cara membuat amplang udang yang renyah

Cara Membuat Amplang Udang yang Renyah dan Bergizi

Bingung tentang cara membuat amplang udang yang renyah? pusing karena sudah mencari cara dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorialnya. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara membuat amplang udang yang renyah dan bergizi.

Pengertian Amplang

Kerupuk amplang merupakan kerupuk atau jajanan favorit masyarakat Indragiri Hilir, khususnya di Inhil bagian selatan. Hampir di setiap kesempatan, Udang Amplang selalu ludes saat disajikan. Berbeda dengan Amplang Kalimantan yang berbentuk dadu, Amplang Udang Indragiri Hilir memiliki bentuk tongkat yang panjang. Udang Amplang juga bisa menjadi oleh-oleh yang tepat saat berkunjung ke Inhil.

Udang Amplang lahir karena banyak terdapat udang di Kabupaten Inhil, sehingga warga berinisiatif mengolahnya di Udang Amplang. Cita rasa udang yang khas, yang tercermin dari percampurannya dengan bumbu lainnya, membuat rasa udang amlange tak terlupakan. Sayangnya, kerupuk Amplang hanya bisa ditemukan di Kabupaten Inhil.

Sejarah Kerupuk Amplang

Sejarah Amplang sering dikaitkan dengan Samarinda, ibu kota Kalimantan Selatan. Karena pembuatan subpang di kota Samarinda sudah ada sejak tahun 1970-an.

Kerupuk ini juga dikenal sebagai kerupuk kuku macan dan memiliki rasa yang enak. Amplang disebut kuku macan karena jika diperhatikan lebih dekat, amplang jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan kuku raja hutan dan berukuran sebesar ujung jari kelingking atau ibu jari, sehingga mudah untuk dimakan. . satu gigitan.

Amplang atau kuku macan adalah sejenis kerupuk yang terbuat dari campuran tepung tapioka, bumbu dan rempah-rempah, serta ikan pipih atau tenggiri khas perairan Sungai Mahakam dan juga Sungai Karang Mumus. Menurut tradisi, ampelang sebenarnya dibuat menggunakan ikan pipih atau ikan peleda, tetapi sekarang karena kelangkaannya yang semakin langka, bahan utamanya diganti menjadi ikan kembung atau gabus.

Setelah terkenal di Samarinda, ampalang ini menyebar ke beberapa kabupaten di Kalimantan yaitu Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak hingga Sabah, Malaysia. Amplang kini menjadi oleh-oleh khas Kalimantan Timur.

Cara Membuat Amplang Udang yang Renyah

cara membuat amplang udang yang renyah

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Sediakan 2 kg tepung tapioca (menyesuaikan karena bergantung jumlah kerupuk yang ingin dibuat)
  • Sediakan 2 kg udang segar (tanpa formalin dan zat-zat berbahaya)
  • Air secukupnya
  • Garam dapur secukupnya
  • Lada dan penyedap (opsional) secukupnya

Cara Membuat Amplang :

  1. Udang segar yang dipasok dikeluarkan dari kepala dan kulitnya, setelah itu dicuci bersih dengan air mengalir, lalu dihaluskan hingga halus (bisa juga menggunakan blender)
  2. Setelah tercampur rata dituangkan ke dalam penggorengan atau set untuk mengaduk adonan, setelah itu 1 kg tepung tapioka dicampur dengan kerang udang. kaos polos surabaya
  3. Haluskan merica, tambahkan bumbu dan sedikit air, lalu campurkan dengan 1 kg tepung tapioka.
  4. Campur kedua adonan menjadi satu dan aduk hingga adonan tercampur rata
  5. Adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk menjadi lingkaran panjang, kemudian dikukus selama 2 jam
  6. Setelah matang, dinginkan lalu potong tipis-tipis dan jemur sampai kering
  7. Setelah biskuit dan udang kering dan goreng siap disantap
  8. Hasil resep kerupuk ampuh

Nutrisi Pada Udang

Kalori dalam udang sangat rendah. Dalam 3 porsi (85 gram) udang mengandung 84 kalori. Sekitar 90% dari kalori ini berasal dari protein dan sisanya dari lemak. Udang mengandung lebih dari 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Selenium dan mineral dalam udang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan peradangan. Dikutip dari healthline.com, berikut kandungan nutrisi udang :

  • Kalori: 84 kalori
  • Protein: 18 gram
  • Selenium: 48% dari Asupan Diet yang Direkomendasikan (RDI)
  • Vitamin B12: 21% dari RDI
  • Besi: 15% dari RDI
  • Fosfor: 12% dari RDI
  • Niasin: 11% dari RDI
  • Seng: 9% dari RDI
  • Magnesium: 7% dari RDI

Manfaat Kerupuk Amplang Udang

A. Pelindung Tubuh

Kerupuk ikan juga bisa membantu anda meningkatkan daya tahan tubuh, dan kandungan zat besi ikan berupa ikan juga masih ada pada kerupuk ikan. Tak heran jika kerupuk ikan dapat membantu Anda melawan tubuh karena zat besi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Jadi manfaat kerupuk ikan untuk tubuh anda adalah anda tidak akan mudah terserang penyakit, dan virus yang masuk ke dalam tubuh anda akan dilawan oleh zat besi yang ada pada kerupuk ikan.

B. Pertumbuhan Tulang

Kandungan kalsium ikan segar masih berhubungan dengan biskuit ikan. Kandungan kalsiumnya masih ada sebanyak 2% dan fosfor sebanyak 20% sehingga bisa sedikit membantu pertumbuhan tulang Anda.

Tulang membutuhkan kalsium, yang biasanya didapat dari susu atau ikan segar. Namun, kerupuk ikan yang hanya dianggap sebagai camilan biasa ternyata mengandung kalsium yang juga baik untuk pertumbuhan tulang bagi orang yang memakannya, meski kandungan kalsiumnya tidak banyak.

C. Menambahkan Cairan

Kandungan air dalam biskuit ikan tidak terlalu tinggi. Namun, biskuit ikan masih mengandung 16,6% air sehingga dapat membantu Anda mengumpulkan sedikit cairan dan dapat membantu pencernaan biskuit ikan.

Bagi anda yang sedang mencari mesin hand sealer, anda dapat menemukannya di Rumah Mesin. Di sana menjual mesin hand sealer dan berbagai mesin lainnya.

Nah, cukup sekian tutorial cara membuat amplang udang yang renyah pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaatnyanya. Sekian dari saya, terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.