cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Sabut Kelapa yang Mudah

Bingung tentang cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa? pusing karena sudah mencari cara dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorialnya. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa yang mudah.

Pengertian Sabut Kelapa

Sabut adalah bagian dari mesokarp (selimut) yang berupa serabut sabut kasar. Sabut kelapa biasanya disebut sebagai limbah yang hanya menumpuk di bawah tegakan kelapa dan kemudian dibiarkan membusuk atau mengering. Sebagian besar digunakan untuk kayu bakar. Secara tradisional, orang mengolah sabut kelapa untuk membuat tali dan menganyamnya menjadi kisi-kisi. Padahal kelapa masih memiliki nilai ekonomi yang baik.

Sabut kelapa bila dihidrolisis menghasilkan sabut kelapa (coconut fiber) dan tepung kelapa (cococoir). Namun, produk utama dari kelapa adalah sabut kelapa. Dari produk cocofibre Anda akan menghasilkan berbagai jenis produk turunan yang manfaatnya sangat luar biasa. Kelapa biasanya dibuat dari kerajinan tangan, yaitu kerajinan dari buah kelapa.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Sabut Kelapa

cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa

A. Tali Tambang

cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa

cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa
Ketika mendengar kata briket, hal pertama yang terlintas di pikiran mungkin adalah bahan bakar yang umumnya berasal dari arang atau sabut kelapa. Di era modern ini sudah ada briket yang terbuat dari sabut kelapa. Cetakan merupakan kerajinan sabut kelapa yang lebih ramah lingkungan dan biaya produksi yang terjangkau. Diproduksi menjadi briket karena sabut kelapa mengandung unsur karbon. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Pertama, siapkan kelapa untuk dijadikan briket. Dalam hal ini, tidak perlu mengolah kelapa dengan cara umum yang dijelaskan di atas.
  2. Pindahkan sabut kelapa ke kompor. Jangan lupa untuk membuat lubang pada silinder agar asap hasil pembakaran keluar.
  3. Tambahkan tabung pendingin ke dalam silinder, yang berguna dalam proses pengembunan asap dalam tetesan air.
  4. Bakar sabut kelapa agar merata, lalu biarkan semalaman.
  5. Setelah dingin selama satu malam, lepaskan sepenuhnya di hidung belang.
  6. Tumbuk kelapa hasil gosong hingga halus, lalu saring sebagai langkah ayakan.
  7. Sisihkan hasil saringan terlebih dahulu, lalu buat perekat cair menggunakan larutan kanji yang sudah dipanaskan.
  8. Masukkan hasil tumbukan ke dalam mangkuk besar, lalu campurkan dengan lem kanji yang sudah kamu buat sebelumnya. Perbandingannya adalah 1 kg kelapa dan 600 cc lem kanji.
  9. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur sempurna.
  10. Siapkan alat press, lalu tuang campuran kedua bahan tersebut ke dalamnya.
  11. Jemur cetakan cair di bawah sinar matahari selama sekitar satu hari sampai benar-benar padat dan kering.
  12. Kemudian, cukup hapus templat dari mesin cetak dan templat siap digunakan.

B. Kursi Mobil

cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa

cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa
Contoh produk kerajinan sabut kelapa adalah jok mobil dan ini jarang diketahui banyak orang. Memang industri otomotif merek ternama seperti Mercedes-Benz, di beberapa mobil yang diproduksinya sudah menggunakan jok berbahan sabut. Alasan menggunakan sabut kelapa sebagai tempat duduk adalah fleksibilitas yang dimilikinya. Di sisi lain, ia juga memiliki daya tahan yang baik dan tidak berbau. Kelapa juga dianggap memiliki tingkat polusi yang rendah. Berikut cara mengatasinya:

  1. Siapkan sabut kelapa atau sabut kelapa terlebih dahulu. Cara membuatnya yaitu dengan menyikat sabut kelapa kasar dengan sikat kawat untuk menghasilkan seratnya.
  2. Cara kedua yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan mesin infuser kelapa yang lebih praktis dan bisa menghasilkan banyak.
  3. Setelah sabut dibentuk dalam jumlah banyak, masukkan ke dalam desain jok mobil. Cara memasukkannya secara manual atau dengan alat.
  4. Jangan lupa tekan-tekan bagian dalamnya sampai benar-benar padat dan tidak ada udara atau celah di serabut sabut
  5. Setelah membuat template jok sabut, tutup jok dengan kulit imitasi atau lapisan lain sesuai keinginan Anda masing-masing.

C. Keset Unik Dari Sabut Kelapa

cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa

cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa
Produk selanjutnya yang mudah dibuat dari kelapa adalah keset, dan sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Ada banyak variasi tikar kelapa di pasaran, mulai dari yang disambut dan sebagainya. Tikar ini dibuat dari serabut kelapa dengan memanfaatkan bagian kelapa yang kasar dan lebih tebal. Daya serap anyaman sabut kelapa ini sangat baik, dan proses pengeringannya sangat cepat. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan kelapa olahan seperti biasa sebelumnya.
  2. Pilih kelapa yang cukup kuat dan kental dan buatlah satu.
  3. Sekarang campurkan kelapa hingga menjadi satu kesatuan atau menyatu satu sama lain.
  4. Masukkan kelapa cair bersama-sama ke dalam mat pan dan tekan-tekan hingga mengeras.
  5. Biarkan dalam cetakan selama satu atau dua hari, lalu keluarkan dari cetakan dan alas sabut kelapa siap digunakan.

Bagi anda yang sedang mencari jual cocomesh, anda dapat menemukanya di Rumah Sabut, disana menyediakan jual cocomesh dan berbagai alat lainya.


Nah, cukup sekian tutorial cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaatnya. Sekian dari saya, terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.