cara membuat vco dengan pemanasan

Cara Membuat VCO Dengan Pemanasan yang Benar

Bingung tentang cara membuat vco dengan pemanasan? pusing karena sudah mencari cara dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorialnya. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara membuat vco dengan pemanasan yang benar.

Pengertian VOC Kelapa

Virgin Coconut Oil (VCO) adalah minyak kelapa yang diperoleh dengan cara ekstraksi atau pengepresan pada suhu tidak melebihi 60°C, sehingga minyak yang dihasilkan jernih seperti air dan kandungan nutrisi, aroma dan rasa kelapa tetap terjaga. Minyak kelapa murni memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dibandingkan jenis minyak kelapa lainnya. Hal ini biasa digunakan dalam bahan baku kosmetik, dan juga dikonsumsi langsung sebagai makanan berkalori tinggi.

Cara Membuat VCO Dengan Pemanasan

cara membuat vco dengan pemanasan

Cara lain untuk membuat minyak kelapa adalah dengan memanaskan santan terlebih dahulu. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit, agar santan keluar lebih banyak)
  2. Masak santan dengan api kecil selama 2-3 jam. Pastikan santan tidak hangus dengan sesekali mengaduknya
  3. Setelah santan berubah menjadi kecokelatan dan lebih kental, minyak kelapa mulai muncul di atas santan tersebut
  4. Matikan api dan diamkan di suhu ruang Setelah tidak panas, sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan 
  5. Anda juga bisa memasukkan wadah ke kulkas, sehingga bagian atas dari santan tersebut membeku. Ambil bagian beku yang merupakan minyak kelapa, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kain bersih tersebut.
  6. Cara membuat minyak kelapa dengan memasak santan terlebih dahulu akan menghasilkan minyak yang berwarna kuning. Minyak kelapa ini digadang-gadang memiliki manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.
  7. Minyak kelapa buatan sendiri dapat disimpan hingga 8-10 bulan di suhu ruang. Syaratnya, minyak kelapa ini harus ditempatkan pada wadah yang ditutup rapat, sehingga mencegah masuknya bakteri yang dapat merusak kualitas minyak kelapa tersebut.

Manfaat minyak kelapa

Setelah Anda bisa membuat minyak kelapa, selanjutnya adalah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah manfaat yang dapat digunakan dari minyak kelapa:

A. Menunda rasa lapar

Minyak kelapa adalah salah satu solusi bagi mereka yang sedang diet. Ambil minyak kelapa dengan serius, itu bisa menunda rasa lapar Anda. Manfaatnya bisa terjadi pada proses menunda rasa lapar karena kandungan MCT di dalamnya. Proses aksi MCT ini diduga ada hubungannya dengan cara tubuh menjalani metabolisme lemak.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan, karena beberapa penelitian yang dilaporkan berukuran kecil dan dilakukan dalam waktu singkat. Jika manfaat ini bertahan, ada kemungkinan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

B. Perawatan kesehatan kulit

Minyak kelapa tidak selalu dikaitkan dengan bahan masakan, tetapi juga dikaitkan dengan produk kecantikan. Banyak perusahaan produk kecantikan menjadikan ekstrak minyak kelapa sebagai anti inflamasi dan membantu melindungi serta merawat kulit. Perlu diingat bahwa efektivitas hanya berlaku untuk produk topikal, yang juga diterapkan pada kulit. Sedangkan penggunaan minyak kelapa untuk memasak belum terbukti meningkatkan kesehatan kulit.

C. Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) Anda

Manfaat nomor satu minyak kelapa adalah untuk meningkatkan kadar kolesterol baik. Kandungan ini berasal dari jumlah medium chain triglycerides (MCTs) dalam minyak kelapa. Berbagai senyawa dalam minyak kelapa dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Namun, khasiat ini masih dalam penyelidikan dan perlu studi lebih lanjut.

Namun, beberapa ahli juga berpendapat bahwa efek minyak kelapa extra virgin pada kolesterol mungkin sama dengan minyak zaitun. Namun, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah ada manfaat minyak kelapa dalam meningkatkan HDL.

D. Mengendalikan stres

Tidak hanya meningkatkan kolesterol baik atau HDL, tetapi manfaat lain dari minyak kelapa membantu manajemen stres. Namun, ketegangan yang dimaksud ada hubungannya dengan stres pasca-latihan. Manfaat ini muncul dari sifat antioksidan yang ditemukan dalam minyak kelapa. Sementara itu, stres akibat radikal bebas dapat dilawan oleh antioksidan dalam minyak kelapa. Hasil ini dibahas dalam studi hewan pengerat untuk pengobatan eksperimental dan terapeutik. Studi pendahuluan ini menunjukkan bahwa minyak kelapa murni mungkin efektif dalam mengobati jenis depresi tertentu.

Bagi anda yang sedang mencari mesin minyak kelapa, anda dapat menemukannya di Rumah Mesin. Disana menjual mesin minyak kelapa dan berbagai mesin lainnya.

Nah, cukup sekian tutorial cara membuat vco dengan pemanasan pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaatnya. Sekian dari saya, terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.