jenis jenis minuman dari kopi

jenis jenis minuman dari kopi

jenis jenis  minuman dari kopi – Selain teh, kopi merupakan salah satu minuman yang populer sejak jaman dahulu kala. Dulu, kopi seakan menjadi minuman wajib bagi para orang tua, namun kini kopi sudah menjadi gaya hidup dan minuman yang digemari anak muda.

Setiap tahun, mengonsumsi kopi menjadi semakin populer. Hal itu dibuktikan dengan maraknya kedai kopi di berbagai daerah.

Entah apa yang membuat minuman kopi jenis ini begitu populer dan populer. Beberapa tahun terakhir ini Anda bisa dengan mudah menemukan kedai kopi. Tidak hanya untuk menghilangkan rasa kantuk, kini mengkonsumsi kopi sudah menjadi trend dan gaya hidup.

Bukan fenomena baru, pelajar hingga mahasiswa lebih suka mengerjakan tugas atau bahkan sekedar nongkrong di kedai kopi. Kedai kopi seolah berlomba-lomba menawarkan produk dengan cita rasa kopi khas Indonesia.

Misalnya Kopi Arabika Gayo, Kopi Arabika Kintamani, Kopi Arabika Toraja, Kopi Robusta Temanggung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi Anda yang suka menikmati segelas kopi, mungkin sudah tidak asing lagi dengan  minuman kopi yang ada di kedai kopi. Nah, berbagai macam olahan kopi memiliki rasa yang berbeda-beda.

Cita rasa kopi tergantung pengolahanya , seperti proses roasting , dengan mesin roasting kopi yang bagus , lebih baik pula kualitas kopi yang didapatkan.

Maka dari itu kamu perlu mengenal jenis jenis minuman dari kopi , segera simak ulasannya di bawah ini.

1. Affogato.

Di Eropa, kopi affogato ini biasanya digunakan sebagai makanan penutup yang disajikan saat musim panas dan setelah makan malam. Affogato ini terdiri dari campuran espresso yang kuat dan pahit dengan es krim vanilla yang lezat.

Minuman kopi ini akan menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai sensasi rasa yang tidak biasa pada secangkir kopi. Kopi ini dibuat dengan perbandingan 2/5 espresso yang dipadukan dengan 3/5 es krim.

2. ice coffee

Seperti namanya, kopi ini tidak menggunakan air panas untuk menyeduhnya. Sebagai gantinya, gunakan air dingin pada suhu kamar selama beberapa jam. Sehingga menghasilkan aroma kopi dan rasa khas yang tidak pahit dan tidak terlalu asam.

3. Yuangyang.

Memiliki nama yang unik, minuman kopi jenis ini berasal dari China dan sekitarnya yang mengacu pada dua hal yaitu wanita dan pria. Uniknya kopi ini juga terdiri dari campuran dua bahan dengan perbandingan kopi dan teh yang sama.

Kopi ini kerap disebut-sebut sebagai minuman romantis karena ibarat cinta seorang pria dan wanita yang dipadukan dalam satu tegukan.

4. Cortado.

Minuman ini berasal dari Spanyol dan asal kata cortadi berarti memotong. Cortado terdiri dari susu dari espresso dan susu hangat. Perbandingan susu dengan kopi adalah 1: 1 atau di beberapa tempat bisa 1: 2. Di Italia, cortado juga dikatakan mirip dengan macchiato. karena komposisi jenis kopi ini mirip.

5. Frappe.

Frappe diambil dari bahasa yunani yang artinya kopi es. Frappe adalah minuman es kopi berlapis busa dari campuran kopi instan, air, gula, dan es batu yang dikocok atau diblender hingga membentuk buih.

6. Mocha.

Kopi yang sama ini berasal dari salah satu daerah Yaman yaitu, Moka. Keunikan dari minuman kopi jenis ini adalah perpaduan cokelat yang dicampur espresso dan susu.

Rasio moka terbuat dari 1/5 susu, 2/5 coklat dan 2/5 espresso. Orang Eropa sering menyebut kopi ini mochachino.

7. Red eye

Dari namanya, minuman kopi jenis ini terdengar menyeramkan. Namun sebenarnya minuman yang satu ini terdiri dari espresso dan campuran kopi hitam.

Biasanya lebih populer sebagai kopi dengan espresso. Di beberapa negara kopi ini memiliki nama yang berbeda-beda seperti black eye, a shot in the dark eye opener.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *