Kreasi Dari Limbah Plastik

Hay kawan kawan apa kabar kalian semua ? kali ini kita akan membahas tentang kreasi dari limbah plastik . Kita mungkin sering melihat banyak plastik yang berserakan di area rumah kita atau pun tempat wisata seperti pantai atau pegunungan . Apakah kita tidak risih melihat pemandangan yang seharusnya indah tetapi banyak limbah plastik yang berserakan tanpa ada yang memperdulikan . Seharusnya kita menyadari betapa indahnya pemandangan wisata wisata itu jikalau tidak ada sampah/limbah plastik ini.

Kalian tau gak kalau sampah/limbah plastik ini sangat susah di urai dengan tanah dan juga sampah/limbah plastik ini sangat banyak di lautan hingga merusak trumbu karang dan ikan ikan di laut pun banyak yang mati . Seharusnya kita dapat peduli dengan lingkungan kita , dengan kita mengurangi penggunaan plastik kita juga secara tidak langsung ikut dalam merawat alam dan mengurangi limbah plastik di dunia . Kita tau kalau negara kita negara indonesia adalah pengekspor limbah plastik terbesar . Kita dapat mengurangi limbah plastik dengan menggunakan mesin pencacah plastik . Simak artikel ini sampai akhir yaaa…

Masalah besar yang sedang dihadapi oleh berbagai negara khususnya Indonesia hingga saat ini adalah keberadaan sampah atau sampah plastik. Dimana sampah plastik ini termasuk dalam sampah anorganik sehingga sulit terurai secara alami.

Sekarang sampah plastik semakin meningkat. Bagaimana bisa? Sebagian besar makanan yang kita konsumsi adalah plastik, mulai dari kantong plastik untuk membawa bahan makanan hingga kemasan makanan dan minuman.

Penggunaan kemasan plastik dalam kehidupan kita sehari-hari sangat memudahkan kita, namun tahukah Anda bahwa penggunaan kemasan plastik sekali pakai justru merusak lingkungan kita. Bukan hanya kita, tapi juga merusak ekosistem hewan, jika dibuang sembarangan atau tidak dikelola dengan baik. Berikut beberapa gambar yang menunjukkan dampak membuang sampah sembarangan

Itu salah satu dampaknya, jika Anda masih membuang sampah sembarangan. & nbsp; Lalu apa solusinya? Dibakar? Jangan, karena jika dibakar akan berbahaya karena bisa menyebabkan gangguan pernafasan dan polusi udara.

Solusi cerdasnya adalah mengurangi penggunaan plastik atau menggantinya dengan kemasan yang ramah lingkungan. Tidak hanya itu, salah satu solusi kreatifnya adalah dengan menggunakannya kembali menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai tinggi.

Nah, berikut 10 solusi kreatif untuk mengubah sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat:

1. Tempat pengisian daya seluler

Pernahkan Anda ingin men-charge hp Anda, tapi stekernya terlalu tinggi sehingga hp menggantung? Nah, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan botol bekas berukuran kecil. Untuk melakukan ini, pertama-tama gambar sketsa di botol, lalu potong. Dan terakhir, Anda bisa mempercantiknya dengan cat warna

2. Celengan

Mengubah botol bekas menjadi celengan adalah ide kreatif dalam meminimalkan sampah plastik. Selain itu, ini juga menjadi solusi cerdas untuk membuat kita tidak terlalu boros lho. Eits, kalaupun bukan kita, bisa juga digunakan untuk mendidik anak agar pintar-pintar menyisihkan uang jajannya. Apalagi caranya cukup mudah, cukup dengan memberi lubang untuk memasukkan uang, lalu mendekorasinya. Bahkan celengan yang unik dan lucu dibuat, mereka pasti ketagihan untuk menabung.

3. Ornamen gantung

Mengubah sampah botol menjadi hiasan gantung yang unik dan indah sangat cocok untuk mempercantik ruangan Anda, lho. Misalnya seperti pada gambar menggunakan bagian atas botol yang kemudian diberi pengait atau tali untuk menggantungnya. Untuk membuatnya lebih cantik dengan variasinya, Anda bisa memberi sentuhan gambar dari cat khusus untuk plastik. Namun, bisa juga diikat dengan pernak pernik atau pernak pernik tertentu.

4. Tempat aksesoris

Bagi kebanyakan wanita, terkadang mereka masih suka memakai aksesori. Karena itu, solusi kreatif ini cocok untuk Anda. Misalnya seperti gambar ini, menggunakan bagian bawah botol. Kemudian bagian bawah botol diberi lubang untuk dipasang pada penyangga besi. Toh, Anda bisa membiarkannya polos atau mengecatnya sesuai selera.

5. Pot tanaman

Kamu juga bisa membuat pot tanaman dengan karakter lucu di rumah, lho. Bahannya hanya botol bekas, cat, dan pemotong botol. Caranya bermacam-macam, bisa menggunakan dasar botol atau bisa juga tanpa memotong botol. Jadi, jika Anda tidak memotong botolnya, Anda bisa langsung menghiasnya dan segera menanam tanaman Anda.

6. Tanaman hias

Membuat tanaman hias yang cantik dengan menggunakan sedotan, mungkin sudah banyak yang tahu kan? Eits, tapi tidak hanya dengan sedotan, lho. Botol plastik bekas juga bisa dijadikan tanaman hias yang unik dan cantik. Caranya, siapkan pot tanaman yang sudah diisi kerikil kecil, pasir atau isian apapun untuk menopangnya. Misal, jika ingin membuat kaktus, maka beri lubang kecil berbentuk segitiga. Namun jangan dipotong, sehingga terlihat seperti duri kaktus.

7. Rak Buku

Item berharga berikutnya adalah rak buku. Ya, Anda bisa mengubah botol bekas Anda menjadi rak buku sederhana. Caranya cukup mudah, seperti melakukan charge hp pada point pertama. Dimana, kamu harus menggambar sketsa rak buku terlebih dahulu, baru kemudian dipotong. Dan untuk membuatnya berdiri kokoh, Anda bisa memakukan rak ini ke meja. Bahkan rak buku sederhana pun siap digunakan.

8. Tempat alat tulis

Botol bekas dari minuman yang biasa Anda beli di kantin juga bisa disulap menjadi tempat alat tulis. Dimana, Anda bisa menggunakan bagian bawah dua botol. Bagian bawah botol pertama lebih panjang dari botol kedua karena digunakan sebagai alat tulis. Sedangkan bagian bawah botol kedua, hanya dipotong sedikit karena hanya sebagai penutup. Dan untuk menyatukan keduanya adalah dengan menambahkan ritsleting, kemudian merekatkannya dengan lem panas. Tempat alat tulis Anda juga siap digunakan.

9. Sampah

Untuk poin ini, cukup unik, mengapa? Karena ternyata sampah menjadi tong sampah. Nah, di sini, sampah botol plastik ini justru dijadikan wadah untuk sampah lainnya. Di mana Anda bisa menggunakan seluruh botol atau hanya menutup botol. Selain itu, Anda bisa merekatkannya dengan lem panas atau kait besi. Cukup mudah bukan? Dan ini cara yang cukup ampuh untuk mengurangi sampah plastik karena menggunakan botol bekas yang cukup banyak.

10. Lukisan alas

Mengolah sampah plastik menjadi bahan dasar cat lukis cocok untuk Anda yang gemar melukis, berprofesi sebagai pelukis, atau Anda bisa mengajari si kecil cara melukis. Caranya sangat mudah lho. Anda bisa menyediakan beberapa tutup botol yang kemudian direkatkan dengan lem panas pada alas yang rata.

Nah mungkin itu kurang lebih yanga dapat saya jelaskan dan saya berikan . Beberapa contoh kreasi dari limbah plastik itu dapat kawan kawan praktikan di rumah . Buatnya juga sangat mudah dan juga tak memerlukan banyak biaya karena dengan alat yang ada dirumah saja juga sudah dapat membuat beberapa kreasi di atas . Kita juga secara tidak langung mengurangi limbah plastik di dunia terutama di indonesia .Nah semoga membantu dan juga bisa bermanfaat bagi kawan kawan sampai bertemu di artikel berikutnya .

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *