cara membuat tongseng kambing kecap bango

Cara Membuat Tongseng Kambing Kecap Bango

Hello teman-teman semuanya, pada artikel kali ini saya mau membagikan kepada teman-teman semuanya bagaimana cara membuat tongseng kambing kecap bango yang rasanya gak kalah dengan yang dijual di restoran atau kedai. Tentunya juga dengan cara dan langkah pembuatan yang mudah, jadi teman-teman sekalian bisa buat juga dirumah masing-masing.

Tetapi, sebelum ke topik utama pembahasan, yakni cara membuat tongseng kambing kecap bango. Saya ingin terlebih dulu membahas sedikit latar sekaligus tips juga agar daging kambing kalian yang nantinya dimasak tidak mengeluarkan bau prengus.

Tak perlu berlama lama lagi dengan kata ataupun basa basinya, kita mulai masuk ke dalam pembahasan dari berbagai hal yang berkaitan dengan tongseng kambing ini teman-teman.

Tongseng Kambing

cara membuat tongseng kambing kecap bango

Tongseng adalah masakan yang menyerupai gulai, kecuali resep tongseng yang biasanya menggunakan komposisi bumbu yang tajam.

Selain itu, kari ini memiliki variasi yang sangat jelas pada hidangan Tongsheng. Artinya, dalam hal penggunaan porsi daging yang digunakan dalam masakan.

Tongseng biasanya menggunakan tulang belakang dan tulang rusuk di atas piring. Namun, tidak masalah jika Anda ingin menggunakan bagian daging lainnya.

Hidangan Tongseng Daging Kambing ini sudah ada sejak zaman dahulu, ketika banyak pedagang yang berasal dari Arab dan India, mereka pertama kali memperkenalkan resep menggunakan daging kambing kepada masyarakat Indonesia.

Tips Agar Daging Tidak Bau Saat Dimasak

Nah, kalau tadi saya sudah membahas latar tongseng, kini saya akan membagikan tips kepada kalian supaya daging yang kalian gunakan untuk memasak nantinya tidak mengeluarkan bau prengus. Yang penasaran dengan tipsnya, bisa langsung simak pembahasannya.

Gunakan bumbu secukupnya untuk memasaknya

Tips dan trik yang pertama adalah menambahkan bumbu yang cukup dalam masakan, anda bisa menambahkan kunyit atau jahe sebagai bumbu tambahan dalam masakan.

Hal itu karena kunyit dan jahe memiliki bau menyengat tersendiri, sehingga bisa membantu menghilangkan bau daging kambing saat dimasak.

Selain itu, meskipun daging dimasak dengan bumbu yang cukup, daging kambing yang dimasak dapat menjadi lebih empuk nantinya. Ini berbeda dengan memasak tanpa bumbu.

Menggunakan lobak

Lobak juga bisa kalian jadikan alternatif selain jahe atau kunyit sebagai penghilang bau pada daging. Masih jarang dan banyak orang yang belum mengetahui bahwa lobak ternyata bisa membantu menghilangkan bau daging kambing.

Setelah daging dengan lobak direbus selama kurang lebih 25 hingga 30 menit untuk penyedap rasa, dijamin bau daging yang akan Anda olah pasti akan hilang.

Jangan cuci selagi masih mentah

Satu tip terakhir, jangan mencuci daging kambing Anda mentah-mentah. Hal ini karena meningkatkan bau daging kambing. Sebagai alternatif, Anda bisa merebus daging kambing langsung di air mendidih dan menunggu hingga berbusa, lalu Anda bisa mengeluarkannya dan mengeluarkannya. Proses ini dapat membantu menghilangkan bau daging kambing sekaligus menghilangkan kotoran kambing.

Cara Membuat Tongseng Kambing Kecap Bango

cara membuat tongseng kambing kecap bango

Setelah sebelumnya saya sudah membahas tadi seputaran tongseng kambing hingga tips agar daging kambing tidak bau saat dimasak, kini saatnya saya akan membahas bagaimana cara membuat tongseng kambing kecap bango tentunya teman sekalian juga bisa bikin dirumah masing-masing karna caranya yang mudah serta simple.

Tak perlu berlama lama lagi dengan basa basi ataupun kata kata lainnya, kita mulai masuk ke pembahasan dari cara membuat tongseng kambing kecap bango.

Bahan :

  • 500 gram daging kambing
  • Geprek lengkuas (sesuai selera)
  • 8 buah kubis (potong-potong)
  • 1 batang serai (digeprek)
  • 2 cm jahe (dihaluskan)
  • 4 Bawang Putih Bawang putih (haluskan)
  • 5 bawang merah (dikocok)
  • Daun salam (2 lembar)
  • Daun jeruk (2 lembar)
  • 1 sendok teh garam halus
  • Tomat
  • Gula merah (sesuai selera)
  • kecap bango
  • jumlah minyak yang tepat)
  • Air secukupnya)
  • Penyedap rasa (sesuai selera)

Langkah-langkah cara membuat:

  1. Pertama, Anda perlu menyiapkan alat yang digunakan untuk menumis bumbu.
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng. Sambil menunggu itu, Anda dapat memperbaiki bahan yang diperlukan nanti seperti memotong daging, kalian juga bisa menggunakan mesin untuk memotong daging agar lebih efisien.
  3. Setelah minyak panas, masukkan bumbu halus beserta daun jeruk, daun salam dan jahe.
  4. Selanjutnya, aduk semua bahan sampai harum.
  5. Setelah aromanya muncul, tambahkan air secukupnya dan daging yang sudah dimasak sebelumnya.
  6. Selanjutnya, tambahkan gula merah, bumbu dan garam yang sudah disiapkan. Kemudian masak sambil diaduk dan memiliki tekstur yang kental.
  7. Setelah kuah mengental, tambahkan kol dan kecap manis sesuai selera.
  8. Tambahkan juga tomat, lalu masak hingga semua bahan berminyak.
  9. Anda juga bisa menambahkan cabai jika menyukai rasa pedas dari masakan ini.
  10. Angkat saat dimasak, dan Tongseng Daging Kambing khas Jogja siap dihidangkan.

Akhiran

Demikianlah artikel kali ini yang membahas cara membuat tongseng kambing kecap bango yang mungkin bisa berguna sekaligus bermanfaat bagi teman teman yang sedang membutuhkan ataupun mencari informasi terkait dengan pembahasan yang ada di artikel kali ini.

Sampai jumpa lagi semuanya di pembahasan atau artikel lainnya !, see you guys in another post ! goodbye all.

Leave a Comment

Your email address will not be published.