cara-membuat-bola-ubi-kopong

Cara Membuat Bola Ubi Kopong Anti Gagal

          Halo netizen, menu masak kita apa ya hari ini? Nasi goreng? Nasi kuning? Nasi kebuli? Nah kali ini saya gak akan memasak makanan berat nih, jadi saya akan membuat salah satu makanan yang ringan. 

Coba tebak mau bikin apa hari ini? Yaass sesuai judulnya kita akan membahas resep cara membuat bola ubi kopong anti gagal.

Kalian udah tahu belum manfaat dari  ubi ? Oke kalau begitu sebelum ke esep cara membuat bola ubi kopong anti gagal, kita bahas dulu yuk tentang manfaat dari ubi

Manfaat Dari Ubi

1. Meminimalisir Racun Dalam Tubuh

Ubi jalar mengandung zat anti inflamasi berupa antosianin dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri.
Selain itu, antosianin ini juga bagus dalam mengurangi penumpukan racun dan bakteri penyebab penyakit akibat efek radikal bebas.

2. Antioksidan Yang Tinggi

Antioksidan yang ada dalam ubi jalar dapat membantu mengurangi banyak penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan gagal jantung.
Selain itu, betakaroten dan antioksidan yang tinggi antioksidan juga sangat baik untuk membantu meningkatkan penglihatan, menjaga sistem pernapasan, dan juga menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

3. Baik Untuk Penderita Diabetes

Ubi jalar mengandung gula dan jus kompleks yang sangat bermanfaat untuk pencernaan. Tak hanya itu, menurut sebuah penelitian, memasukkan ubi jalar dalam menu harian sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar insulin dan mengatur tekanan gula darah pada penderita diabetes.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Boldsky menyatakan, menurut sebuah penelitian, mengonsumsi ubi jalar secara rutin akan membantu meningkatkan fungsi otak. Kaya nutrisi dan antioksidan yang cukup tinggi, ubi jalar mampu meningkatkan daya ingat otak. Jadi, jangan lupa memasukkan ubi jalar ke dalam menu makanan harian Anda.

5. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda mencoba menghilangkan lemak perut yang mengganggu itu, coba tambahkan ubi jalar ke dalam makanan Anda. Ya, mereka kaya akan serat yang melimpah, dan ubi jalar sudah pasti menjadi pilihan yang tepat untuk membuat perut kenyang lebih lama.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Satu ubi jalar berukuran besar mengandung sekitar 438 persen kebutuhan vitamin A harian Anda. Vitamin A berperan penting dalam berbagai aspek kesehatan, terutama memperkuat kekebalan dan melindungi tubuh dari pengaruh buruk radikal bebas.
Tak hanya itu, vitamin A yang ada pada ubi juga efektif menjaga kesehatan mata, serta mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan penglihatan seperti miopia, katarak, dan kanker mata.

7. Mengobati Sakit Nyeri Sendi

Vitamin B kompleks, seng, magnesium, dan betakaroten yang terdapat pada ubi jalar sangat efektif dalam mengobati radang sendi. Selain itu, betakaroten dan vitamin C pada ubi juga diklaim memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai jenis kanker, mulai dari kanker usus besar dan kanker prostat hingga kanker paru-paru.

Cara Membuat Bola Ubi Kopong Anti Gagal

Bahan Bahan Cara Membuat Bola Ubi Kopong

  • 350 gram ubi jalar
  • 1/2 sdt baking powder
  • 80 gram tepung tapioka
  • 1/2 sendok teh garam
  • 30 gram tepung maizena
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
  • 100 gram gula rafinasi

Langkah Langkah Cara Membuat Bola Ubi Kopong

  1. Kukus ubi, haluskan (buang seratnya jika ada)
  2. Campur semua bahan, sampai halus dan halus menggunakan mixer roti
  3. Anda ingin lurus, langsung ke bentuk bulat kecil, lalu goreng
  4. Jika ingin mendiamkannya dulu, diamkan adonan selama 30 menit, lalu bentuk bulat
  5. Panaskan minyak dengan api sedang kecil, jangan terlalu panas, tambahkan ubi jalar
  6. Terus diaduk agar panas merata ke setiap permukaan bola ubi jalar, setelah kulitnya kencang, apinya bisa dibesarkan sedikit lagi (kalo sudah panas gak usah), lalu tekan bola ubi jalar. di semua sisi (harus di semua sisi) sehingga berlubang.
  7. Jangan khawatir saat Anda menekan bola ubi, karena akan mengembang lagi
  8. Usahakan untuk tidak mengenai ujung sutil, karena akan putus
  9. Jika warnanya kuning kecoklatan, angkat
  10. Bola ubi jalar kosong siap disajikan

