Cara Membuat Minumam Boba

Pada siang hari enak diminum segar, salah satu rekomendasinya adalah minum boba. Ternyata cara membuat minuman boba ini sangat mudah dan bisa dipraktekkan di rumah

Sejarah Boba
Boba atau bubble adalah slogan dalam bahasa Mandarin. Boba terbuat dari tepung tapioka alias singkong. Dahulu kala ada imigran Tionghoa yang datang ke Taiwan dan mendirikan kedai teh yang di dalamnya terdapat bola-bola tapioka yang dipadukan dengan teh dingin.

Terakhir, boba juga menyebar ke negara-negara Eropa. Namun, Eropa tidak bisa mengalahkan inovasi dari China saat itu. China sendiri sudah menawarkan teh susu boba instannya, dimana boba bisa kita simpan di rumah dan diseduh saat sudah dingin dan saat kita ingin mengkonsumsinya

jenis – jenis tipe Boba
Nah, buat kamu yang sudah paham betul boba dan kamu yang masih bereksperimen, berikut adalah standar jenis boba untuk memandu kamu dalam memutuskan bubble tea mana yang ingin kamu gunakan!

1. Black Boba
Boba adalah jenis yang paling sering ditemukan atau paling umum, terutama pada minuman teh susu. Boba ini umumnya terbuat dari bahan banhan tepung berjenis tepung tapioka dan memliki bentuknya seperti bola mutiara. Warna hitam boba biasanya berasal dari pewarna karamel atau gula merah. Dengan rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal, banyak orang yang ketagihan saat dijadikan topping minuman.

2. Bersihkan Boba
Jenis boba ini juga cukup umum digunakan dalam minuman boba. Jika black boba dibuat dari tepung tapioka, berbeda dengan clear boba yang merupakan pati dari umbi singkong. Jika Anda lebih menyukai sesuatu yang tidak terlalu manis, boba bening bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Boba bening memiliki rasa yang relatif hambar, sehingga banyak digunakan dalam teh susu buble. Bola-bola pada boba ini bisa menyerap teh dan susu yang membuatnya berbau seperti teh. Misalnya, jika Anda memesan teh gelembung Thailand, maka boba bening akan terasa seperti teh gelembung Thailand juga

3. Rasa Tapioka Boba
Boba ini bisa dimasak dan juga bisa dibumbui. Rasa boba ini sangat beragam karena bisa dibumbui dengan apa saja dan bisa diberi rasa yang ekstrim seperti lidah buaya dan kelapa.

Di sejumlah gerainya, gerai bubble tea biasa disebut jelly pearls. Boba seperti ini biasanya diberikan pada smoothies atau teh yang diseduh. Sering digunakan dalam makanan seperti es krim dan fro-yo

4. Popping Boba
Dari namanya, kita sudah bisa menebak apa itu boba? Boba ini memiliki kejutan saat kita memakannya karena meledak saat kita makan. Popping Boba seperti ini dilakukan melalui gastronomi molekuler.

Selain meledak, boba ini juga akan memunculkan rasa jus buah asli pada bobnya. Boba popping ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa seperti rasa stroberi, melon, mangga, dan pisang. Boba ini juga berbeda dengan boba rasa karena tidak terbuat dari tapioka. Boba popping juga biasanya atau sebagian besar digunakan untuk smoothie dan es teh yang dikocok.

5. Mini Boba
Boba mini ini juga dibuat dari bahan yang sama dengan boba kebanyakan yang ada, yaitu tapioka. Seperti namanya, boba ini terlihat seperti boba bening, boba hitam, atau boba rasa tetapi dalam versi yang lebih kecil. Jika Anda suka merasa boba berukuran biasa sulit untuk dikunyah atau ditelan, Anda bisa mencoba boba mini ini. Boba mini ini bisa menjadi topping yang pas untuk fro-yo atau bahkan bubble tea.

Minum boba sambil nonton serial Netflix, bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu luang. Sekarang Anda lebih tahu tentang jenis-jenis boba. Jadi, saat Anda memesan, Anda tidak akan bingung lagi!

Lebih seru lagi kalau bisa langsung mencoba boba original dari Taiwan! Lalu bagaimana dengan teman? Anda pasti ingin mencobanya juga, apalagi ada cara pembuatan dan jenis boba di atas

Bisnis boba
Boba atau biasa disebut bola hitam dengan tekstur yang kenyal sering digunakan sebagai isian pada minuman bubble tea.

Belakangan ini banyak bermunculan bisnis minuman kekinian di berbagai daerah di Indonesia. Ternyata tidak hanya kopi yang kini mulai digemari konsumen, kafe minuman kini juga menyajikan menu-menu unik dan kekinian.

Bisnis minuman seperti ini memang sangat menjanjikan, tidak salah jika banyak pengusaha sudah mulai membuka gerainya sendiri di beberapa kota. Salah satu minuman kekinian yang kita bahas adalah boba atau bubble.

Boba kini digandrungi oleh segala usia. Boba ini identik dengan variasi rasa, penggunaan bahan yang tidak biasa, dengan tampilan yang begitu menarik untuk diminum. Minuman segar ini memanjakan lidah karena topping boba yang kenyal seperti jelly. Periksa juga mesin home sweet arum.

Tak hanya di mal, minuman boba kekinian juga menjamur di sekitar sekolah, kampus, dan perkantoran. Meski terlihat sangat rumit dalam pembuatannya, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang tentunya mudah didapatkan.

Kita bisa menciptakan rasa sesuai dengan yang ingin kita rasakan. Misalnya dengan susu segar, matcha, gula merah, atau bisa juga dicampur dengan berbagai jenis jus.

minuman boba

Cara Membuat Minuman Boba

1. Teh Susu Boba
Bahan boba:
– 100 ml air panas
-30 gr / 1 bungkus chocolate nutrijel
-100 gr tepung tapioka
-1 sendok makan bubuk kakao
– 1/4 sendok teh garam


Bahan Sirup:
-300 ml air
-4 sdm gula pasir


Bahan Teh Susu:
-1 kantong teh
-2 sdm gula pasir
-200 ml air panas
-air dingin secukupnya
-susu segar secukupnya
-susu kental manis secukupnya
-es batu secukupnya


Cara Membuat Boba Milk Tea:

-Langkah pertama memasak sirup dengan mencampurkan gula dan air hingga mendidih. Lalu biarkan dingin.
-Kedua, campur tepung tapioka, bubuk kakao, nutrijel, dan garam, aduk hingga merata.
-Tuang air panas, aduk rata.
-Kemudian uleni hingga halus.
-Siapkan wadah dan tambahkan sedikit tepung tapioka.
-Ambil sepotong adonan, lalu bentuk bulat dan masukkan ke dalam wadah yang sudah ditaburi tepung tapioka. Kemudian lakukan hingga adonan habis
-Setelah itu, saring boba dan rebus dalam air mendidih hingga mengapung dan matang. Tiriskan dan simpan di lemari es.


Cara Penyajian Boba Milk Tea:
-Pertama, masukkan teh celup ke dalam gelas besar, tambahkan gula pasir secukupnya dan air panas, aduk hingga gula larut.
-Kedua masukkan air dingin, lalu susu segar dan susu kental manis, aduk hingga merata.
-Siapkan gelas, lalu masukkan boba secukupnya ke dalam gelas lalu tuangkan teh susu dan tambahkan es batu sesuai selera.
-Beri sedotan besar dan boba milk tea siap dihidangkan.

Tak hanya di mal, minuman boba kekinian juga menjamur di sekitar sekolah, kampus, dan perkantoran. Meski terlihat sangat rumit dalam pembuatannya, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang tentunya mudah didapatkan.

Kita bisa menciptakan rasa sesuai dengan yang ingin kita rasakan. Misalnya dengan susu segar, matcha, gula merah, atau bisa juga dicampur dengan berbagai jenis jus.

Maka akan mudah jika membuatnya sendiri, dan sudah mengetahui asal muasal boba ini kan. Dan jika Anda pergi untuk membeli, Anda juga bisa membedakan boba boba tersebut sesuai dengan jenis boba yang sudah disebutkan di atas. Jika kalia berminat untuk membuka bisnis kuliner resep ini sangat cocok dan saya sarankan agar mengunakan mesin arum manis dan beberapa resep lainya seperti resep usus crispy. Semoga bermanfaat dan selalu sukses

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *