Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia, berasal dari Britania pada abad ke 8 kemudian mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal inilah yang lantas menjadi alasan mengapa bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa internasional yang digunakan berkomunikasi antar negara. Tidak dipungkiri pergaulan internasional sudah menjadi mudah dan bahkan biasa dengan adanya berbagai sosial media dan informasi yang tersebar luas di jagat maya.

Saat ini kita bisa dengan mudah berteman dengan orang asing melalui berbagai sosial media seperti facebook, instagram, atau twitter. Untuk dapat berkomunikasi dengan mereka tentu saja perlu menggunakan bahasa Inggris agar saling mengerti. Tidak hanya itu saja, banyak kesempatan untuk mengembangkan diri melalui jalur beasiswa luar negeri yang bisa kita dapatkan. Lagi-lagi kemampuan bahasa Inggris menjadi amat penting untuk lolos dalam seleksi beasiswa. Lantas bagiamana jika kemampuan bebrhasa kita masih di bawah rata-rata? Tentu saja kita harus terus berlatih hingga fasih berbahasa Inggris. Berikut adalah beberapa tips mudah untuk menguasai bahasa Inggris.

  • Mempelajari kata dasar yang umum digunakan dalam bahasa Inggris

Menguasai kosa kata umum yang digunakan dalam percakapan bahsa Inggris sehari-hari adalah hal wajib yang harus kita lakukan. Misalnya saja, kata ganti orang, petunjuk arah, nama-nama benda, dan kata kerja. Minimal jika sudah menguasai kosa kata umum, kita akan mengerti kosa kata pengembangannya.

  • Belajar lewat lagu

Ternyata hobi mendengarkan lagu berbahasa Inggris menguntungkan, lho. Selain sebagai hiburan, kita juga menjadi familiar dengan pelafalan bahasa Inggris, mengerti penulisan dan memahami maksud lagu dengan mengartikan lirik lagu. Tidak ada salahnya jika kita mendengarkan lagu sambil menulis lirik lagu sebagai bagian dari belajar yang menyenangkan.

  • Belajar lewat film

Bagaimana jika hobi menonton film bahasa Inggris? Itu bisa menjadi salah satu langkah yang efektif untuk meningkatkan kemamuan bahasa Inggris. tapi jangan menonton dengan subtitle bahasa Indonesia ya. Cobalah untuk memahami isi film dengan bahasa aslinya. Selain menambah kosa kata, ternyata juga meningkatkan kemampuan tentang penggunaan idiom.

  • Membaca literatur dalam bahasa Inggris

Selainkemampuan listening, kita juga perlu meningkatkan kemampuan reading. Oleh karena itu mulailah membaca berbagai macam literatur yang ditulis dalam bahasa Inggris. Kita bisa mulai dnegan membaca sesuatu yang menyenangkan dan ringan, misalnya komik dan novel bahasa Inggris. Pada tingkat lanjut, khususnya jika kepentingan kita untuk mendapatkan beasiswa, maka perlu sesering mungkin membaca jurnal internasional.

  • Membaca kamus bahasa Inggris

Jangan ragu dan takut untuk membuka kamus bahasa Inggris yang super tebal. Di dalamnya kita bisa menemukan jutaan kosa kata bahasa Inggris. Kita juga bisa mencicil untuk mempelajari beberapa kosa setiap harinya. Misal dalam satu hari kita membuat target untuk menghafalkan 5 kosa kata baru dan membuat kalimat menggunakannya. Dalam satu bulan kita sudah bisa menguasai 150 kosa kata baru.

  • Mengikuti kursus online melalui aplikasi Cakap Upskill

Cakap sudah bekerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan bahasa dan meraih beberapa penghargaan bergengsi, antara lain yaitu First Winner pada The Nextdev Competition in Education Category 2017 dan Evangelist pada The Nextdev Competition 2018. Cakap menyediakan pilihan kursus untuk anak usia 4-12 tahun dan untuk dewasa yang berguna untuk tes bahasa dan pengembangan karir. Kurikulum yang digunakan dalam metode pembelajaran cakap sudah berbasis CEFR yang diakui oleh negara-negara di dunia sebagai standar pengukuran kecakapan berbahasa asing. Belajar bahasa Inggris semakin mudah dan menyenangkan bersama Cakap!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *