Cara Menanam Anggrek Di sabut Kelapa

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagamana cara menanam dan merawat bunga anggrek dengan media sabut kelapa. Sebelum kegiatan tanam menanam lagi hits banget di era New Normal ini terutama di indonesia sendiri, dari bunga anggrek sudah jadi favorit untuk ditanam dan dijadikan hiasan dihalaman rumah dan teras rumah. Cara menanam bunga anggrek dan dapat membuatnya subur memang agak begitu susah, tapi ternyata ada yang masih banyak varietas dari bunga anggek yang bisa tumbuh subur dengan sangat mudah.

Ada banyak banget spesies dari bunga anggrek, jumlahnya bisa mencapai lebih dari 26 ribu dan tersebar beberapa negara di dunia terutama di daerah tropika basah sampai ke wilayah sirkumpular.

Untuk di wilayah Indonesia sendiri, paling tidak ada dari lima ribu spesies yang tersebsar di seluruh penjuru nusantara di Indonesia. Kebanyakan tanaman bunga anggresk yang ditana memiliki bentuk yang berbeda yaitu oval memanjang dan dari tulang daun yang juga memanjang. Tahu nggak sih kalian, bentuk dari daun tersebut berkaitan dengan fungsinya untuk menyimpan cadangan air di dalam sabut kelapa

Untuk cara menanam bunga anggrek yang sanggat mudah dengan tingkat keberhasilan sangat tinggi, pastikan untuk memilih varietas yang nggak rewel sedikit. Cara menanam bunga anggrek bisa dilaukan degan beberapa cara yaitu denga cara stek batang atau langsung dari biji bibit bunga anggrek.

langkah-langkah dalam cara menanam bunga anggrek diantaranya adalah :

Persiapan Bibit Tanaman

Pertama,kalian harus menyiapkan bibit yang akan kalian tanam. Siapkan dari bibit bunga angrek sebaik mungkin ya karena ini akan menentukan gimana bunga anggrekmu nanti ditaruh.

Pembibitan bisa dilakukan dengan pembibitan yang berjenis vegetatif maupun generatif. Seperti apa sih bembibitan yang berjenis vegetatif?

Pembibitan Vegetatif

Yakni dengan memisahkan atau memecah bibit dari indukannya dari bunga anggrek. Nggak sembarangan cara pemisahannya, tunas yang akan kalian dipisah dan kalian ditanam sebagai tanaman baru ini harus banyak memiliki akar yang kuat dan banyak untuk kemudian dipindah ke pot yangterbuat dari sabut kelapa.

Pembibitan Generatif

Yakni dengan penyemaian biji bunga anggrek. Sayangnya, cara menanam bunga anggrek secara generatif ini cenderung memakan banyak waktu sehingga akan membuat kalian pusih dalam metode penanaman ini yang lama dengantingkat kesulitan sangat tinggi. Kondisi dari lingkungan sperti suhu udara yang tinggi dan kelembaban juga harus diperhatikan dan disiapkan sedemikian rupa dan saya sarankan bagi mereka yang masih pemula saja mengunakan cara ini.

Persiapan Media Tanaman

Media tanam bunga anggrek terdiri dari campuran tanah, pupuk kandang yang udah difermentasi,isi dengan arang hitam, serabut kelapa, kulit kelapa dan juga pecahan batu bata atau genting rumah dari rumha kalian yang tidak terpakai.

Kalian nggak boleh sembarang untuk cara mencampurnya ya, tapi diletakkan dengan beberapa urutan tertentu dari bawah hingga ke atas sebagai cara menanamnya berikut:

–Pecahan batu bata seperlunya
– 1 Kulit kelapa
– 1 Serabut kelapa
– Tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang sebelum kalian memasukan dalam pot

Cara Menanam bunga Anggrek di Sabut Kelapa

Mempersiapkan Media Tanaman

Ada beberap atahapan dalam cara menanam tanaman bunga anggrek ini dengan mengunakan sabut kelapa. Urutannya sebagai berikut:

– Pilih sabut kelapa yang udah berumur tua
– Rendam selama urang lebih 6 jam. Tujuannya untuk menghilangkan kandungan tanin pada sabut.
– Rendam sabut dalam larutan cairan fungisida
– Angkat,dan jangan lupa untuk tiriskan dan keringkan. Tapi jangan terlalu kering dan jangan terlalu basah juga ya!

Mempersiapkan Pot

Biasanya pot yang terbuat dari sabut kelapa atau disebut cocomesh jaring sabut kelapa yang digunakan adalah pot dari bahan genting dan sabut kelapa dengan fungsi lain untuk menambah niali estetikanya dari bunga anggrek. Pastikan juga memilih yang punya lubang di bagian bawah sabut kelapa. Eh, jangan lupa untuk membersihkan pot terlebih dahulu ya hingga benar benar bersih.

Menanam Anggrek dengan Sabut Kelapa

Cara menanam bunga anggrek dengan menggunakan media tanam sabut kelapa adalah sebagai berikut:

  • Siapkan pot, media,dan bibit tanaman dengan sabut kelapa.
  • Tambahkan atau letakkan arang kayu ke dalam dibagian dasar pot.
  • Lilitkan sabut kelapa pada akar bibit atau, kemudian kalian masukkan bibit ke dalam pot yang sudah kalianisi pupuk.
  • Letakkan tanaman di tempat yang ternaungi atau di dalam teras kalian atau juga bisa di batang pohon
  • Siram tanaman bunga anggrek selama tiap 1 minggu kemudian

Secara garis besar, perawatan dalam cara menanam bunga anggrek dengan media tanam sabut kelapa di cocomesh jaring sabut kelapa nggak jauh bereda dengan menanam bunga anggrek di pot kok.

Cara menanam bunga anggrek anggrek memang sangat tricky banget, tapi bunga anggrek yang tumbuh dengan indah pasti bisa membayar semua hasil kerja keras kalian menanamnya. Dan oh ya, tanaman bunga anggrek bisa bertahan sampai lima tahun atau lebih lho. Menarik banget kan?.dan jangan lupa untuk mampir di artikel saya yang lain yaitu resep usus crispy.sampai bertemu di artikel selanjutnya….

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *