Ini 5 Teknik yang Dilakukan untuk Tahu Isi Buku!

Buku merupakan jendela dunia, karena dengan membaca buku kita dapat memperkaya pandangan kita terhadap sesuatu yang belum pernah kita ketahui sebelumnya selain itu dengan membaca buku juga membuat kita belajar banyak kata yang terdapat dalam isi buku.

Tetapi sayangnya, saat ini tren membaca buku semakin menurun, kebanyakan orang akan lebih memilih menatap gadget ketimbang membaca buku saat mereka memiliki waktu luang. Padahal jika ditelaah buku memberikan manfaat yang lebih berguna daripada gadget. Mungkin kamu harus mencoba beberapa teknik membaca yang lain agar membaca buku bisa jadi hal yang menyenangkan untuk kamu lakukan, Yuk simak caranya.

1. Teknik vertikal

Teknik membaca vertikal ini dilakukan secara vertikal, jadi ketika kamu membaca sesuatu kamu membacanya secara vertikal. Teknik ini sangat cocok diterapkan ketika kamu membaca teks yang cukup mudah seperti membaca kamus atau surat kabar.

Cek aplikasi rekomendasi saham terbaik disini yuk.

2. Teknik diagonal

Teknik diagonal ini, mata kamu akan fokus mulai membaca dari halaman sudut kiri atas kemudian bergerak secara diagonal ke sudut kanan bawah halaman. Lalu selanjutnya, kamu menggunakan jari untuk membuka halaman yang selanjutnya yang ingin kamu baca agar teknik membaca ini dapat berlanjut.

3. Teknik spiral

Kegiatan membaca dengan teknik spiral ini sangat cocok diterapkan ketika kamu ingi membaca suatu teks yang cukup sulit.

4. Teknik zig-zag

Teknik membaca zig-zag ini sesuai dengan namanya dilakukan secara zig-zag. Membaca secara zig-zag ini dapat diterapkan ketika kamu membaca sebuah teks yang sulit atau di dalam teks memuat kata-kata yang jarang ditemukan.

5. Teknik fiksasi

Teknik membaca buku fiksasi ini dilakukan dengan cara membuat titik-titik pada kertas yang selanjutnya mata kita akan mengarah pada titik-titik tersebut. Intensitas pengisian titik ini dapat kamu buat jarang-jarang ketika kamu sudah beberapa kali latihan.

Itulah 5 cara mudah dan kece yang dapat kamu gunakan ketika kamu bosan membaca atau ingin memiliki suasana baru saat membaca. Membaca ini merupakan jendela lho, kamu bisa mengetahui banyak hal yang belum pernah kamu lakukan dan lalui sebelumnya tetapi hanya dengan membaca kamu jadi paham dan mengerti.

Simak artikel menarik lainnya disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *