Cara Menyimpan Wortel di Kulkas Biar Awet

Jika kalian mencari cara untuk menyimpan wortel di kulkas biar awet maka kalian datang ke tempat yang tepat. Dan jika kalian akan mencari cara untuk menyimpan sayur segar maka kalian bisa cek artikel kami.

cara menyimpan wortel di kulkas biar awet
Cara Menyimpan Wortel di Kulkas Biar Awet

Cara Menyimpan Wortel di Kulkas Biar Awet

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sering digunakan dalam berbagai jenis masakan. Sayuran ini dipercaya memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Wortel memiliki konsistensi yang renyah dan rasa yang sedikit manis. Sayuran ini sebenarnya cukup tahan lama saat disimpan, namun jika tidak disimpan dengan baik, wortel juga bisa cepat busuk. Yuk, temukan 7 cara terbaik untuk menyimpan wortel tersebut agar tidak mudah busuk.

Ini adalah cara terbaik untuk menyimpan wortel agar tidak busuk

  1. Simpan segar, simpan sekitar 10 hari
    Yang terbaik adalah menyimpan wortel
    Cara menyimpan wortel yang pertama adalah dengan menyimpannya dalam keadaan segar setelah dibersihkan. Langkah pertama adalah memotong daun yang ada di atas wortel sesegera mungkin setelah membeli wortel. Anda tidak perlu mencuci wortel sebelum menyimpannya. Alasannya, wortel yang basah lebih mudah membusuk.

Setelah dibersihkan, simpan wortel segar di tempat yang kering dan gelap. Menyimpan wortel jenis ini dapat mengakibatkan wortel memiliki umur simpan sekitar 10 hari.nyimpanan wortel jenis ini dapat mengakibatkan wortel memiliki umur simpan sekitar 10 hari.

  1. Masukkan ke dalam lemari es agar wortel lebih tahan lama
    Yang terbaik adalah menyimpan wortel
    Masukkan ke dalam kulkas agar wortel bisa disimpan lebih lama. (Foto: Pixabay)
    Langkah lain dalam menyimpan wortel adalah dengan memasukkannya ke dalam lemari es. Wortel segar yang disimpan di lemari es biasanya memiliki umur simpan yang lebih lama dibandingkan dengan wortel yang tidak disimpan di lemari es. Wortel yang disimpan di lemari es akan bertahan setidaknya dua hingga tiga bulan jika disimpan dengan benar.

Menyimpan wortel di lemari es memang tidak sembarangan. Pertama, potong daun hijau yang ada di wortel. Kemudian keringkan wortel sampai kulitnya kering.

Kemudian tutup bagian bawah lemari es dengan sedikit kertas tebal. Cara ini berguna untuk menyerap kelembapan agar wortel tetap kering. Lalu taruh wortel di atasnya. Pastikan wortel disimpan dalam keadaan kering agar lebih segar dan tidak mudah busuk.

  1. Dinginkan dalam air agar wortel tetap segar
    Yang terbaik adalah menyimpan wortel
    Rendam wortel dalam air. Masukkan wortel ke dalam mangkuk besar terlebih dahulu, lalu isi mangkuk dengan air bersih. Beri jarak sekitar 1 cm antara wortel dan tepi mangkuk. Kemudian tutup mangkuk dan masukkan ke dalam lemari es.

Ganti air sekali sehari agar wortel tetap renyah setidaknya selama seminggu lagi. Cara ini tidak disarankan jika Anda berencana untuk menyimpan wortel dalam waktu lama karena dapat menjadi berlendir, berbau tidak sedap, dan kehilangan rasanya.

  1. Masak dalam microwave sebelum disimpan
    Yang terbaik adalah menyimpan wortel
    Cara lain untuk menyimpan wortel adalah dengan memasaknya dalam microwave terlebih dahulu. Pertama bersihkan wortel dari daun hijau di atasnya. Kemudian masukkan wortel ke dalam wadah tahan panas. Kemudian rebus air hingga mendidih. Setelah air mendidih, segera tuangkan di atas wortel sampai semua bagian wortel terendam.

Kemudian tiriskan air sampai wortel agak lembab dan masih ada sisa air di dasar wortel. Kemudian masukkan wortel ke dalam microwave dan panaskan selama sekitar 8 menit. Simpan wortel yang sudah dipanaskan dalam lemari es agar bisa bertahan lebih lama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *