cara membuat tongseng kambing agar tidak bau

Cara Membuat Tongseng Kambing Agar Tidak Bau Prengus

Halo kawan-kawan sekalian semuanya, pada artikel serta kesempatan kali ini saya akan berbagi cara membuat tongseng kambing agar tidak bau prengus, dengan cara yang sederhana dan mudah tentunya, jadi kawan-kawan sekalian tidak perlu lagi khawatir jika gagal dan mengerjakannya di rumah.

Tetapi guys, sebelum saya ke pembahasan tersebut, saya ingin berbagi dan membahas sedikit beberapa hal yang masih terkait dengan cara membuat tognseng kambing agar tidak bau prengus.

Langsung saja, tanpa perlu ada banyak kata serta basa-basi lagi, kita langsung saja ke pembahasannya.

Tongseng Kambing

cara membuat tongseng kambing agar tidak bau

Tongseng kambing adalah salah satu hidangan masakan yang mirip dan satu rupa dengan gulai kambing, namun Tongseng kambing ini biasanya juga menggunakan rasa yang lebih pedas dari gulai kambing.

Selain dari soal bumbu yang digunakan, penggunaan potongan daging dalam masakan tongseng dengan gulai sangat berbeda. Biasanya bagian daging yang digunakan dalam masakan tongseng ini adalah bagian yang dekat tulang rusuk serta tulang belakang.

Cara Membuat Tongseng Kambing

cara membuat tongseng kambing agar tidak bau

Setelah membahas saya tadi sebelumnya beberapa hal yang masih berkaitan dengan tongseng kambing, kini saatnya berbagi kepada cara membuat tongseng kambing.

Langsung saja tanpa perlu ada lagi banyak kata serta basa-basi, langsung saja kita ke pembahasannya.

Bahan utama:

1/2 kg atau 500 gram daging kambing

Bahan 1:

5 siung bawang putih
6 siung bawang merah

Bahan 2:

3 kemiri sangrai
1/2 sendok teh jinten
Merica untuk menambah rasa
Ketumbar

Bahan tambahan:

1/2 bagian dari kubis atau kol
3 daun bawang
2 tomat

Bahan – bahan lainnya:

2 batang serai
Kunyit (sesuai selera)
Lengkuas (potong-potong)
1 ruas jahe (digeprek)
kayu manis
Bunga lawang (hanya 1 – 2)
Garam secukupnya)
Gula merah atau gula aren (sesuai selera)
kecap manis

Langkah dan Tahapan Pembuatan :

  1. Di langkah pertama ini kalian bisa memotong-motong daging yang sudah direbus, kawan-kawan sekalian bisa memotong daging sesuai selera kalian.
  2. Selanjutnya, kalian kawan-kawan semua bisa mengkocok semua bahan menjadi 1 sampai rata, kemudian disisihkan.
  3. Kemudian, kalian bisa melanjutkan mengaduk semua bahan menjadi 2 sampai rata, lalu disisihkan lagi.
  4. Setelah semuanya tahap tadi selesai, kalian bisa menumis bahan 1 sebentar sambil diaduk-aduk, dan dilanjutkan dengan memasukkan bahan ke-2.
  5. Kemudian kalian bisa mulai memasukkan daging kambing dan kawan-kawan aduk lagi hingga air dari daging kambingnya tadi sedikit menyusut.
  6. Selanjutnya, kawan-kawan sekalian bisa menambahkan air hingga daging kambing terendam seluruhnya di air panci.
  7. Setelah semuanya terendam, kalian bisa menambahkan semua bahan lain kecuali garam, bahan garam tadi diberikan saat api tidak menyala di atas kompor.
  8. Setelah dirasa daging empuk, kalian bisa melanjutkan dengan menambahkan bahan-bahan yang lainnya.
  9. Biarkan dan masak selama beberapa saat, lalu kawan-kawan sekalian bisa melakukan pengecekan rasa, jika kurang enak bisa ditambahkan apa yang menurut kalian semua kurang rawsanya.
  10. Jika dirasa sudah pas dan enak, kawan-kawan sekalian bisa mengangkat dan tongseng kambing tanpa santan siap dihidangkan.

Beberapa Tips Agar Daging Kambing Saat Dimasak Tidak Bau Prengus

Kalau tadi saya telah membagikan ke kawan-kawan semuanya cara membuatnya, kali ini saya juga akan dan ingin membagikan beberapa tips agar daging kambing kawan-kawan semua tidak bau prengus saat dimasak.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata serta banyak basa-basi lagi, berikut tipsnya.

Jangan Pernah Sesekali Mencuci Daging Kambing secara langsung

Tips pertama yang akan saya bagikan ke kalian yakni jangan pernah sesekali kawan-kawan sekalian mencuci daging kambing secara langsung, melainkan kawan-kawan bisa memasaknya dengan bumbu dan rempah-rempah seperti jahe, kunyit, gula merah, bawang putih dan rempah lainnya terlebih dulu sebelum kawan-kawan sekalian dijadikan masakan.

Hal ini bisa saja terjadi karena disaat kawan-kawan sekalian mencuci dagingnya dengan air, air kemudian nantinya masuk dan keluar daging (jus) bersamaan dengan air tadi yang bisa menimbulkan bau prengus pada daging kambing.

Memasak Daging Dengan Cuka Secara Bersamaan

Kawan-kawan disini sekalian juga bisa menggunakan dan memanfaatkan cuka untuk menghilangkan bau apek atau prengus pada daging kambing.

Kawan-kawan hanya tinggal memasaknya bersamaan dengan cuka sambil menyeimbangkan takarannya, misalnya untuk 500 gram daging, maka kawan-kawan sekalian bisa memasaknya bersamaan dengan 25 gram cuka.

Akhiran Dari Artikel

Itulah tadi beberapa pembahasan dan hal-hal yang masih berkaitan dengan Cara Membuat Tongseng Kambing Agar Tidak Bau Prengus, semoga artikel kali ini dapat dan bisa bermanfaat bagi sobat semua yang berminat dengan hal yang berkaitan tadi.

Sebelum keluar dari artikel ini jangan lupa baca juga artikel lainnya yang ada di situs atau website ini ya !, see you guys in next time ! Bye.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *