cara kerja mesin kopi espresso

Ini Dia Bagaimana Cara Kerja Mesin Kopi Espresso

Kebutuhan ngopi belakangan ini menjadi semakin populer, tidak hanya kalangan biasa membuka kedai ataupun kafe untuk suatu tongkrongan melainkan para selebriti dan artis papan atas juga ikut menggeluti bisnis yang satu ini. Membuka kedai kopi ataupun kafe memang dibutuhkan barista yang ahli dalam menggunakan mesin kopi dan juga membuat kopi yang enak dan pas.

Barista yang berpengalaman di bidang ini tentu sudah fasih dalam mengatur suhu dan menyetel mesin kopi dengan rasa kopi yang pas terutama saat membuat kopi espresso yang membutuhkan kehandalan dalam membuatnya. Berikut ini cara kerja mesin kopi espresso yang benar:

Cara menggunakan mesin kopi espresso

Kopi yang nikmat dihasilkan kerja sama barista dan juga mesin kopi. Berikut cara kerja mesin kopi espresso yakni:

  • Langkah pertama, lepaskan¬† portafilter pada grouphead dan membersihkan bagian itu untuk menghilangkan dari sisa residu. Lalu, masukkan kopi yang sudah Anda giling dengan menggunakan grinder kopi di dalam portafilter.
  • Selanjutnya, Anda ratakan kopi yang ada pada portafilter dengan cara menggoyangkan portafilter dengan melakukan gerakan melingkar. Pastikan Anda menghilangkan sisa-sisa kopi yang tersisa di wilayah sekitar tepi portafilter.
  • Kemudian, Anda bisa memadatkan kopi pada portafilter dengan memakai metal tamper pada bagian atas sampai kopi menjadi halus dan rata. Lalu, pasang kembali porfilter pada grouphead.
  • Setelah itu, brewing kopi. Di dalam mesin kopi espresso biasanya terdapat beberapa pilihan, seperti single shot, double shot dan terakhir triple shot.
  • Fokus pada waktu yang dibutuhkan didalam mesin espresso supaya menghasilkan kopi espresso yang sesuai dan pas, setelah kopinya jadi tuangkan shot kopi didalam gelas espresso. Kemudian sajikan kepada pelanggan.

Cara membuat streaming susu

  • Langkah awal keluarkan airnya terlebih dahulu dari Steam Wand dengan cara memutar ataupun menekan steam knob, supaya air yang ada di dalam Steam Wand tidak masuk ataupun tercampur dengan susu yang ada Steam.
  • Anda bisa memposisikan pada ujung Steam Wand dengan keadaan sedikit mengapung pada permukaan susu lalu posisikan sedikit menyamping supaya pada saat Steam dihidupkan susu kemudian berputar layaknya pusaran air.
  • Lalu streching dilakukan sampai Anda memasukkan uap di dalam susu dengan porsi yang cukup sehingga foam terlihat tebal hingga susu naik sampai 1-1,5 cm.
  • Setelah itu lakukan tahap milk rolling, dengan cara menenggelamkan pada ujung Steam Wand sedikit hingga keluar suara kissing sound, Setelah selesai steaming, susu akan terlihat menggelembung besar lalu hancurkan gelembung itu dengan cara mengetuk pada dasar milk jug pada permukaan datar. Itulah tadi cara kerja mesin kopi espresso yang bisa menjadi referensi Anda dalam membuat kopi espresso dengan mesin kopi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *