Cara Membuat Kompos Dari Daun

Hallo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuata artikel mengenai cara membuat kompos dari daun berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

Saat ini tanaman banyak diminati. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, mari kita simak ulasan tentang cara membuat kompos dari daun-daun berikut ini.Selain hemat, dan mudah dibuat karena daunnya bisa ditemukan di sekitar kita, kompos dari daun ini juga ramah lingkungan. Mengapa demikian? Karena membuat kompos bisa membantu mengurangi sampah.

Kami sering melihat banyak sampah di sekitar kami. Daripada dibiarkan sendiri, lebih baik jika Anda mengolahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat, bukan. Salah satunya dengan membuat kompos ini.Meski hanya dari bahan sederhana, kompos ini memiliki banyak manfaat bagi tanaman. Wah pasti makin penasaran. Jika iya, langsung saja simak ulasan berikut tentang kompos dan cara membuatnya.

Apakah Kompos Itu?

Kompos merupakan hasil penguraian suatu campuran bahan organik. Proses penguraian ini cukup lama, namun ternyata kita bisa mempercepatnya dengan cara buatan yaitu dengan bantuan bakteri.Jadi, proses yang akan kita lakukan adalah pengomposan atau penguraian bahan organik secara biologis. Yaitu oleh mikroba yang menggunakan bahan organik sebagai sumber energinya.

Persiapan Pembuatan Kompos

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya mempersiapkan peralatan dan bahan terlebih dahulu.Untuk memastikan Anda memiliki alat seperti sekop, cangkul. Jangan lupa juga siapkan wadah seperti ember atau kantong kompos berupa plastik hitam. Bisa menggunakan mesin pencacah kompos.

Lalu ada zat EM4 yang penting untuk merangsang perkembangan bakteri. Selanjutnya kita juga perlu menyiapkan media seperti dedak atau tanah sebagai sumber energi bagi bakteri.Selanjutnya tentunya yang perlu disiapkan adalah sampah organik. kali ini yang kami gunakan adalah daunnya karena mudah untuk diolah dan mendapatkannya.

Cara Pembuatan Kompos dari Daun

1. Membuat Kompos dari Daun Kering

Ada beberapa cara membuat kompos tergantung jenis daunnya. Cara pertama untuk melakukannya adalah dengan menggunakan daun kering.

Pembuatan kompos dari daun kering merupakan proses yang mudah dan ringan karena tidak membutuhkan banyak tenaga. Yuk, simak selengkapnya.

1. Pertama, pilih daun coklat kering.

2. Siapkan lubang di tanah sebagai tempat pembuatan kompos.

3. Masukkan daun kering ke dalam lubang lalu tutupi dengan tanah.

4. Siapkan ember dengan ukuran yang agak besar lalu isi bagian bawahnya dengan kompos yang sudah jadi sebagai stimulan bakteri.

5. Kemudian masukkan serasah daun dan tutup kembali dengan tanah.

6. Biarkan daun terkena panas dan hujan. Biasanya butuh waktu berbulan-bulan untuk menjadi kompos.

7. Selesai.

Membuat Kompos dari Daun Potong

Jika pada awalnya Anda tidak memiliki modal kompos, tenang saja, ada cara lain yang cepat dan sederhana untuk membuat kompos dari daun potong. Mari kita simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Potong serasah daun terlebih dahulu menjadi ukuran yang lebih kecil. Karena semakin lembut ukuran serasah daun maka semakin luas pula luas permukaan kerja mikroorganisme starter.

2. Bisa juga ditambahkan bahan yang menjadi sumber energi untuk bakteri seperti gula pasir, dedak padi atau molase.

3. Bolak-balik tumpukan kompos ini secara teratur dan teratur agar prosesnya lebih cepat.

4. Tambahkan starter bakteri lain seperti EM4 pertanian, starbio atau mikro organisme lokal.

Cara membuat kompos dari daunnya dengan mudah

1. Potong daun menjadi ukuran lebih kecil, sekitar 2-3 cm.

2. Masukkan daun yang sudah dipotong ke dalam tanaman kompos

3. Isi lapisan. Tiap lapisan dalam wadah terlebih dahulu dibilas dengan EM4 atau mol.

4. Tutup dan isi ulang lapisan sampah, tapi jangan terlalu rapat.

5. Proses ini biasanya membutuhkan waktu 1-2 bulan.

6. Balik daun secara berkala setiap 3 hari sekali. Jika tidak bolak-balik, bakteri tidak akan bekerja maksimal.

Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai cara membuat kompos dari daun semoga artikel yang saya buat bermanfaat kalian sekian terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *