Cara Membuat Kerupuk Baso Aci

Kali ini kami akan membagikan resep cara membuat kerupuk baso aci yang enak dan gurih. Cara membuatnya pun tidak gampang gampang susah. Jika anda salaah mengolahnya pun akan cenderung tidak enak.

Dibawah ini adalah bahan dan cara membuat kerupuk baso aci.

Bahan :

  • 250 gr daging ayam giling
  • 300 gr tepung tapioka atau sagu tani
  • 300 gr tepung serbaguna atau segitiga biru
  • air 300 ml
  • 5 siung bawang putih dihaluskan
  • Daun bawang yang sudah dipotong kecil kecil secukupnya
  • Secukupnya garam, merica, kaldu bubuk jika menggunkan
  • minyak goreng

Cara Membuat Kerupuk Baso Aci (Cilok)

  1. Pertama campur tepung tapioka, tepung segitiga, daging ayam yang sudah digiling, dan daun bawang yang sudah dipotong kecil
  2. Kemudian beri air lalu aduk hinga membentuk adonan.
  3. Tambahkan garam, bawang putih yang sudah dihaluskan, merica bubuk, kaldu bubuk jika pakai. Tes rasa dengan cara rebus sedikit adonan
  4. Setelah itu bentuk adonan seperti lontong atau bulat. lalu rebus adonan diair mendidih hingga adonan mengapung dan matang
  5. Kemudian setelah matang dinginkan adonan lalu masukkan adonan ke kulkas semalam atau sampai menjadi keras. jika adonan sudah keras lali iris tipis tipis
  6. Setelah diiris lalu keringkan adonan dibawah terik sinar matahari sampai benar benar kering
  7. Jika sudah kering kerupuk baso aci siap digoreng dan bisa buat sajian makanan untuk keluarga.

Tips menggoreng kerupuk agar tetap bisa mengembang

1. Pertama sebelum menggoreng kerupuk, pastikan kerupuk yang mau digoreng tidak basah ataupun lembap. Jika lembap, sebaiknya kerupuk dijemur terlebih dahulu di bawah terik sinar matahari sampai mengkering. Kerupuk yang lembap bisa membuatnya menjadi lempem atau bantat pada saat digoreng.

2. Untuk mendapatkan kerupuk yang mengembang, siapkan penggorengan atau wajan yang cekung. Tujuannya supaya kerupuk bisa tenggelam dalam minyak, dan matang merata saat digoreng.

3. Perhatikan pula pengaturan api, ya bun. Sebaiknya gunakanlah api sedang saja. Jangan sampai wajan dan minyak terlalu panas karena ini akan membuat kerupuk cepat gosong dan melempem.

4. Untuk menggoreng kerupuk yang tipis dan berukuran kecil seperti kerupuk aci, gorenglah sedikit-sedikit saja. Jangan terlalu banyak karena akan membuat suhu minyak turun dan kerupuk tidak bisa mengembang.

5. Sedangkan untuk kerupuk yang berukuran lebar seperti kerupuk udang, goreng satu persatu dengan sedikit ditekan di bagian tengahnya agar kerupuk tidak melengkung dan kerupuk bisa mengembang.

6. Jika kerupuk sudah matang, tiriskan di atas menggunakan kertas tisu. Kemudian tunggu kerupuk sampai dingin, baru dimasukkan ke dalam stoples. Jangan masukkan kerupuk masih panas dalam stoples karena akan membuatnya basah dan menjadi melempem.

Tips Makan Kerupuk yang Sehat untuk Tubuh

Kerupuk yang diproduksi oleh pabrik dan yang akan diarkan dalam bentuk matang mungkin cukup berisiko karena dengan cara menggorengnya, meski bisa dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Agar risiko yang ditimbulkan oleh kerupuk tidak akan terjadi kepada kita, Anda disarankan untuk membeli kerupuk mentah dan menggorengnya sendiri dengan minyak yang terbaik, misalnya dengan menggunakan minyak kelapa bukan minyak kelapa sawit.

Selain itu, untuk mendapatkan nutrisi, pilihlah kerupuk yang menggunakan bahan baku dari ikan atau udang. Kerupuk jenis ini masih memiliki kandungan protein yang bermanfaat untuk tubuh kita. Anda bisa mengonsumsi kerupuk udang atau kerupuk ikan ini sebagai pendamping makanan atau lauk.

Nah, begitulah cara membuat kerupuk baso aci mudah bukan? kerupuk baso aci juga bisa dijadikan peluang usaha loh. jika anda mau usaha kerupuk baso aci maka anda bisa mengemas menggunakan mesin pres agar lebih cepat dan rapi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.