Cara Membuat Bacem Bawang Putih

Cara Membuat Bacem Bawang Putih Untuk Berbagai Macam Masakan

Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep cara membuat bacem bawang putih. Baceman bawang putih ini sering digunakan untuk memasak nasi goreng. Namun, sekarang baceman ini hampir digunakan pada setiap masakan.

Bawang

Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tumbuhan dari genus Allium dan juga nama umbi yang dihasilkan. Dibudidayakan terutama di Asia Tengah dan digunakan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, telah lama menjadi sumber makanan di wilayah Mediterania dan bumbu umum di Asia, Afrika dan Eropa. Dikenal dalam catatan Mesir kuno, itu digunakan sebagai campuran makanan dan obat-obatan.

Umbi bawang putih menjadi bahan utama bumbu dasar masakan Indonesia.Bawang mentah penuh dengan senyawa belerang yang mengandung bahan kimia yang disebut alliin yang memberi bawang putih mentah rasa asam dan anggur.

Cara Membuat Bacem Bawang Putih

Cara Membuat Bacem Bawang Putih

Resep Bacem Bawang Putih

Bahan baku pembuatan:

  • Bawang putih-100 gram
  • Kemiri-1 butir
  • Minyak goreng-500ml
  • Botol kaca untuk menyimpan baceman

Cara membuat :

  1. Bersihkan toples dan didihkan selama sekitar 5 menit.
  2. Cuci bawang putih dan tiriskan sampai kering.
  3. Cincang halus bawang putih dan simpan.
  4. Kemudian tumbuk kacang pecan dan tambahkan bawang putih yang dihancurkan.
  5. Masukkan ke dalam toples yang sudah diolesi mentega.
  6. Kemudian tutup rapat.

Resep Baceman Bawang Putih

Bahan :

  • Bawang putih 200 gram
  • 50 gram kemiri sangrai
  • 300-400 ml minyak goreng
  • 2 sendok makan minyak wijen

Cara Membuat :

  1. Masukkan kemiri sangrai ke dalam chopper. Blender hingga halus. Jika ingin lebih mudah, gunakan mesin pengupas bawang.
  2. Kemudian tambahkan bawang putih dan cincang kasar.
  3. Tuang hasil chopper ke dalam toples kaca. Kemudian tambahkan minyak secukupnya. Tambahkan juga minyak wijen. Tutup toples dengan rapat. Gunakan setelah 2-3 hari.

Catatan:

Pertama cuci bawang putih lalu keringkan. Anda dapat membiarkannya sepanjang hari atau menyekanya dengan tisu. Jadi harus benar-benar kering. Saat meminum bumbu, sendok yang Anda gunakan harus mudah dijangkau dan kering. Jika Anda menggunakan minyak wijen, Anda dapat menggunakannya atau melewatkannya dan menggunakannya hanya saat memasak. Tempatkan bumbu pada suhu kamar.

Tips Menyimpan Baceman Bawang Putih

Pastikan semua peralatan sudah kering

Talenan, pisau, gelas, dll. Kenapa harus kering? Karena dengan air baceman, bawang putih cepat berubah menjadi hijau. Warna ini menandakan bahwa bawang baceman sudah berjamur. Ini membuat baceman bawang putih tetap segar dan dapat digunakan hingga 10 hari. Karena itu, semua alat yang Anda gunakan harus benar-benar kering.

Buat baceman bawang putih hanya untuk 10 hari ke depan!

Kenapa 10 hari? Bawang ini dikatakan asam setelah 10 hari. Ya, saya belum mencobanya. Ini hanya 10 hari. Lagi pula, memasak dengan bawang itu enak. Dapatkan tip ini dari sumber bahwa Anda tidak boleh memasak bawang terlalu lama, karena terlalu banyak minum bawang bisa membuatnya asam. Akan membuat makanan tidak nyaman nantinya.

Buat malam, pagi bisa dimanfaaatkan

Bawang putih dapat digunakan pada malam hari atau pada pagi hari. Juga, Anda tidak perlu menunggu beberapa hari. Tidak memakan banyak waktu, tetapi hanya membutuhkan waktu beberapa jam dari malam hingga pagi. Jadi Anda tidak perlu khawatir menunggu lama.
Dapat menggunakan wadah kedap udara kering yang penting

Tidak perlu botol transparan atau Tupperware

Jika tidak ada botol transparan di rumah anda. Anda dapat menggunakan wadah apa pun yang kering dan tertutup rapat. baceman bawang putihnya enak kalau dimasak. Pada dasarnya, itu mengering dan menutup rapat. Jangan lupa untuk menutup baceman bawang putih dengan rapat setelah digunakan.

Itulah resep cara membuat bacem bawang putih untuk berbagai jenis masakan. Resep ini bisa anda coba buat sendiri di rumah. Dan tentunya mudah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.