Cara Menanam Sayuran Hidroponik

Hallo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai cara menanam sayuran hidroponik berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

Cara Menanam Sayur Hidroponik di Rumah

Hidroponik adalah cara menanam tanaman yang sedang naik daun. Cara ini populer karena untuk menanam tanaman, lahan dan lahan yang luas tidak dibutuhkan lagi. Dengan menggunakan metode tanam hidroponik, Anda tidak perlu lagi khawatir akan menanam dimana, karena Anda bisa menanam dimana saja. Bisa menggunakan bahan bekas dan bisa digantung di dinding. Tidak hanya itu, media pertanian berbasis air ini dapat mengasah kreativitas dalam mengolah dan menciptakan media baru dalam bercocok tanam.

Dengan penanaman menggunakan metode hidroponik maka panen akan lebih cepat. Harus memperhatikan aspek lainnya yaitu; ketepatan dalam pemberian hara, intensitas cahaya, dan juga suhu di sekitar tanaman yang sedang tumbuh. Bagi pemula hal yang harus diperhatikan adalah nutrisi air yang benar-benar tepat dan dapat terserap dengan sempurna. Hal ini karena dengan menggunakan metode hidroponik nutrisi yang didapat hanya melalui air nutrisi.

Ada beberapa cara untuk bertani hidroponik

Jenis Sayuran Hidroponik

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum budidaya hidroponik adalah memilih tanaman / sayuran yang akan kita budidayakan secara hidroponik. Beberapa jenis sayuran hidroponik yang biasa ditanam secara hidroponik antara lain hidroponik sawi, selada, hidroponik kangkung, hidroponik cabai, hidroponik tomat, dan hidroponik bayam.

Media dan bahan tanam hidroponik

Persiapan awal untuk menanam sayuran hidroponik adalah dengan menyediakan peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Oh ya sebelumnya perlu diketahui bahwa teknik bercocok tanam hidroponik sederhana yang akan kita lakukan dengan menggunakan bahan-bahan di bawah ini biasa disebut dengan sistem sumbu. Adapun yang perlu dipersiapkan adalah:

· Botol plastik bekas (bisa digunakan air mineral, fant *, co * a-co * a, spri * e dll.)

· Gelas plastik bekas air mineral

• Minyak goreng sisa jerigen plastik

· Kain untuk sumbu (disarankan kain flanel)

· Nutrisi hidroponik (bisa beli atau buat sendiri)

· Media tanam (rockwool, arang sekam, kerikil, pasir malang, dan pecahan batu bata).

Cara membuat media tanam hidroponik dengan botol bekas

Langkah-langkahnya adalah:

1.Potong botol air mineral bekas menjadi 2 bagian (lihat gambar di bawah)

2. Buat lubang di bagian atas (area leher botol) untuk pemasangan sumbu dan aliran udara

3. Gunakan sumbu di bagian bawah botol.

4. Masukkan sisi atas botol ke sisi bawah botol dengan cara sebaliknya.

5. Isi bagian atas botol dengan media tanam (bisa rockwool, spon, sekam bakar atau pecahan batu bata). Pilih saja yang paling mudah didapat karena fungsi media ini hanya untuk rooting agar tanaman hidroponik tidak roboh nantinya.

6. Tanam benih atau taburkan 2-3 benih sayuran ke dalam media tanam.

7. Air dengan larutan nutrisi hidroponik.

8. Letakkan di tempat yang tidak terkena hujan tapi masih bisa terkena sinar matahari.

Sudah selesai.

Alternatif kedua: Membuat sistem sumbu hidroponik dengan jerigen plastik bekas.

Langkah-langkahnya adalah:

1. Pukul sisi-sisi jerigen yang tersisa menggunakan cutter atau pisau bor dengan jarak yang sama, sesuai yang kita inginkan.

2. Buat lubang di bagian bawah dan samping cangkir plastik untuk menempatkan sumbu dan untuk aliran udara. Paling mudah menggunakan setrika panas atau besi solder listrik.

3. Isi gelas plastik dengan media tanam (bisa rockwool, spon, sekam bakar atau pecahan batu bata). Pilih saja yang paling mudah didapat karena fungsi media ini hanya untuk rooting agar tanaman hidroponik tidak roboh nantinya.

4. Tanam benih atau taburkan 2-3 benih sayuran ke dalam media tanam.

5. Isi jerigen dengan larutan nutrisi hidroponik

6. Masukkan gelas plastik ke dalam lubang jerigen yang telah dibuat sebelumnya.

7. Taruh di tempat yang tidak terkena hujan tapi masih bisa mendapat sinar matahari (teras rumah).

Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai cara menanam sayuran hidroponik semoga artikel yang saya buat bermanfaat buat kalian sekian terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *