cara mengolah tutut yang benar

Cara Mengolah Tutut Yang Benar

cara mengolah tutut yang benar

Untuk kesempatan kali ini saya akan memberi tutorial dan resep cara mengolah tutut yang benar. Siapa yang tak tau dengan tutut ? tutu adalah nama lain dari keong atau siput, untuk cara pengolahan tutut ini sebenarnya sama aja dengan cara pengolahan keong bumbu-bumbunya juga bisa menggunakan bumbu yang di pakai untuk memasak keong sawah.

Kalian tentunya sudah tau mencicipi masakan tutut ini seperti di rumah makan atau di restoran. Biasanya tutut ini kebanyakan di masak dengan cara di tumis bisa juga di buat seperti gulai di beri kuah berwarna kuning tapi agak sedikit mengental. Jika kalian mau memasak tutut tapi bingung mau di marinasi seperti apa tenang saja saya akan memberikan seikit tentang cara mengolah tutut yang benar.

Cara Mengolah Tutut Yang Benar

Jika kalian mau mengolah tutut kalian juga harus berhati-hati nanti bisa keracunan, tutut ini masaknya tak sembarang cara namun ada cara pengolahannya yang benar kalian harus perhatikan juga pengolahan ini agar kalian tidak terlkena racun tutut, di sini saya akan memberikan cara pengolahan tutut yang benar simak caranya di bawah ini.

Untuk yang pertama kalian wajib banget untuk merendam tutut dengan air bersih dalam waktu kurang lebih 1 jam an, jika tutut sudah bersih kalian sikat cangkang dan rumah siputnya menggunakan sikat gigi bekas karna untuk mengilangkan lumpur dan kotoran lainya bisa juga menghilangkan kuman dan bakterinya.

Langkah selanjutnya bilas tutut hingga sebersih mungkin menggunakan air bersih hingga tutut bersih banget, lalu rendam menggunakan air yang mendidih dan beri sedikit taburan garam dalam waktu kurang lebih 30 menit agar tutut empuk dan rasanya enak sampai meresap ke dalam jika sudh selesai tiriskan sebentar lalu siap untuk di masak menggunakan bumbu-bumbunya.

Tak sampai di situ saja untuk sekmen kali ini saja juga akan memberikan resep-resep meengolah tutut yang rasanya enak, tidak sabar mencoba resep ini kan kalian simak cara-caranya dan bahan-bahanya di bawah ini. Untuk memasaknya posisinya lutut sudah bersih dan siap di masak ya teman-teman.

Resep Mengolah Tutut

cara mengolah tutut yang benar

Bahan-Bahan :

  • Siapkan tutut 500 gram
  • Bawang merah 6 siung
  • 3 siung bawang putih
  • 2 lembar daun salam
  • Serai 1 batang (geprek )
  • Lengkuas 1batang ( geprek )
  • Kemiri
  • 3 buah cabe rawit
  • 5 buah cabe merah
  • Jahe
  • Kunyit
  • Gula dan garam secukupnya

Cara Membuat :

  1. Siapkan tutut yang sudah bersih dan siap untuk di masak.
  2. Haluskan bumbu-bumbunya seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, cabe dan berilah sedikit gula dan garam.
  3. Jika sudah panaskan wajan dengan di beri sedikit minyak guakan api sedang saja, lalu tumis bumbu yang sudah di haluskan tadi hingga matang dan baunya harum.
  4. Nyalakan kompor lagi berilah sedikit air dan garam, jika sudah agak panas masukan tutut lalu aduk-aduk hingga semuanya merata.
  5. Tunggu sampai matang lalu tutut siap untuk di sajikan.

Nah gitu teman-teman cara mengolah tutut yang benar dan juga resep-resepnya. Untuk kalian yang belum mengerti cara memasak tutut yang benar bisa mampir ke artikel ini di sini juga memberikan resep-resepnya jadi tidak usah ragu jika kalian belum bisa memasak tutut.

Jika kamu memasak dengan asal-asalan kalian bisa terkena racun dari tutut ini karna tutut ini memasaknya ada caranya walaupun masaknya lama tapi rasanya tidak usah di ragukan lagi pasti di jamin enaknya. Buruan kalian cobain bisa buktikan sendiri rasa dari resep ini, sekian dari saya selamat menikmati.

Leave a Comment

Your email address will not be published.