Komputer Mati Total? Begini Cara Mengecek dan Solusinya

Apa jadinya kalau komputer yang setiap hari digunakan tiba – tiba mato total todal bisa dinyalakan lagi apalagi melakukan booting. Dan jelas monitor tidak akan memberikan petunjuka apa yang terjadi. Ini akan membuat perasaan anda kacau dan campur aduk kan?

Bila sudah terjadi maka seringnya adalah dengan mengkontak service komputer tangerang. Tetapi ada baiknya anda sendiri segera mengecek mengapa ini bisa terjadi. Langkah – langkahnya bisa anda lakukan seperti ini:

1. Cek Monitor

Yang paling pertama dilakukan bila komputer mati adalah cek monitornya. Kali aja monitor tidak bisa menampilkan gambar pada monitor karena kabelnya rusak atau monitornya sendiri. Makanya ceksegera lampu indikator yang ada sebagai penandanya apa menyala atau tidak. Cek koneksi kabel dengan meletakkan kabel dengan tepat pasang cabul bisa di lakukan baik pada monitor sendiri dan ke kabel VGAnya. Kalau saja sebenarnya komputer ini baik- baik saja dan ternyata ada tulisan No Signal Detected maka bisa dikatakan kerusakan ada pada monitor baik kabel, monitor sendiri juga post VGAnya.

2. Pastikan Power Supply Berfungsi dengan baik.

Cek mengenai PSU nya pastinya perlu di lakukan. Nyalakan saklar On Off nya lihat apakah lampu indikatornya menyala tidak pada motherboardnya dan lihat juga kipas prosesornya menyala tidak. Kalau diatas bisa berjalan dengan normal maka bisa dikatakan masih baik tetapi bila sebaliknya maka perlu di ganti saja atai cek dulu kabel yang menghubungkan ke PLN apa bekerja dengan baik?? Bila rusak buruan ganti atau pakai yang lainnya dulu.

3. Reset BIOS Komputer

Ada beberapa kasus yang bisa di perbaiki hanya dengan melakukan reset pada BIOS komputernya. Untuk itu segera reset saja pada bagian MB nya. Mudah sekali caranya hanya tinggal tekan tombolnya saja dan selesai.

4. Bersihkan Komputer

Bersihkan semua kotoran yang ada pada komputer mulai dari pse, kipas, ram, vga card. Bersihkan dari kotoran yang ada . Kalau perlu lepas saja dan yang penting kembalikan ke posisi semula jangan sampai salah. Selain itu juga bisa menggunakan cairan pembersih agar semakin kinclong bersih dari debu polusi yang ada. Lakukan secara perlahan dan berhati – hati agar tidak merusak komponen yang ada.

5. Rakit kembali CPU tanpa Hardisk

Bila langkah diatas sudah dilakukan untuk mengeceknya bisa dengan menghidupkan tetapi RAM dan HD tidak di pasang dulu. Dengan cara ini maka bisa terlihat datanya :

Komputer nyala normal bisa masuk tapi tak bisa botting.

Ini terjadi sebab hardisk di lepas. Matikan dulu sebelum memasang agar tidak terjadi konsleting dan lalu HD nya pasang lagi terus nyalakan, apabila berhasil booting berarti permasalahan sudah hampir selesai.

Pastinya dengan tidak dipasangnya HD tidak akan bisa booting sebab sistem operasinya tersimpan di sana. Matikan saja dan pasang kembali HDnya dan nyalakan. Lihat apakah bisa nyala normal atau tidak.

Keluar bunyi beep berulang

Kalau ini terjadi serinnya permasalahanada pada RAMnya. Cepot dan bersihkan pinyang ada dulu menggunakan penghapus. Lakukan secara perlahan – lahan saja.

Nah itu beberapa cara yang dapat di lakukan untuk mengetahui komputer bila mati total. Semoga artikel ini memberi manfaat.

Tapi bila anda sendiri malas dan tidak berani melakukan ya panggil saja service komputer jakarta khususnya anda yang berada disekitar jabodetabek yang akan mendatangi lokasi anda. Serahkan saja kepada para ahlinya agar persoalan cepat selesai.

Leave a Comment

Your email address will not be published.