Cara Membuat Cocopeat Dari Sabut Kelapa

Hai teman teman apa kabar kalian semua ? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat cocopeat dari sabut kelapa . Kita juga dapat mengurai sabut kelapa mengguakan mesin pengurai sabut kelapa. Penasaran? simak sampai akhir ya…

Bagi pencinta dan pelaku hidroponik, cocopeat bukan sekadar bubuk sabut kelapa. Ini merupakan salah satu media tanam yang bagus untuk tumbuhan hidroponik. Sifatnya yang menyerap dan menyimpan air jadi salah satu alasan mengapa cocopeat cocok untuk metode menanam tersebut. Sebab itu, mereka selalu membutuhkan cocopeat.

Media tanam ini bisa didapatkan atau dibeli di hampir setiap toko tani. Tapi jika bisa membuatnya sendiri, mengapa harus beli. Hal ini sudah pasti bisa menghemat pengeluaran. Terlebih cocopeat sendiri terbilang mudah dibuat. Hanya perlu menghancurkan serabut kelapa sampai berukuran sangat halus melalui serangkaian proses, sehingga menghasilkan serat/ fiber kelapa dan bubuk kelapa (cocopeat).

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

-Bubuk sabut kelapa

Langkah-langkah/cara pembuatan :

– Jemur bubuk sabut kelapa mentah selama sehari penuh untuk menurunkan kadar air yang terkandung di dalamnya hingga mencapai 15 persen.
-Bubuk kelapa yang telah kering selanjutnya diayak sehingga menghasilkan bubuk yang memiliki ukuran sangat halus yang biasa disebut dust. Sisa pengayakan berupa bubuk sabut kelapa berukuran kasar bisa Anda olah menjadi bahan pembuat batubata atau papan serbuk.

– Dust yang merupakan bubuk sabut kelapa berukuran sangat halus ini kemudian ditekan menggunakan mesin pres untuk membentuknya menjadi balok. Tujuannya, supaya cocopeat ini mudah dikemas, didistribusikan, dan digunakan sesuai kebutuhan. Pengemasan cocopeat biasanya menggunakan plastik transparan, lalu dikumpulkan di dalam karung.

Cara membuat cocopeat sendiri dari sabut kelapa dengan alat sederhanacocopeat merupakan media tanam yang baik karena dapat menyerap dan menyimpan air 10 kali. Itulah cara membuat cocopeat dari sabut kelapa dengan teknologi sederhana untuk konsumsi media tanam sendiri. cocopeat yang sudah diproduksi itu, gunakan sebagai salah satu bahan campuran media tanam. racik media tanam dengan komposisi yang tepat sesuai dengan jenis tanaman. Langkah langkah membuat cocopeat. pembuatan cocopeat melibatkan beberapa langkah sebelum menghasilkan serbuk cocopeat yang dapat digunakan untuk kebun kalian.berikut ini langkah langkah bagaimana cara membuat cocopeat dari sabut kelapa: alat – alat : siapkan sabut kelapa (sediakan seberapa kebutuhan anda yang akan dibuat) mesin pengayakan. Cara membuat cocopeat sederhana pertama yaitu serbuk dari sabut kelapa yang mentah dijemur terlebih dulu di bawah terik matahari. hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kadar air, hingga pada prosentase di bawah 15% atau dijemur sekitar satu hari. untuk bisa mengetahui kelembabannya sudah pada kadar tersebut, bisa menggunakan cara yang manual. Untuk mengukur kadar air dari serbuk sabut kelapa ada cara yang manual yaitu dengan menimbang berat serbuk sabut kelapa, pertama siapkan wadah kemudian lakukan penimbangan, apabila bobot dari cocopeat lebih dari 1 kg, maka itu pertanda serbuk sabut kelapa masih ada kadar air di dalamnya masih diatas 15 %.

Cara mudah cocopeat sendiri 1. alat dan bahan. untuk membuat cocopeat sendiri di rumah, berikut ini adalah alat alat yang perlu anda siapkan, antara lain : sabut kelapa; ayakan; alat press; 2. cara membuat cocopeat. pilihlah serat sekam dari buah kelapa yang sudah tua atau matang. Secara sederhana, cocopeat adalah spon yang berasal dari serat sabut kelapa. sering juga disebut sebagai sabut gambut atau debu sabut, cocopeats berwarna coklat muda. cocopeat memiliki kemampuan untuk menahan sejumlah besar air layaknya spons. 1 kg cocopeat dapat menampung hingga 16 liter air. #membuatcocopeatsederhana. Membuat alat cocopeat,media hidroponik,membuat cocopeat sendiri,sambung pucuk durian, okulasi durian,sisip durian, topworking durian,durian montong, durian p. Cocopeat merupakan bahan organik yang berasal dari serbuk sabut kelapa. bahan ini banyak digunakan sebagai campuran media tanam khususnya tanaman buah dalam.

Hasil dari ayakan sabut kelapa itu namanya dust. serbuk serbuk yang anda ayak tadi harus dipisahkan dengan sabut kelapa yang masih besar besar atau masih kasar. 3. yang akan kita gunakan untuk membuat cocopeat adalah dust itu yang anda pisahkan tadi. jadi sabut kelapa yang kasar biasanya digunakan untuk bahan bakar bata atau guci dari kerajinan. Cara sederhana membuat cocopeat dari sabut kelapa kami mengumpulkan sekam dari sabut kelapa. untuk kita membuat cocopeat dirumah kita langkah pertama yang pertama adalah pertama tama kita benar benar perlu mengambil sabut kelapa terlebih dahulu dari penjual kelapa atau mungkin bisa meminta ijin dari tetangga sebelah. Cara membuat cocopeat sendiri di rumah. cukup mudah dan hasilnya dijamin lembut halus, salam go green apa yang anda tanam hari ini ???? cara membuat cocopeat sendiri di rumah. Sabut kelapa tadi kita keringkan, kemudian kita masukkan ke dalam mesin pengurai sabut kelapa untuk media tanam, biar bisa memisahkan serat dan jaringan empulurnya. residu dari hasil pemisahan tadi kemudian kita cetak dengan membentuk kotak yang disebut dengan cocopeat itu tadi. Cocopeat disebut juga coco coir atau coco fiber merupakan salah satu alternatif media tanam yang bisa digunakan untuk budidaya berbagai jenis tanaman, misalnya dengan cara hidroponik.media tanam ini terbuat dari sekam atau tempurung buah kelapa yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi butiran butiran seperti serbuk kayu.

Nah mungkin kurang lebih seperti itu yang dapat saya jelaskan dan semoga bermanfaat bagi teman teman . Jangan lupa di coba di rumah ya..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *