Cara Memasak Gurita agar Tidak Alot

cara memasak gurita agar tidak alot

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara memasak gurita agar tidak alot dan rasanya lezat.

Gurita merupakan salah makanan seafood yang banyak disukai. Selain karena rasanya yang enak, gurita juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia.

Memasak gurita bukanlah hal yang sulit. Namun, pada saat memasak gurita perlu memperhatikan beberapa hal. Jika memasak gurita terlalu lama maka akan mengubah tekstur gurita yang semestinya lembut menjadi keras dan alot. Anda akan menghilangkan rasa lezat gurita.

Sedangkan, jika diolah dengan cara yang benar, maka akan mendapatkan semangkuk gurita yang empuk dan pastinya enak. Gurita cocok disajikan dengan salad ataupun hanya dengan dipanggang dengan tambahan lemon.

Namun, tenang saja memasak gurita tidak sesulit yang kalian pikirkan. Sebelum mengolah gurita pastikan terlebih dahulu gurita yang ingin diolah dalam keadaan masih segar dan tidak berbau amis karena ini merupakan ciri gurita yang sudah mulai membusuk.

Cara Memasak Gurita agar Tidak Alot

masakan gurita

Berikut adalah cara memasak gurita biar empuk yang benar:

  1. Siapkan semua bahan-bahannya
  2. Jika Anda membeli gurita segar, Anda bisa meminta penjual ikan untuk membersihkan guritanya terlebih dahulu. Namun, jika gurita belum dibersihkan, cuci dan bersihkan gurita, buang kantong tinta dan organ dalam dengan membuat sayatan melingkar di sekitar paruh dengan pisau tajam. Tarik paruh gurita (organ akan ikut bersamanya).
  3. Siapkan panci untuk merebus gurita. Rebus gurita hingga mendidih.
  4. Rebus daging gurita dengan suhu sekitar 87 – 93 derajat celcius. Waktu memasak dapat bervariasi tergantung pada berat gurita dan jumlah gurita yang Anda masak. 1 kilogram gurita (4 porsi) biasanya memakan waktu antara 1 sampai 2 jam. Namun, Anda dapat menguji tingkat kematangannya dengan memasukkan pisau di tempat kepala gurita bertemu dengan kakinya untuk melihat apakah ia mudah meluncur.
  5. Setelah daging gurita empuk, gurita bisa disajikan sebagai salad atau diolah kembali dalam hidangan lainnya.. Selain itu, Anda juga bisa memanggang daging gurita dengan api besar untuk menghaluskan bagian luarnya.

Baca artikel lainnya di sini : Cara Memasak Gurita Asam Manis

Menurut Harold Mcgee, dosen ilmu pangan, kunci gurita yang beraroma dan empuk ialah merebusnya selama 30 detik dalam air mendidih kemudian memanggangnya di dalam oven pada suhu 93 derajat celcius selama beberapa jam.

Tips Memasak Gurita

cara memasak gurita
  • Membeli Gurita

Saat membeli gurita pastikan untuk membeli dalam jumlah banyak karena gurita akan menyusut saat dimasak. Lalu pastikan juga untuk memilih gurita segar, tidak berbau, dan baru saja diambil dari laut.

  • Gurita Frozen/Beku

Setiap kali Anda membeli gurita beku agar tetap segar, Anda harus mencairkan gurita terlebih dahulu. Proses pembekuan ini sangat baik untuk melunakkan daging gurita, jadi tidak perlu memukul daging gurita lagi untuk melunakkannya. Sebelum mengolah daging gurita, pastikan gurita telah dicairkan dengan benar atau tidak dibekukan kembali.

  • Membersihkan Gurita

Sebelum mengolah gurita, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan daging gurita. Bersihkan daging gurita dengan air dingin. Setelah itu, lepaskan tempat tinta gurita di antara tentakel dan paruh gurita. Bersihkan atau buang kulit gurita jika tidak digunakan. Pastikan kembali tidak ada sisa pasir yang menempel. Pisahkan gurita dan kulit gurita, sisakan hanya dasar putih kulitnya.

  • Memisahkan Bagian Tubuh Gurita

Langkah selanjutnya adalah memisahkan bagian tubuh dan tentakel gurita. Proses ini akan memudahkan pengolahan gurita. Gunakan pisau tajam untuk memotong antara tubuh gurita dan tentakelnya. Setelah gurita selesai dipotong, kita dapat memulai langkah pengolahan gurita selanjutnya

  • Memotong Gurita

Potong daging gurita menggunakan pisau tajam. Potong daging gurita sesuai selera, namun jangan memotong terlalu kecil karena daging gurita akan menyusut saat dimasak

  • Pisahkan Bagian Kepala Gurita

Proses lainnya yaitu memisahkan kepala gurita dari tubuhnya. Hal ini dikarenakan kepala gurita memiliki bagian yang keras, sehingga rasanya tidak enak. Anda dapat menghilangkan bagian ini untuk membuat pengolahan gurita lebih mudah dan lebih enak. Akan tetapi, Anda tetap bisa mengolahnya bersama-sama sehingga tidak perlu memisahkan kepala dari tubuh gurita.

  • Precook Dahulu Gurita

Jika Anda ingin mengolah gurita menjadi berbagai macam masakan jangan lupa untuk memasak gurita terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan cara rebus gurita dalam air asin selama sekitar 1 jam. Jangan dimasak terlalu lama karena akan membuat daging gurita menjadi keras.

  • Memasak Gurita

Jika Anda ingin memasak gurita, Anda bisa mulai dengan memasak gurita sampai empuk. Sementara itu, Anda bisa memanggangnya hingga halus dan mengoleskannya dengan berbagai saus lezat dan bumbu spesial. Tentu saja, gurita bisa lebih empuk, dan rasanya lebih enak.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Stay Safe.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *