Cara Mudah Mengupas Batok Kelapa

Hai apa kabar kalian semua ? kali ini kita akan membahas tentang cara mudah mengupas batok kelapa . Kita dapat memanfaatkan sabut kelapa menggunakan mesin pengurai sabut kelapa. Penasaran? simak sampai akhir ya..

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan air kelapa lalu taruh ke dalam mangkuk ataupun gelas besar. Caranya, lipat handuk untuk menjadi alas kelapa supaya bisa berdiri dengan baik. Tempatkan ujung obeng pada kelapa dengan posisi tegak dan gunakan palu untuk mengetuknya. Putar obeng seperti membuka sekrup untuk mendapatkan lubang yang besar.

Ulangi dengan melubangi lubang lainnya, maka ujung kelapa akan mengalir keluar perlahan. Saring airnya dengan saringan halus dan minumlah.

Selanjutnya, bungkus kelapa ke dalam handuk yang tak terpakai. Gunakan keempat sudut handuk di tangan Anda untuk membuat sling pada kelapa. Ayunkan handuk yang sudah terdapat kelapa tadi dengan membantingnya ke permukaan yang keras. Anda bisa melakukannya di lantai rumah. Jika menggunakan banyak kekuatan, maka akan terdapat beberapa retakan besar.

Lalu, lepaskan potongan kelapa yang ada di handuk. Untuk mencongkel dagingnya, Anda bisa menggunakan obeng. Cara ini akan lebih mudah. Gunakan pula alat pengupas sayuran untuk memisahkan dagingnya dengan kulit kelapa.

Kelapa. Sebagai negara tropis, Indonesia diberkahi tumbuhan yang kaya manfaat ini. Sepertinya dari Sabang sampai Merauke selalu ada kelapa, apalagi daerah yang dekat pantai dan laut. Kalaupun jauh dari sana, pasti pasokan kelapa tak akan menjadi sulit untuk daerah lainnya.

Mulai dari daun, kulit, batok, daging, dan juga air kelapa, semuanya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Tapi, yang menjadi masalah adalah, buah kelapa bukan seperti jeruk yang mudah dikupas kulitnya. Kelapa, apalagi yang masih utuh gelondongan, sangat keras dan berat. Kulitnya sangat tebal. Ukuran buah kelapa yang hanya segenggaman tangan orang dewasa pun bisa jadi dua kali lipat besarnya.

Memang, untuk meraih air dan daging kelapa sendiri itu rasanya sulit dibayangkan. Tapi, bayangkan ‘hadiah’ yang bisa kamu dapatkan nanti. Daging kelapa yang lezat, penuh nutrisi, bisa jadi pengganti lemak nabati (santan), airnya bisa diminum langsung atau diolah jadi jadi jus, kuah, bahkan jelly. Sedikit usaha yang akan kamu lakukan sekarang akan sangat sebanding dengan apa yang bakal kamu dapatkan.

Kamu tak perlu menghangatkan dulu kelapa di microwave, kamu tak perlu takut ‘terlalu semangat’ memangkas kulit kelapa hingga akhirnya menghancurkan kelapanya.

Membuka Kelapa Muda

Pertama-tama, mari membahas bagaimana cara mengupas kelapa muda. Tentunya ini akan berbeda jika kamu punyanya kelapa tua (akan dijelaskan di bawah bagaimana cara membukanya). Air kelapa muda rasanya lebih segar dari kelapa tua.

Biasanya kelapa muda suka langsung diminum dan dikeruk dagingnya untuk dimakan, karena dagingnya juga jauh lebih lembut (walaupun lebih sedikit) dibandingkan kelapa tua.

Tapi, air dan daging kelapa muda bisa diolah lagi menjadi aneka makanan dan minuman lainnya seperti kuah bakso, klappertaart, yogurt, dan lainnya. Inilah urutan bagaimana cara membuka kelapa muda sendiri di rumah

1. Kupas Bagian Atas Kelapa

Dengan pisau pilihanmu, papas habis kulit di bagian atas kelapa sampai pisau bertemu dengan cangkang kelapa. Cara memapas kulitnya mungkin akan lebih mudah jika kamu mengayunkan pisaunya agak tinggi, tapi hati-hati dengan tangan kamu yang satu lagi yang sedang dipakai memegang kelapa.

2. Buka Batok Bagian Atasnya Saja.

Ini lah gunanya pisau bergerigi. Kalau sudah kelihatan puncak batoknya, ‘gergaji’ dengan pisau bergerigi dengan cara memutar, membentuk bulat sempurna. Kamu juga bisa menggoloknya jika sudah terbiasa. Tapi, berhati-hati ketika mengayunkan goloknya, ya. Siapkan juga gelas atau alas lainnya untuk menuangkan air kelapa, karena biasanya air kelapa suka sedikit tumpah-tumpah saat baru dibuka.

Nah kurang lebih itu yang dapat saya jelaskan . Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *