Cara Buat Tas Dari Plastik

Hai kawan kawan apa kabar kalian semua? kali ini kita akan membahas tentang cara buat tas dari plastik . Kita tahu kalau limbah plastik sangat tidak mengenakkan maka dari itu kita dapat mendaur ulang plastik itu menjadi sebuah tas . kita juga bisa mengurangi plastik dengan mesin pencacah plastik.

Belakangan ini, pemberitaan tentang sampah plastik semakin memprihatinkan. Pasalnya, sampah plastik tidak hanya di darat, tapi di lautan.

Namun tidak semua yang terbuat dari plastik harus menjadi sampah. Pasalnya, sebagian orang memanfaatkan plastik sebagai bahan kerajinan sekaligus meningkatkan kreativitas. Salah satu yang sering digunakan adalah bungkus kopi. Bungkus kopi sendiri sering dibuat menjadi berbagai macam barang seperti dompet dan tas, khususnya oleh para wanita yang merupakan UKM.

Cara membuat tas dari bungkus kopi ini ramah lingkungan. Karena bisa membantu mengurangi sampah plastik. Selain itu tentunya bisa menggunakan hasil kerajinan ini dan juga ramah lingkungan.

Bahkan cara membuat tas dari bungkus kopi membutuhkan tingkat kreativitas dan keahlian. Namun jika Anda belum bisa dan tahu cara membuat tas dari bungkus kopi, Anda bisa berlatih sendiri atau dengan bantuan orang lain.

Karena sampah plastik sendiri termasuk jenis sampah yang sulit terurai, maka mendaur ulang dengan membuat kantong plastik patut untuk dicoba. Anda bahkan bisa menggunakan tas daur ulang ini untuk meletakkan barang-barang saat berbelanja.

Alat dan bahan

Tentunya sebelum mulai membuat tas dari bungkus kopi anda membutuhkan alat dan bahan pendukung lainnya. Cara membuat kantong dari coffee wrap pertama adalah dengan menentukan berapa bahan yang dibutuhkan.

Tentunya untuk mengetahuinya, Anda perlu memperhitungkan ukuran tas yang akan Anda buat. Semakin besar tas yang akan Anda buat, semakin banyak bahan utama yang Anda butuhkan. Berikut beberapa alat dan bahan yang perlu Anda persiapkan.

1. Bungkus kopi instan. Tentunya untuk cara membuat tas dari bungkus kopi bahan utama yang dibutuhkan adalah bungkus kopi instan. Jika ingin membuat tas kecil, paling tidak membutuhkan kurang lebih 100 bungkus. Namun tentunya jumlah bungkus kopi yang dibutuhkan tergantung model serta ukurannya.

2. Gunting. Dalam cara membuat tas dari bungkus kopi tentunya membutuhkan gunting. Selain digunakan untuk memotong bungkus kopi menjadi beberapa bagian, gunting ini juga digunakan untuk merapikan tas jika ada kantong atau pembungkus kopi yang melebihi ukuran.

3. Penggaris. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebelum kamu mulai membuat tas dari bungkus kopi, kamu harus mengukur terlebih dahulu seberapa besar tas yang akan kamu buat. Selain itu, penggaris ini digunakan untuk memotong bungkus kopi agar ukurannya merata.

4. Jarum dan benang. Benang dan jarum tersebut nantinya akan berguna untuk menyatukan bungkus kopi satu sama lain.

5. Kain furing. Jika Anda tidak memiliki kain furing, Anda bisa menggantinya dengan kain polos. Kain ini nantinya akan digunakan sebagai alas bagian dalam kantong kopi.

6. Resleting. Anda dapat menggunakan ritsleting ukuran standar untuk tas daur ulang Anda. Menggunakan ritsleting bisa memudahkan Anda dalam menggunakan kantong kopi.

Cara membuat kantong pembungkus kopi

Setelah anda mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, selanjutnya anda siap untuk mengetahui cara membuat tas dari bungkus kopi.

Cara membuat coffee wrap bag cukup mudah dilakukan, namun Anda membutuhkan ketekunan dan kesabaran saat mengerjakannya. Berikut langkah-langkah cara membuat tas dari bungkus kopi.

1. Ambil satu pak kopi instan sachet merek apa saja, lalu potong bagian atas dan bawahnya.

2. Bersihkan bungkus kopi menggunakan air mengalir, lalu keringkan. Bungkus kopi kering ini bisa kamu lakukan dengan cara dikeringkan atau dilap menggunakan kain bersih.

3. Potong bungkus kopi menjadi dua bagian yang sama. Sehingga dalam satu bungkus menjadi 2 buah.

4. Kemudian lipat bungkus kopi dengan cara melipat 1 cm ke dalam pada bagian tepi atas dan bawah, sehingga lebar lipatan menjadi 2 cm, kemudian ikat bungkus kopi menjadi bentuk baling-baling.

Jika Anda memiliki 100 bungkus kopi, maka Anda akan memiliki 200 bungkus kopi. Anda bisa membuatnya sambil tetap memperlihatkan cover bungkus kopi. Atau bisa dibalik dulu supaya nanti tas yang kamu buat jadi silver.

5. Setelah Anda selesai membuat semua anyaman baling-baling, Anda bisa menggabungkannya. Untuk menggabungkan anyaman bersama, pastikan untuk membuat sudut vertikal vertikal.

Ini dilakukan agar tas yang Anda buat bisa dianyam ke atas. Dalam proses inilah Anda harus mengerahkan ketelitian dan kesabaran.

6. Jika rangka tas anyaman sudah jadi, Anda hanya perlu merapikannya dengan menjahit bagian atas tas. Selain itu, hal ini dilakukan agar anyaman tidak mudah lepas.

7. Kemudian Anda bisa menambahkan kain furing atau kain polos ke bagian dalam tas. Usahakan untuk tidak menggunakan kain terlalu tipis. Satukan kain dengan kantong dari bungkus kopi menggunakan jarum dan benang jahit. Pastikan jahitan yang Anda gunakan kuat dan rapi.

8. Tambahkan ritsleting dan tali pengikat untuk membuat tas Anda lebih cantik. Setelah bagian dalam tas dijahit dengan kain, Anda bisa menambahkan resleting pada tas ini. Kemudian pada talinya bisa menggunakan tali kur agar lebih mudah atau gunakan pembungkus anyaman kopi.

Nah mungkin kurang lebih seperti itu , semoga membantu dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *