagai perekat hingga tanah menjadi lebih padat. Sedangkan pada tanah lempung atau liat, kompos menggemburkan tanah agar tidak terlalu keras.

Secara kimiawi, kompos dapat meningkatkan kapasitas tukar kation tanah. Karena semakin tinggi kandungan organik dalam tanah maka semakin baik pula kapasitas tukar kationnya. Kemampuan tukar kation melepaskan unsur-unsur penting sehingga mudah diserap oleh tanaman.

Secara biologis, kompos merupakan media yang baik untuk perkembangbiakan organisme tanah. Keduanya merupakan jenis mikroorganisme dan hewan tanah lainnya. Aktivitas mikroorganisme dan hewan di dalam tanah akan memperkaya tanah dengan unsur hara esensial bagi tanaman.

Kompos yang baik memiliki sifat-sifat umum sebagai berikut:

  • Baunya seperti tanah, dan tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap,
  • Coklat kehitaman, berupa butiran lepas seperti tanah,
  • Jika telah terendam seluruhnya dalam air dan air tetap jernih dan tidak berubah warna,
  • Jika diaplikasikan ke tanah tidak menyebabkan tumbuhnya gulma.

Cara Bikin Pupuk Kompos Dari Daun Kering

cara bikin pupuk kompos dari daun kering

Bahan yang Dibutuhkan :

  • Satu karung daun kering
  • Nasi aking sebagai dekomposer
  • Satu ember air ukuran sedang
  • Tali plastik secukupnya

Cara Membuat :

  1. Tumpahkan daun kering di tanah atau area kering. Lalu cara membuat kompos dari daun kering adalah dengan mencampurnya dengan seember air dan nasi yang sudah disiapkan.
  2. Aduk air dan adonan beras sampai benar-benar larut. Saat dicampur dan dilarutkan, cara membuat kompos dari daun kering adalah dengan menuangkannya perlahan di atas daun kering.
  3. Aduk semua lembaran sampai terkena larutan secara merata. Jangan asal aduk, pastikan tingkat kebasahannya hanya basah. Tandanya tidak bagus.
  4. Cara Mengompos Daun Kering Kemudian kembalikan daun kering yang sudah dicampur larutan tersebut ke dalam kantong yang berisi setengah daun kering.
  5. Selesaikan proses pencampuran kompos daun kering dengan mengikat kantong ke tali yang sudah disiapkan.
  6. Jika sudah, simpan tas di tempat gelap dan diamkan selama seminggu. Ketika seminggu telah berlalu, lepaskan ikatan dan rehidrasi tanpa nasi yang terlalu matang.
  7. Cara membuat kompos dari daun kering Selanjutnya, ulangi minggu berikutnya, pastikan kompos dalam keadaan basah dan jika tidak ditambah air.
  8. Memasuki minggu ketiga, warna kompos akan berubah menjadi hitam dan tekstur menjadi bubuk. Kemudian cara membuat kompos dari daun kering pada minggu keempat selesai. Artinya kompos bisa digunakan.

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun yang Ampuh Menyuburkan Tanaman

Nah, cukup sekian tutorial cara bikin pupuk kompos dari daun kering pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaatnya. Sekian dari saya, terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.