Kandungan Nutrisi dalam Kentang Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi dalam Kentang Bagi Kesehatan

Kentang salah satunya sumber karbohidrat yang lumayan disenangi selaku substitusi nasi. Macam umbi-umbian ini ringan dibuat menjadi menu pembuka, inti, ataupun penutup yang tentu nikmat. Gak cuma nikmat, Anda dapat mendapat bermacam kandungan kebaikan dari kentang. Terus, apa kegunaan kentang buat kesehatan? Baca reviewnya tersebut ini.

Nilai gizi dalam kentang

Macam tanaman umbi-umbian ini punya nama Latin Solanum tuberosum. Tanaman kentang mulanya asal dari lokasi Amerika Selatan, lalu menebar nyaris ke pelosok dunia. Di Indonesia, kentang kebanyakan tumbuh di lokasi daratan tinggi dengan cuaca yang sejuk.

Kentang jadi satu diantara sumber karbohidrat yang kebanyakan jadikan substitusi nasi, disamping dari singkong, ubi jalar, ataupun jagung. Umbi-umbian ini condong punya cita-rasa yang cemplang, maka sesuai Anda makan dalam beraneka macam olahan seperti mes potato.

Kegunaan kentang yang dapat Anda alami
Disamping dari kandungan karbohidrat tentulah, kentang pun kaya bermacam mineral serta vitamin penting buat kesehatan badan. Mineral serta vitamin itu, salah satunya kalsium, fosfor, kalium, sampai vitamin C.

Dari bermacam kandungan nutrisi yang dipunyai oleh umbi-umbian yang satu berikut, ini adalah bermacam kegunaan kesehatan dari kentang yang dapat Anda alami.

  1. Turunkan efek penyakit kritis

Kentang begitu kaya senyawa flavonoid, karotenoid, serta asam fenolik. Bermacam senyawa ini bertindak selaku anti-oksidan dalam tubuh yang bakal menghindari radikal bebas yang tampil serta dapat menghancurkan sel badan Anda.

Sampai, topangkkan radikal bebas dalam waktu panjang dipercayai selaku satu diantara hal pembawa bermacam penyakit kritis, seperti penyakit jantung, diabetes, sampai kanker.

Analisis dalam jurnal Nutrition and Cancer di tahun 2011 memperlihatkan kalau anti-oksidan dalam kentang bisa mendesak perkembangan kanker hati serta usus besar. Jadi, buat turunkan efek semuanya penyakit itu, penting buat mengkonsumsi kentang.

  1. Menolong mengatur persentase gula darah
    Banyak yang katakan bila kentang jelek buat diabetes, walaupun sebenarnya kebalikannya, lho. Kegunaan kentang yang lain yaitu menolong mengatur persentase gula darah, maka sumber karbohidrat yang satu berikut lumayan aman buat pengidap diabetes.

Kentang kaya akan pati — dikatakan pun pati resisten — yang tak dapat diserap seluruhnya oleh badan. Sewaktu pati resisten masuk ke usus besar, perihal ini dapat menjadi sumber gizi buat bakteri baik di usus. Analisis menjelaskan kalau pati resisten bisa memaksimalkan kerja insulin — hormon pengatur gula darah.

Suatu analisis dalam jurnal Medicine (Baltimore) di tahun 2015 pun memperlihatkan kalau seusai mengkonsumsi makanan dengan pati resisten, gula darah dapat dibuktikan lebih konstan di pengidap diabetes model 2.

Menariknya, kandungan pati resisten ini dapat ditambah. Langkahnya Anda cukup menaruh kentang rebus di almari es sepanjang malam, lalu makan pada saat dingin dalam hari seterusnya.

  1. Memperhatikan kesehatan pencernaan

Kandungan pati resisten dalam kentang nyatanya dapat juga menolong membetulkan struktur pencernaan Anda . Sehingga waktu masuk ke usus, pati resisten ini bakal dikonsumsi oleh bakteri baik. Bakteri baik itu bakal mengganti pati jadi asam lemak rantai pendek.

Nach, asam lemak rantai pendek ini yang miliki banyak kegunaan buat kesehatan, perumpamaannya bisa kurangi efek pembengkakan di usus besar, menguatkan pertahanan usus besar, serta kurangi efek kanker kolorektal (kanker usus besar).

Diluar itu asam lemak rantai pendek yang mengambil sumber dari pati resisten sangat penting buat menolong rekondisi pengidap infeksi usus, seperti penyakit Crohn, atau divertikulitis.

  1. Bebas kandungan gluten
    Kandungan zat dalam kentang pun bebas gluten alias gluten free. Gluten yaitu macam protein yang dijumpai dalam sejumlah bijian, seperti biji gandum. Buat orang yang merasakan persoalan dalam mengkonsumsi makanan mempunyai kandungan gluten — seperti penyakit Celiac, Anda dapat bikin kentang selaku opsi yang pas.

Walaupun bebas gluten, namun tidak semuanya resep makanan dari kentang sungguh-sungguh bebas gluten. Sejumlah suguhan kentang mempunyai kandungan gluten, seperti di dalam sauce atau roti kentang.

Apabila Anda punya penyakit Celiac atau situasi sensitivitas gluten, yakini membaca daftar konstruksi komplet terlebih dulu. Waktu ini, sejumlah makanan sudah punya merek gluten free buat memperingan Anda.

  1. Turunkan tekanan darah
    Kegunaan kentang yang perlu yang lain yaitu menolong menyetabilkan tekanan darah. Perihal ini disebabkan kentang yaitu sumber kalium yang bagus yang sampai jumlah makin banyak dibanding dengan buah pisang.

Kalium yaitu mineral yang bisa menolong turunkan tekanan darah. Mineral ini bekerja dengan menstimulasi pembuluh darah buat membentangkan bentuknya. Diluar itu, kentang pun mempunyai kandungan kalsium serta magnesium yang punya fungsi penting dalam mengatur tekanan darah normal.

Pengamat dari Institute for Food Research udah mendapatkan kalau kentang mempunyai kandungan bahan kimia yang dikatakan kukoamines yang terjalin dengan pengurangan tekanan darah.

  1. Mempertingkat manfaat saraf serta otak

kentang paling penting buat memperhatikan kesehatan neuron atau saraf. Menurut University of Maryland Medical Center, kandungan vitamin B6 yang ada dalam kentang menolong membentuk bahan kimia otak, ialah serotonin, dopamin, serta noreprinefrin.

Ini berarti makan kentang bisa menolong Anda menanggulangi depresi, stres, sampai problem kegalauan. Diluar itu, kalium dalam kentang yang dapat memajukan perluasan pembuluh darah pun menolong meyakinkan otak cukup mendapat darah.

Akan tetapi seandainya Anda punya problem itu, semestinya diskusikanlah di dokter atau psikiater buat mendapat perlakuan yang sama.

  1. Memperhatikan kesehatan jantung
    Karotenoid dalam kentang menolong melindungi manfaat jantung dengan bagus. Senyawa ini punya kegunaan selaku agen anti pembengkakan buat menghindari situasi aterosklerosis atau penyumbatan dinding arteri jantung.

Kandungan vitamin C serta vitamin B6 pun menolong kurangi radikal bebas di sel jantung serta beberapa sel badan yang lain. Vitamin B6 pun punya fungsi penting saat proses dalam tubuh yang memiliki nama metilasi.

Metilasi satu diantara manfaatnya yaitu mengganti homosistein atau molekul beresiko jadi metionin, ialah susunan bagian anyar dalam protein. Penambahan persentase homosistein pada badan bisa menghancurkan dinding pembuluh darah maka mempertingkat efek berlangsungnya gempuran stroke serta jantung.

Leave a Comment

Your email address will not be published.