Jenis Jenis Rumput

Rumput merupakan tanaman yang dipandang sebelah mata, banyak yang mengira rumput itu sama namun berbeda loh berikut jenis jenis rumput yang bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan anda langsung saja.

Jenis Jenis Rumput

jenis jenis rumput

1. Rumput Gajah

Merupakan rumput yang berukuran besar dengan gizi yang tinggi yang sering digunakan sebagai pakan ternak seperti sapi, kambing, gajah, dll. Rumput gajah banyak dibudidayakan di Afrika karena ketahanannya terhadap cuaca panas. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai elephant grass, naper grass, atau Uganda grass.

Rumput gajah merupakan tumbuhan rumput yang berperan dalam konservasi tanah dan air dapat memiliki fungsi ganda, yaitu kemampuan membantu mencegah erosi dan juga dapat bermanfaat untuk pakan ternak.Ciri-ciri morfologi rumput gajah adalah pertumbuhan tegak, rumpun lebat, tinggi tanaman dapat mencapai 7 meter, batang tebal dan keras, daun panjang dan bunga seperti es lilin.

2.Rumput Jepang

Apa itu Rumput Jepang? Rumput jepang merupakan salah satu jenis tanaman hias yang biasa ditanam di pekarangan. Nama latin rumput jepang adalah Zoysia Japonica. Di negara-negara berbahasa Inggris rumput ini juga dikenal dengan Korean Lawn Grass. Karena saat penjajahan oleh pihak Jepang Clementine, mereka menemukan seutas tali rafia. Dan mereka menyebut rumput Jepang

Rumput jepang akan melindungi tanah dan membuat tampilan taman di rumah lebih indah dan menarik. Keindahan sebuah taman akan diwakili oleh hamparan rumput yang hijau dan sehat. Artinya ketepatan dalam memilih jenis rumput menjadi hal yang utama agar taman rumah tidak hanya indah tetapi juga sehat.

3.Rumput Zoysia Matrella

Umumnya dikenal sebagai rumput Manila, itu adalah spesies tikar pembentuk rumput, asli pantai beriklim Asia Tenggara dan Australia utara, Jepang selatan, Taiwan dan Cina. Beludru dan hijau, diperbanyak dengan penuh semangat oleh benang sari, atau kadang-kadang dengan rimpang, setelah terbentuk. P. Matrala yang tumbuh di dataran rendah lebih menyukai tanah berpasir di mana gulma lain tumbuh subur. Batangnya tipis dan sujud, panjang 5-25 cm, daun berselang-seling dan menyisakan jarak 1,5-3 cm di sepanjang batang; Mereka tipis, panjang 2-10 cm dan lebar 1-3 mm. Bunganya berwarna kehijauan, batang tegak dengan panjang 6-35 mm dengan panjang bunga individu 2-3,5 mm pada setiap batang

4. Rumput Swiss

Rumput swiss merupakan jenis rumput dengan tekstur paling halus di antara jenis rumput lainnya. Halaman rumput ini terlihat rapi sehingga cocok untuk menghiasi taman impian Anda. Bahkan jika Anda hanya menanam rumput Swiss, taman di rumah akan sangat bermanfaat bagi Anda.

5. Rumput Sintetis

Merupakan rumput dengan bahan dasar plastik atau rumput buatan manusia, rumput ini umumnya digunakan sebagai rumput stadion di benua biru eropa, juga sering digunakan sebagai alas di tempat umum atau perkantoran Rumput sintetis dipasang menggunakan paku atau lem. Jika rumput dilem maka ada kemungkinan tidak tahan air.

Rumput sintetis terbuat dari bahan plastik yang mungkin menyerupai rumput asli dan kemudian dipasang untuk menutupi permukaan halaman. Rumput ini bisa tetap hijau terlepas dari kondisi cuaca. Namun, seperti halnya rumput asli, rumput sintetis memiliki kelebihan dan kekuranganTinggi rumput sintetis berkisar antara 3-80 mm.Kebanyakan distributor rumput sintetis akan merekomendasikan produk dengan tinggi 30-37 mm.

6.Rumput Azolla

Tanaman paku Azolla pinnata adalah tumbuhan paku yang bersimbiosis dengan alga Anabaena azollae. Azolla Microphylla atau yang lebih dikenal dengan rumput azolla merupakan tanaman paku-pakuan air dengan berbagai macam manfaat. Sayangnya masih banyak yang belum tahu. Paku air yang terdapat dalam genus Azolaceae ini memiliki beragam manfaat. Rumput Azula biasanya tumbuh di daerah perairan, seperti sawah atau kolam. Oleh karena itu, sebelum mulai menanam ada baiknya mempersiapkan kolam terlebih dahulu. Anda bisa menanam tanaman ini di kolam tanah, kolam terpal atau kolam semen yang terkena sinar matahari langsung.

7. Rumput laut

Rumput laut atau rumput laut merupakan salah satu sumber daya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Istilah “rumput laut” secara botani ambigu karena digunakan untuk dua kelompok “tanaman” yang berbeda. Dalam bahasa Indonesia, istilah rumput laut mengacu pada rumput laut dan rumput laut. Rumput laut adalah anggota dari kelompok tumbuhan yang dikenal sebagai alga (“algae”).

Sumber daya ini biasanya terdapat di perairan yang terkait dengan keberadaan ekosistem terumbu karang. Gulma laut alami biasanya dapat hidup pada substrat pasir dan karang mati. Di beberapa daerah pesisir selatan Jawa dan pantai barat Sumatera, rumput laut hidup di bebatuan terjal yang melindungi pantai dari ombak. Di pantai selatan Jawa Barat dan Banten, rumput laut dapat ditemukan misalnya di sekitar pantai Santolo dan Sayang Heulang di Kabupaten Garut atau di kawasan Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang. Di pesisir barat Sumatera, rumput laut ditemukan mulai dari pesisir barat Provinsi Lampung hingga pesisir Sumatera Utara dan Aceh.

8.Rumput Belulang

Belulang, atau samba, adalah spesies tanaman yang dapat dikendalikan secara manual atau dengan herbisida. Tumbuhan ini termasuk dalam famili Poaceae, yaitu famili rumput-rumputan. Nama ilmiah dari bone grass adalah Eleusine indica Gaertn. Rumput ini memiliki nama yang berbeda di setiap daerah. Belulang tumbuh dengan baik di daerah yang hangat dan basah.

Bone Grass tumbuh dengan baik di tempat terbuka, tanaman ini biasa ditemukan di sawah, kebun, pinggir jalan dan jalan setapak. Mengutip kesehatan, bonegrass memiliki khasiat sebagai obat cacing, diuretik, antiperspiran, dan obat antipiretik. Bonegrass mengandung: Anti-inflamasi antibakteri.

9.Rumput Jarum

Rumput jenis konifera atau sering di sebut rumput jarum merupakan salah satu tumbuhan yang biasa digunakan sebagai pakan ternak, namun tumbuhan ini juga merupakan tumbuhan yang mengganggu atau menghambat pertumbuhan tanaman (gulma). Tanaman rumput jenis konifera ini termasuk dalam filum Poaceae dengan ordo Poales, yang dapat tumbuh dengan cepat di berbagai media tanah baik di tempat kering maupun basah.

10.Rumput Hybrid

Rumput hibrida merupakan kombinasi antara rumput buatan dan rumput alami. Komposisinya terdiri dari 5 persen rumput sintetis Limonta dari Italia dan 95 persen rumput alam varietas Zoysia Matrella yang didatangkan dari Boyolali, Jawa Tengah.  keunggulan dari rumput hibrida adalah dapat digunakan dalam waktu yang lama dibandingkan dengan rumput alam. Arry menambahkan, rumput ini bisa digunakan untuk 1.000 jam bermain dibandingkan rumput alam yang hanya bisa digunakan selama 300 jam.

Itulah 10 jenis rumput nah jika kalian ingin merawat rumput lebih mudah saya sangat sarankan untuk membeli mesin pencacah rumput yang bisa anda dapatkan di cv rumah mesin, untuk kualitas sangat terjamin dan sudah standar nasional indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published.