Tips Cara Membuat Bola Ubi Kopong

1. Bahan Kering Diayak Terlebih Dahulu

Bola ubi jalar menggunakan bahan kering yang akan dicampur dengan ubi. Bahan-bahan tersebut adalah tepung tapioka, gula halus, dan baking powder. Agar lebih mudah tercampur, saring bahan-bahan kering hingga tidak ada yang menggumpal. 
Selain itu, bahan kering yang sudah diayak juga meminimalkan gumpalan adonan saat bakso ubi tersebut digoreng. Alhasil, bola ubi jalar bisa kosong!

2. Gunakan 1 Jenis Baking Powder Saja

Rahasia bola ubi jalar yang mengembang adalah baking powder. Apalagi menggunakan yang double acting, dijamin bola ubi jalar tidak akan mengempis saat keluar dari minyak. Baking powder juga tidak meninggalkan rasa pahit meski ditambahkan sedikit lagi. 
Jadi, sebisa mungkin jangan menggantinya dengan developer lain seperti baking soda. Meski namanya mirip, karakter kedua materi pengembangan ini berbeda lho.

3. Bahan Kering Dicampur Saat Ubi Sudah 

Ubi jalar perlu dihancurkan terlebih dahulu agar mudah bercampur dengan bahan lain. Caranya adalah dengan mengukus ubi hingga empuk dalam wajan. Kupas kulitnya dan haluskan ubi saat masih panas. Mengapa? Karena ubi akan mengeras kembali saat sudah dingin. 
Jadi, untuk mencampurkannya dengan bahan kering, tunggu sampai ubi agak dingin dulu. Jika diaduk selagi masih panas, adonan akan cenderung lengket dan sulit dibentuk. Selain itu, bagian dalamnya akan sulit dikosongkan saat digoreng.

4. Adonan Bola Ubi Dimasukkan Saat Minyak Sudah Panas

Saat adonan sudah bulat, tuangkan minyak ke dalam wajan dan panaskan dengan api sedang. Saat memasukkan bola ubi untuk digoreng, pastikan minyaknya tidak terlalu panas ya. Minyak yang terlalu panas bisa membuat bola-bola ubi jalar cepat matang, namun bagian dalamnya tidak kosong. 
Anda bisa memasukkan bola ubi saat minyak mulai menggelembung. Setelah bola ubi dimasukkan, ukurannya tidak akan sebesar jika minyak terlalu panas.

5. Sebelum Matang Tekan Bola Ubi Dengan Spatula

Sambil menggoreng, balikkan bola ubi jalar agar matang merata. Nah, jika bagian luarnya agak renyah, maka saatnya menekan bola ubi dengan spatula. Salah satu trik dari kakak penjual itu adalah dengan memencet bola ubi hingga terlihat kempes. 
Tapi jangan khawatir, bola ubi jalar akan mekar kembali di masa mendatang. Terus lakukan ini sampai bola ubi jalar menggandakan ukuran aslinya. Dengan begitu, Anda bisa yakin bola ubi dalam keadaan kosong.

Cara Membuat Bola Ubi Kopong Anti Gagal

Nah itu dia guys resep cara membuat bola ubi kopong anti gagal . Gimana.. gampang bukan? Oh iya kalian bisa banget request untuk dibuatin artikel resep apapun, tulis di kolom komentar ya .
Bola ubi kopong ini cocok banget buat cemilan atau dimakan sambil nonton film, dengerin musik, ngerjain tugas sekolah, pas lagi santai santai apalagi ditemani dengan segelas kopi dari mesin pembuat kopi . Sekian tutorial masak dari saya, selamat mencoba ya guys 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *