Cara Membuat Telur Gulung Sosis

Cara Membuat Telur Gulung Sosis yang Enak dan Gampang

Halo teman – teman semuanya! Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat telur gulung sosis yang bukan cuma enak tetapi juga gampang untuk dibuat. Cara membuat telur gulung sosis ini juga tergolong simple dan mudah untuk dipraktekkan, jadi kalian bisa langsung membuatnya dirumah masing – masing.

Bukan cuma itu saja lho, saya juga akan membagikan beberapa hal mengenai telur gulung sosis coklat dan tips penyajianya, jadi stay tune terus sampai akhir ya guys, biar gak ada hal – hal menarik tentang telur gulun sosis.

Cara Membuat Telur Gulung Sosis

Telur Gulung Sosis

Telur gulung merupakan salah satu jajanan khas masyarakat Indonesia, dibuat dari adonan telur yang digoreng kemudian dibungkus dengan tusuk sate. Jajanan ini sudah ada sejak zaman Orde Baru dan seiring berjalannya waktu jajanan ini sudah banyak dimodifikasi.

Misalnya, mie gulung telur, bihun telur gulung, telur gulung mozzarella, telur gulung tepung dan telur gulung sosis tersedia. Bedanya dengan sosis gulung telur ada tambahan sosis yang ditusuk lalu ditutup dengan telur gulung.

Di masa lalu, jajanan tidak begitu populer di kalangan banyak orang. Namun beberapa tahun lalu, popularitas jajanan ini kembali naik daun. Sekarang jajanan ini digandrungi banyak orang, dari yang muda sampai yang tua, anak sekolahan atau orang kantoran.

Selain rasanya yang enak, jajanan ini juga digemari karena harganya yang murah. Biasanya harga jajanan ini sekitar Rp. 2000 / tusuk sate atau Rp. 8.000 / porsi (isi 5 pcs). Jajanan ini bisa Anda temukan di banyak tempat, seperti di lingkungan sekolah, kantor, pasar, atau acara yang banyak pengunjungnya.

Cara Membuat Telur Gulung Sosis

Membuat telur gulung sosis tidak terlalu sulit. Meskipun menghasilkan telur gulung yang lengkap membutuhkan beberapa upaya. Tenang saja, dengan tiga atau empat kali percobaan, Anda pasti bisa memutar telur tanpa masalah.

Sebelum melakukannya, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa peralatan yang diperlukan untuk membuat sosis gulung telur. Peralatan termasuk penggorengan untuk menggoreng telur, pisau dan talenan untuk mengiris sosis, peralatan seperti pengaturan bahan untuk baskom, tusuk sate untuk sosis gulung dan piring untuk menyajikan snack ini.

Disarankan untuk menggunakan wajan dengan ukuran yang cukup besar, menggoreng membutuhkan banyak minyak (menggoreng). Jika sudah siap, maka sekarang simak cara membuat sosis gulung telur dan bahan apa saja yang dibutuhkan.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Telur (3 butir)
  • Minyak (1/2 wajan)
  • Air (50 ml)
  • Tepung tapioka (1/2 sendok makan)
  • Sosis (5 buah)
  • Garam (1/4 sendok teh)
  • Merica bubuk (1/4 sendok teh)
  • Kaldu bubuk (1/4 sendok teh)
  • Tusuk sate (10 buah)
  • Saus sambal (sesuai selera)
  • Mayonaise (sesuai selera)
  • Saus Tomat (sesuai selera)

Cara membuat :

  1. Potong sosis menjadi dua bagian atau sesuaikan ukuran tusuk sate, lalu goreng sebentar, tiriskan dan sisihkan
  2. Ambil mangkuk dan tuangkan air dan tepung tapioka ke dalamnya, aduk rata. Setelah menambahkan telur, air, garam, merica bubuk dan kaldu bubuk, kocok rata hingga adonan tercampur rata dan berbusa.
  3. Ambil wajan dan panaskan minyak dengan menggunakan api sedang, lalu tunggu sampai minyak benar-benar panas.
  4. Tuang 1 sendok makan campuran sayuran dan taruh di tengah panci.
  5. Ambil 1 potong sosis sate lalu gulung sosis dan gulung hingga seluruh permukaan sosis tertutup telur, dan untuk proses yang satu ini perlu dilakukan dengan cepat karena jika terlalu lama, telur tidak akan menempel.
  6. Tiriskan gulungan telur dengan kertas dapur dan ikuti langkah 4-6 sampai campuran sosis telur hilang.
  7. Setelah semuanya siap dan tiriskan, taruh di piring saji dan tambahkan saus tomat, saus sambal dan mayones sesuai selera.

Nah, itu tadi adalah cara membuat telur gulung sosis yang gampang dibuat dan pastinya enak. Kalian juga bisa mengunjungi Cara Membuat Telur Gulung Tepung Renyah dan Anti Gagal kalau kalian tertarik untuk membuat versi originalnya.

Baiklah, sepertinya cukup sampai disini dulu untuk artikel “Cara Membuat Telur Gulung Sosis yang Enak dan Gampang”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan sampi ketemu lagi di artikel dan postingan selanjutnya, see you next time!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *