cara buat bubur sumsum enak

Cara Buat Bubur Sumsum Enak

Hello teman-teman semuanya pada artikel kali ini saya akan membagikan kepada kalian semua cara buat bubur sumsum enak yang bisa kalian buat juga dirumah kalian masing-masing.

Tapi sebelum ke pembahasan utama yakni cara buat bubut sumsum enak saya ingin membahas sedikit latar sekaligus hal yang masih terkait dengan bubur sumsum ini teman-teman.

Tanpa berlama-lama lagi kita langsung saja masuk ke pembahasannya.

Bubur Sumsum

cara buat bubur sumsum enak

Bubur sumsum adalah bubur khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras bebas gluten dan biasanya disajikan dengan gula merah dan santan. Bubur ini tidak hanya menjadi favorit anak-anak, tetapi juga para remaja dan orang tua.

Di balik rasanya yang enak dan nikmat, bubur sumsum memiliki sejarah panjang yang harus Anda ketahui, lho. Tidak hanya sebagai suguhan, bubur sumsum memiliki nilai lebih bagi nenek moyang kita. Berikut pratinjaunya.

Membuat bubur dari sumsum pada awalnya merupakan strategi untuk mengatasi ngidam makanan

Selama ratusan tahun, Indonesia adalah negara pemukiman, sehingga sulit bagi nenek moyang kita saat itu untuk menemukan makanan utama dari beras. Tanah tersebut tidak digunakan untuk kepentingan rakyat. Di tengah pembantaian, orang-orang mulai mencari cara untuk melarikan diri dari kelaparan. Salah satunya adalah dengan memotong beberapa liter beras dengan rasio air yang lebih tinggi. Demikian sekilas tentang lahirnya bubur saat itu.

Ini berisi bubur sumsum tulang yang diperoleh dari ketan. Untuk mendapatkan makanan dalam porsi yang lebih besar, bubur tentunya menjadi salah satu pilihan terbaik.

Asalnya disebut “sumsum” di bubur sumsum

Karena jumlah bubur lebih sedikit dari nasi, bubur di Indonesia dibatasi, sehingga sulit untuk menemukan sejarah bubur yang mengandung campuran daging hewan. Lalu kenapa bubur ketan ini disebut “bubur sumsum”? Karena bubur ini seputih sumsum tulang, makanan penutup ini disebut bubur sumsum.

Biji salak adalah sahabat setia dalam mendukung bubur dari sumsum

Bubur sumsumnya enak meski hanya disajikan dengan taburan gula merah dan santan. Namun, bubur sumsum biasanya disajikan dengan biji salaka, penganan yang terbuat dari umbi-umbian yang berbentuk lingkaran kecil berwarna oranye-coklat. Bubur sumsum dan biji salaka ini biasa ditemui saat bulan Ramadhan, seperti tekjil saat berbuka puasa.

Bubur sumsum hijau dengan tambahan daun pandan atau daun juri

Selain berwarna putih seperti sumsum di tulang, ada juga bubur sumsum yang menyajikan warna hijau menarik bagi mata kita. Warna hijau ini karena penambahan warna alami dari daun suji dan daun pandan, dan tentunya aroma bubur sumsum ini menjadi lebih enak. Lebih suka putih atau hijau?

Filosofinya terbuat dari sumsum dan keberadaannya sebagai salah satu makanan ritual tradisional

Tidak hanya sebagai penganan yang bisa menyumbat dan membuat perut kenyang, bubur sumsum juga dijadikan makanan dalam upacara adat, khususnya di kalangan penduduk pulau Jawa. Ritual adat semacam itu, misalnya, mirip dengan ‘pitulunganu’, yang artinya memohon lebih kepada Tuhan untuk memenuhi keinginannya.

Bubur sumsum juga dipercaya dapat menyegarkan kembali rasa penat setelah selesai prosesi ritual adat. Selain itu, bubur sumsum memiliki banyak filosofi. Salah satunya adalah bubur sumsum yang melambangkan kesederhanaan dan rasa syukur. Sejarah bubur sumsum yang dibuat dengan makanan terbatas membuat kita menghargai hal-hal sederhana yang ternyata memiliki banyak manfaat.

Cara buat bubur sumsum enak

cara buat bubur sumsum enak

Setelah tadi saya sudah membahas hal-hal serta latar dari yang berkaitan dengan bubur sumsum sekarang saatnya saya akan mulai membahas cara buat bubur sumsum enak yang bisa kalian buat juga dirumah masing-masing.

Tanpa berlama-lama lagi langsung saja kita masuk ke pembahasan dari cara buat bubur sumsum enak.

Bahan-bahan:

100 gram tepung beras
800 ml santan
1 sendok teh garam
daun pandan 6 lembar

Langkah-langkah:

  1. Pertama teman-teman bisa siapkan 650 ml santan kemudian dibagi menjadi 2 bagian gelas. Kemudian rebus 1 gelas santan bersama 5 lembar daun serabi dengan api kecil sambil diaduk-aduk.
  2. Kemudian ambil segelas santan dan tuangkan ke dalam tepung beras, aduk agar tidak ada gumpalan. Kemudian tambahkan 1 sendok teh garam.
  3. Setelah matang, masukkan adonan ke dalam santan yang sudah direbus. Jangan lupa jalan terus biar gak ngumpul.
  4. Jika sudah tercampur rata, matikan api, lalu potong gula merah dan masak dengan api kecil. Langkah selanjutnya, tambahkan daun serabi ke dalam rebusan dan aduk semuanya sampai rata.
  5. Kemudian rebus 200 ml santan sebagai saus. Kemudian cara penyajiannya adalah dengan menuangkan kuah yang sudah dibuat sebelumnya di atas bubur sumsum dan bubur sumsum siap dihidangkan.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas persoalan cara buat bubur sumsum enak yang mungkin bisa berguna sekaligus bermanfaat bagi sobat-sobat semua yang sedang mencari ataupun tertarik dengan informasi yang terdapat pada artikel ini.

Sampai berjumpa lagi semuanya ! see you guys in another post ! goodbye all !.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *