Cara Membuat Sup Krim Jagung Yang Enak Dan Bikin Ketagihan


Sup ini sangat cocok sebagai penghangat badan dikala hujan. Pembuatannya pun mudah. Mari kita simak cara membuat sup krim jagung disini.

Jagung

cara membuat sup krim jagung

Jagung (Zea mays ssp. Mays) merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat terpenting di dunia, selain gandum dan beras. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, jagung merupakan makanan pokok, sebagian penduduk Afrika dan sebagian wilayah di Indonesia. Saat ini, jagung juga telah menjadi komponen penting dalam pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak nabati dan sebagai bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan dari jagung digunakan sebagai bahan baku berbagai produk dari industri farmasi, kosmetik dan kimia.

Jagung merupakan model tanaman yang menarik, terutama dalam bidang biologi dan pertanian. Sejak awal abad ke-20, tanaman ini telah menjadi objek penelitian genetika yang intens, dan membantu membentuk teknologi budidaya hibrida yang revolusioner. Dari segi fisiologi tumbuhan ini tergolong tumbuhan C4 sehingga sangat efisien dalam memanfaatkan sinar matahari. Dalam studi agronomi, respon dramatis dan karakteristik jagung terhadap defisiensi atau keracunan unsur-unsur yang tidak penting membuat jagung menjadi tanaman percobaan fisiologi pemupukan yang masuk.

Untuk merontokkan jagung selain dengan manual menggunakan tangan, juga dilakukan dengan simpel menggunakan mesin perontok jagung.

Sup Krim Jagung

cara membuat sup krim jagung

Sup krim jagung adalah makanan berasal dari negara yang menggunakan jagung sebagai bahan utamanya. Bahan sup krim jagung terdiri dari jagung, bawang bombay, seledri, susu atau krim dan mentega.

Manfaat Jagung

cara membuat sup krim jagung

1. Menjaga kesehatan mata

Jagung kaya akan nutrisi yang dapat berperan sebagai molekul antioksidan. Contoh nutrisi ini termasuk zeaxanthin dan lutein. Berkat molekul antioksidan tersebut, jagung mampu meningkatkan kesehatan mata.
Lutein dan zeaxanthin adalah molekul yang dimiliki oleh mata manusia, tepatnya di retina. Kedua molekul ini berperan dalam melindungi mata dari cahaya biru, yang dapat menyebabkan kerusakan oksidatif stres. Lutein dan zeaxanthin juga disebut sebagai pigmen mata.

2. Mencegah penyakit divertikular

Penyakit divertikular, atau dikenal sebagai divertikulosis, dengan munculnya kantong kecil (divertikula) di sepanjang usus besar. Gejala utama dari kondisi ini adalah kram dan perut kembung. Dalam kasus yang jarang terjadi, divertikulosis mengalami pendarahan dan infeksi.
Sebuah penelitian panjang yang melibatkan sekitar 47 ribu pria, menemukan manfaat lain jagung, yakni melawan penyakit divertikular. Dalam studi tersebut, responden yang makan lebih banyak jagung dalam bentuk popcorn, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit divertikular, dibandingkan mereka yang makan hanya sedikit.

3. Mencegah sembelit

Jagung memiliki manfaat dalam membantu sistem pencernaan, karena mengandung serat pangan yang menyehatkan tubuh. Serat dapat membantu melawan sistem pencernaan, serta melawan sembelit atau sembelit. Bahkan, sebagian ahli meyakini serat, bisa membantu orang yang mengonsumsinya, untuk hidup lebih lama.
Tapi jangan mengandalkan serat dari jagung. Anda diminta memenuhi kebutuhan serat dengan mengonsumsi berbagai macam buah dan sayuran.

4. Aman dikonsumsi bagi penderita penyakit celiac

Penyakit seliaka merupakan kelainan autoimun, di mana seseorang tidak dapat mengonsumsi gluten karena dapat merusak usus kecilnya. Gluten sendiri merupakan jenis protein yang terdapat pada beberapa jenis makanan, seperti pasta dan gandum.
Namun jagung bebas gluten. Jadi, makanan sereal masih aman dikonsumsi penderita penyakit celiac.

Cara Membuat Sup Krim Jagung

Bahan-bahan Yang Diperlukan Yaitu:

  • 1 jagung manis kalengan
  • 1 kaleng krim jagung manis
  • 1 buah wortel, potong dadu kecil
  • 1 dada ayam
  • 2 liter air
  • 2 sendok makan tepung maizena diencerkan
  • 2 butir telur kocok
  • 1 sdm Pita Biru
  • 100 gram bawang bombay kecil potong dadu
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 bungkus ayam Royco
  • 1/2 sendok teh lada putih bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 batang daun bawang cincang

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Rebus air, rebus ayam hingga empuk, angkat, potong dadu kecil
  2. Panaskan Blue Band, tumis bawang bombay hingga layu, lalu tambahkan kaldu ayam.
  3. Tambahkan ayam, jagung, wortel dan semua bahan kecuali daun bawang sekaligus sebelum mencabutnya.
  4. Tambahkan telur menggunakan corong, aduk rata lalu kental dengan larutan maizena.
  5. Sajikan hangat

Itu tadi cara membuat sup krim jagung yang enak dan bikin ketagihan. Semoga apa yang Saya sampaikan ini bisa bermanfaat. Jika, Anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang sup cream jagung Anda bisa membaca artikel tentang resep sup cream jagung. Semoga bermanfaat.

_Terima Kasih & Selamat Mencoba_

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *