Macam-Macam Jenis Container Untuk Kegiatan Logistik

Dalam suatu kegiatan ekspor-impor tentu diperlukan depo container. Sedikit berbeda dibandingkan dengan transaksi perdagangan lainnya,  seluruh komoditas di dijual ke negara lain harus dikemas dengan baik. Sebab menggunakan transportasi yang lama  dan beresiko.

Mengenal Depo Container

Depo container merupakan tempat yang digunakan oleh peti kemas sebagai lokasi pembersihan dan persiapan untuk kegiatan berikutnya. Selain itu tempat ini digunakan oleh para surveyor ketika akan memeriksa komoditas yang akan dibawa menggunakan peti kemas.

Berbagai Jenis Container

Oleh karena komoditas yang perlu dibawa oleh peti kemas terdiri dari berbagai jenis, Maka tentu saja membutuhkan kontainer yang berbeda. Sebab seringkali ada perlakuan khusus yang diperlukan agar produk tersebut sampai sesuai dengan standar spesifikasinya di negara setempat.

  1. Dry Storage

Dry storage atau peti kemas kering merupakan jenis kontainer yang paling sering digunakan ketika melakukan kegiatan ekspor impor. Tempat ini digunakan untuk menyimpan kargo yang bersifat kering.

  1. Open Top Container

Kontainer ini memiliki atap yang dapat dibuka atau convertible.  sehingga untuk mengirim di tinggi dibanding dengan peti kemas tersebut. Sehingga dibawa dengan atap yang terbuka.

  1. Tunnel Container

Kontainer jenis ini memiliki dua pintu yang berbeda arahnya yang yang berfungsi agar lebih cepat dan efisien ketika melakukan proses pemuatan kargo. Ukurannya tidak jauh berbeda dengan dry storage.

  1. Open Side Container

Kelebihan jenis kontainer ini adalah memiliki 3 buah pintu. Di mana tentu saja akan memudahkan proses pengemasannya. Salah pintu tambahannya ada di bagian samping. Sangat cocok untuk kargo yang tidak dapat dimasukan menggunakan pintu bagian belakang atau depan.

  1. Flat Rack Container

Peti kemas ini sangat cocok digunakan jika kargonya adalah alat berat, mesin, atau bahan material untuk konstruksi. Sebab mempunyai bagian samping yang dapat dilipat sehingga mirip dengan rak yang cukup panjang.

Oleh karenanya sebelum melakukan kegiatan ekspor impor pastikanlah depo container seperti apa yang dibutuh.  Terutama jenis petikemas yang memang sesuai dengan komoditas tersebut. Anda dapat menghubungi kawasan industri BUMN atau di website https://www.iiie.co.id yang memiliki pelayanan untuk semua jenis peti kemas.

Leave a Comment

Your email address will not be published.