Cara Bikin Sistik Renyah Dan Gurih

Rahasia Cara Bikin Sistik Renyah Dan Gurih

Sistik. Pasti nama makanan tersebut pasti sudah tidak terdengar asing kan di telinga anda ? Bentuknya yang panjang menyerupai tongkat tak heran jika orang – orang menyebutnya dengan istilah “sistik”. Tetapi tahukah anda cara bikin sitik renyah dan gurih ? Mari simak artikel di bawah ini

Sebelum saya menjelaskan resep dan cara bikin sistik yang renyah dan gurih. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu sistik

Apa Itu Sistik ?

Cara Bikin Sistik Renyah Dan Gurih
Cara Bikin Sistik Renyah Dan Gurih

Sistik adalah salah satu jenis cemilan praktis yang berbentuk seperti pensil atau tongkat yang gurih, renyah tentunya sangat pas untuk ngemil, teman nge teh, ngopi, nonton TV bahkan teman ngumpul bersama keluarga tercinta.

Apalagi kalau kalian sudah kelewat ngemil cemilan ini saat nonton tv, ngobrol bareng temen, ngumpul sama keluarga. Dijamin bakalan susah berhentinya karena cemilan yang satu ini bener – bener gurih juara.

Sistik terbuat dari bahan – bahan yang alami tanpa pengawet dan tambahan zat kimia berbahaya yang membahayakan tubuh. Jadi tak perlu khawatir untuk memakannya.

Cara membuat sistik ini terbilang sederhana dan mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah. Bahan – bahan yang digunakan mudah didapat dan juga aman untuk kesehatan. Karena, minim pengawet. Berikut ini saya sajikan resep cara membuat sistik yang renyah dan gurih. Silahkan disimak baik – baik penjelasannya ya sob !

Cara Bikin Sistik Renyah Dan Gurih

Bahan – Bahan :

  • 500 gram tepung terigu ( segitiga biru )
  • 125 gram tepung tapioka / kanji ( rose brand )
  • 50 gram margarin
  • 150 ml air
  • 1 sachet santan instan 65 ml ( kara )
  • 1 butir telur
  • Daun bawang sebukupnya, diiris tipis
  • Seledri secukupnya, diiris tipis
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 senddok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng

Cara Bikin Sistik Renyah Dan Gurih :

  1. Langkah pertama masukan tepung terigu, tepung tapioka, garam dan juga kaldu ayam bubuk ke dalam wadah ( baskom ). Aduk – aduk hingga semua tercampur rata. Masukkan 1 butir telur yang sudah dikocok lepas, bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan, daun seledri, daun bawang, santan kara, margarin, dan air. Lalu uleni. Masukkan air sedikit demi sedikit dan uleni kembali hingga adonannya sudah tercampur merata dan kalis ( tidak menempel di tangan )
  2. Berikutnya, ambil sedikit adonan, lalu giling dengan gilingan menggunakan ketebalan no 2. Lakukan sampai semuanya selesai.
  3. Setelah semua dihaluskan. Pindahkan tuasnya lalu giling dalam cetakan pemotong mie. Lakukan cara tersebut hingga semuanya selesai. Taburi adonan tersebut dengan tepung tapioka agar tidak menempel satu sama lain.
  4. Panaskan minyak dalam wajan. Lalu goreng adonan menggunakan api sedang. Angkat sistik jika sudah berwarna kuning keemasan lalu tiriskan
  5. Sistik siap disajikan

Nah itulah resep dan cara membuat sistik renyah dan gurih. Dengan menggunakan 4 langkah saja kalian sudah bisa menikmati gurihnya cemilan ini. Untuk penyimpanannya, masukanlah stik kedalam toples yang kedap udara agar kerenyahan kue bawang tetap terjaga.

Masukkan stik yang telah dingin ke dalam toples. Hindari memasukkan stik yang masih panas ke dalam toples karena akan membuat kerenyahannya tidak bertahan lama dan juga menjadi cepat basi atau berjamur.

Berbekal resep dasar cara membuat stik bawang anda bisa berkreasi dan mengembangkan resep sehingga bisa menjadi ide bisnis baru bagi anda.

Apabila anda tertarik untuk berbisnis stik. Agar bisnis stik yang anda jalankan berjalan lancar anda harus memasarkan kue bawang secara luas. Anda bisa menitipkan kue bawang di toko-toko yang berada di kota anda ataupun di Luar Kota. Dimasa pandemi seperti ini anda bisa juga menawarkan produk anda secara online misalkan lewat storry WhatsApp, Instagram, Twitter dan FaceBook.

Jangan lupa untuk mencoba mepraktekkan resepnya ya sob. Tunggu apalagi yuk langsung saja dibuktikan. Selamat mencobanya pastikan anda mengikuti langkah – langkah tersebut dengan urut semoga berhasil ya !

Semoga artikel in dapat bermanfaat bagi anda dalam menyiapkan cemilan yang sehat di rumah. Dan apabila anda beruntung semoga resep in bisa membawa anda pada bisnis baru. Aminnn. See you di artikel lainya ya sob

Leave a Comment

Your email address will not be published.