Cara Membuat Kripik Bawang Stik

Hay kawan apa kabar kalian,pada kesempatan kali ini saya mau mengulas tentang cara membuat keripik bawang stik.

Manfaat Keripik Bawang

1. Meningkatkan Imunitas

Efektivitas keripik bawang pertama dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan Anda. Senyawa dalam makanan ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan Anda.

2. Menghasilkan Energi

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, ternyata keripik bawang merah memiliki berbagai manfaat lain. Salah satunya menghasilkan listrik. Makanan tersebut mengandung karbohidrat dan lemak yang dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi.

3. Anti kanker

Kerupuk bawang ini memang pantas disebut sebagai kanker atau kanker herbal. Hal tersebut terjadi karena kandungan dalam makanan tersebut mengandung senyawa allyl sulfide yang menimbulkan sifat anti kanker.

4. Menjadi Antioksidan Yang Sangat Kuat

Kandungan kerupuk bawang merah memiliki khasiat sebagai sumber antioksidan yang sangat kaya dan secara alami dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, makanan ini juga dikenal sebagai antibakteri dan virus yang dapat membantu mencegah berkembangnya jamur, bakteri, dan cacing di dalam tubuh.

5. Efektif dalam Menurunkan Kolesterol Jahat

Kerupuk bawang merupakan makanan yang dikenal dapat menurunkan kolesterol jahat. Secara signifikan dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan kolesterol hingga 11-16 persen.

6. Kurangi Berat

Senyawa dalam kerupuk bawang merah mengandung zat inflamasi yang dapat membantu mengatur sel lemak yang dibuat dalam tubuh Anda. Penurunan berat badan terjadi ketika lemak terus menumpuk. Pada tahap ini, preadiposit diubah menjadi sel lemak melalui proses yang Anda sebut sistem inflamasi.

7. Mengatasi Sembelit

Bagi Anda yang sedang mengalami gejala sembelit, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kerupuk bawang merah. Hal tersebut dilakukan karena makanan tersebut dapat membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh.

8. Jantung yang Sehat

Kerupuk bawang merah mengandung bahan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika Anda banyak mengonsumsi makanan tersebut maka kadar kolesterol tubuh Anda akan normal dan aliran darah Anda tidak akan terganggu sehingga kesehatan jantung Anda dapat ditingkatkan.

9. Mengontrol Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh. Sedangkan kandungan pada keripik bawang merah memiliki manfaat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

10. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan. Dengan mengkonsumsi kerupuk bawang merah ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu mengurangi jumlah lemak dalam tubuh. Hal tersebut dilakukan karena makanan tersebut mengandung senyawa kromium yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Resep Stik / Keripik Bawang Pepaya

Bahan:

• 1 buah pepaya muda

•          Tepung terigu

•          Tepung tapioka

4 siung bawang putih (haluskan)

• Sebagai penyedap rasa

•          Minyak goreng

Cara Membuat Stik / Keripik Bawang Pepaya:

1. Kupas pepaya dan parut dengan parutan sayur / buah. Rendam dalam sedikit air, tambahkan 2 sendok makan garam. Tekan – Tekan atau diamkan selama ± 10 menit hingga tekstur tidak lagi kaku. Cuci dengan air bersih dan tiriskan.

2. Letakkan di baskom setelah kita keringkan. Campur dengan bawang putih yang dihancurkan. Jangan tambahkan garam, pepaya akan tetap terasa asin karena sudah direndam dalam larutan air garam sebelumnya.

3. Saya terlalu takut untuk tidak menyia-nyiakan tepung. Sayang sekali itu sia-sia. Untuk setiap wajan, siapkan campuran tepung dengan perbandingan 1: 1 tepung terigu dengan tepung tapioka. Beri sedikit rasa (saya menggunakan Royco).

4. Beri pepaya goreng parut dengan ukuran 1X. Aduk – aduk dan uleni perlahan agar tepung menempel dengan sempurna dan tidak menggumpal. Lalu ayak sedikit, lalu goreng hingga renyah dan berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

5. Taruh dalam wadah kering.

4. Resep Keripik Bawang Asin Manis

Bahan:

• 250 gram tepung pro.media

• 80 gr tapioka

• 1 telur

• 30 gram mentega

1/2 sendok teh garam (sesuai selera)

• 100 ml air

• 50 gram gula

• 5 lembar daun jeruk nipis diiris tipis-tipis

• 1/2 sendok teh merica

• 5 buah bawang putih

• 5 bawang merah

Cara Membuat Keripik Bawang Asin Manis:

1. Haluskan bawang putih dan bawang bombay, sisihkan

2. Campur semua bahan, uleni hingga kalis dan gula larut

3. Ambil sedikit adonan, olesi tepung, lalu gulung setebal 1 cm

4. Potong tipis-tipis

5. Nyalakan api, panaskan minyak… sampai hangat, tambahkan adonan irisan lalu goreng dengan api kecil hingga kecoklatan. Tiriskan dan tunggu dingin… siap disajikan

Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawang karena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan terutama bagi penjual sambal bawang.

Nah itu dia cara membuat keripik bawang stik dan 

sedikit informasi dari saya. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *