macam macam minyak bumi

Macam Macam Minyak Bumi Beserta Penjelasannya!

Halo Semuanyaaa, selamat datang kembali di artikel saya yang selanjutnya. Pada artikel ini kita akan membahas macam minyak bumi. Nah sebelum itu alangkah lebih baik kita mendalami apa itu Minyak Bumi. Yuk Simak Penjelasannya !!!

macam macam minyak bumi

Minyak bumi berasal dari tumbuhan dan hewan yang telah hidup berjuta-juta tahun di dalam dan di sekitar lautan. Tumbuhan dan hewan ini terkubur oleh lapisan-lapisan lumpur dan pasir yang akhirnya mengeras dan membatu. Lalu di bawah tekanan yang sangat besar, semuanya berubah menjadi minyak bumi.

Minyak bumi pada dasarnya adalah campuran dari berbagai senyawa. Di dalamnya, paling banyak ditemukan senyawa hidrokarbon dengan jumlah sebesar 90 hingga 99%. Selain senyawa hidrokarbon, terkandung pula senyawa belerang, nitrogen, oksigen, dan senyawa yang mengandung ikatan logam dengan karbon atau biasa disebut organologram, meskipun jumlahnya sangat sedikit.

Untuk lebih mengetahui apa itu minyak bumi kunjungi situs tentang macam macam bakar bakar.

Macam Macam Minyak Bumi dan Gas Alam

Minyak mentah (crude oil) merupakan cairan yang terdiri dari hidrokarbon dan bahan-bahan lainnya. Supaya bisa digunakan sebagai bahan bakar, maka minyak mentah perlu diolah menggunakan metode khusus.

Metode tersebut akan membagi minyak bumi kedalam beberapa jenis, yakni

1. Bensin

Bensin merupakan salah satu bahan bakar yang paling familiar ditelinga kita karena jenis bahan bakar ini digunakan pada kendaraan roda dua maupun roda empat. Bahan ini memiliki karakterisitik yang sangat mudah terbakar dan mudah menguap bahkan pada suhu rendah, kandungan bensin tediri dari isooktana dan n-heptana. Semakin tinggi kandungan isooktana (yang ditujukan melalui nilai oktan) maka kualitas bensin menjadi lebih baik.

Titik nyala bensin cukup rendah yakni -15 sampai -40 derajat celcius. Sehingga sangat cocok dipakai untuk mesin berkapasitas kecil. Dalam proses aplikasinya, bensin akan melalui pengolahan lanjutan sebelum digunakan untuk bahan bakar kendaraan. pengolahan lanjutan tersebut menghasilkan berbagai jenis bensin seperti premium, petalite dan pertamax. Bensin diperoleh dengan proses destilasi pada suhu sekitar 120 derajat celcius.

2. Kerosin

Kerosin adalah jenis bahan bahan bakar yang sering kita kenal sebagai minyak tanah. Dibandingkan bensin, suhu penguapan minyak tanah lebih tinggi sehingga tidak mudah menguap disuhu normal.Sama seperti bensin, sebelum diedarkan kerosin akan mengalami pengolahan lanjutan. Tujuannya untuk mengurangi kadar belerang dan sifat korosinya serta menambahkan warna agar bisa membedakan mana minyak tanah dan mana air. Kerosin didapat dari proses destilasi dengan suhu 150 – 200 derajat celcius.

3. Solar

Solar adalah bahan bakar kendaraan bermesin diesel. Bahan ini memiliki karakteristik tidak mudah menguap dan memiliki sedikit ketukan. Solar digunakan karena memiliki daya pembakaran yang tinggi. Sehingga dengan sedikit solar bisa menghasilkan daya seefektif mungkin. Ini membuatnya sangat irit dibandingkan bensin.

Solar memiliki titik nyala 40-100 derajat celcius, sehingga dalam aplikasinya sering digunakan pada mesin-mesin bersilinder besar. Untuk destilasinya diperoleh pada suhu 250 – 300 derajat celcius.

4. Avtur

macam minyak bumi

Avtur atau aviation turbine adalah bahan bakar pesawat yang menggunakan mesin turbin. Bahan ini pada dasarnya terbentuk dari kerosin atau minyak tanah namun diolah kembali sehingga cocok untuk jenis pembakaran turbin.

5. Avgas

Avgas atau aviation gasoline adalah bahan bakar pesawat yang menggunakan mesin pembakaran dalam seperti mesin piston. Kalau avtur dibuat dari kerosin, avgas dibuat dari bensin.

Dengan kata lain avgas ini merupakan bensin yang diolah supaya cocok untuk pembakaran mesin pesawat yang memerlukan RPM mesin super tinggi. Selain untuk pesawat, juga digunakan sebagai bahan bakar mobil balap.

6. Fuel oil

Fuel oli merupakan bahan bakar seperti oli yang digunakan untuk sistem pembakaran mesin kapal atau mesin-mesin industri skala besar. Bahan bakar ini khusus digunakan mesin skala besar dengan RPM atau putaran mesin rendah.Selain sebagai bahan bakar, fuel oli juga dijadikan bahan dasar untuk membuat oli atau pelumas mineral yang digunakan untuk melumasi mesin-mesin kendaraan. Bahan bakar ini diperoleh dari destilasi dengan suhu sekitar 600 derajat.Selain keenam jenis diatas, masih ada lagi yakni aspalt. Asphalt sendiri merupakan residu atau sisa dari proses penyulingan, dimana keenam jenis minyak diatas sudah didapat maka sisanya berarti aspal.

7. Elpiji (LPG)

LPG merupakan salah satu gas alam yang telah menjadi sumber utama bahan bakar rumah tangga dan industri di tanah air. Gas ini selalu ditemukan berdampingan dengan minyak bumi. Dalam kondisi atmosfer, elpiji akan berbentuk gas. Dengan menambahkan tekanan dan menurunkan suhunya, gas akan berubah menjadi cair.

Komponen utamanya didominasi oleh propana (C3H8) dan butana (C4H10). Elpiji juga mengandung hidrokarbon ringan dalam jumlah kecil, misalnya etana dan pentana. Perlu diketahui, Elpiji yang dipasarkan dalam tabung-tabung bentuknya cair didalam, namun saat dialirkan ke atmosfer akan berbentuk gas. Berikut beberapa sifat elpiji:

  • Cairan dan gasnya sangat mudah terbakar.
  • Gas tidak beracun, tidak berwarna, dan biasanya berbau menyengat.
  • Gas dikirimkan sebagai cairan yang bertekanan di dalam tabung, tangki atau silinder.
  • Cairan dapat menguap jika dilepaskan dan menyebar dengan cepat.
  • Gas ini lebih berat dibandingkan udara, sehingga akan banyak menempati daerah rendah.

8. CNG

CNG (compressed natural gas) merupakan gas bumi yang telah dipampatkan di tekanan yang tinggi agar volumenya menjadi lebih rendah dari keadaan standarnya. Di Indonesia istilah CNG lebih dikenal dengan istilah BBG (bahan bakar gas). Adapun tujuan dari pemampatan ini adalah supaya menghasilkan lebih banyak gas yang nantinya dapat ditransportasikan tiap satuan volume vesselnya.

Pada proses transportasi gas alam yang kemudian terbentuk CNG membutuhkan setidaknya 3 fasilitas yang diantaranya adalah fasilitas pengiriman, fasilitas transportasi dan fasilitas penerima. Dalam kehidupan sehari-hari CNG dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti kendaraan ringan hingga menengah.

9. LNG

LNG ( liquefied natural gas) merupakan salah satu jenis gas metana yang memiliki komposisi metana sebanyak 90% yang kemudian dicairkan pada suhu -163 derajat celcius serta pada tekanan atmosferik. Sebelum dicairkan, gas tersebut harus terlebih dahulu melalui proses pemurnian dengan tujuan untuk menghilangkan unsur kimia yang tidak begitu penting seperti CO2, H2O, H2S dan Hg.

Proses pemurnian tersebut akan mengurangi volume gas menjadi lebih ringan sehingga hal ini akan membuat LNG menjadi mudah digunakan dalam jumlah yang banyak. Biasanya LNG akan ditransportasikan dengan kapal menuju terminal LNG yang terlebih dahulu akan disimpan dalam sebuah tangki yang memiliki tekanan atmosferik, kemudian LNG tersebut akan dikonversi menjadi gas dan akan disalurkan dengan sistem transmisi.

Manfaat Minyak Bumi Bagi Kehidupan Sehari hari

1. Sebagai Bahan Bakar

Minyak bumi yang masih mentah memang tidak dapat digunakan secara langsung dan sangat berbahaya. Proses pengolahan minyak bumi melalui beberapa macam tingkatan, seperti proses penyulingan hingga di dapatkan beberapa komponen minyak bumi yang lebih ringan. Hasil dari penyulingan ini adalah minyak bumi yang telah menjadi bahan bakar residu seperti bensin, solar, bensol, dan minyak tanah.

Beberapa jenis minyak ini menjadi bahan bakar untuk kendaraan dan menggerakkan mesin diesel. Jadi, terbayang bukan jika tidak ada manfaat minyak bumi sebagai sumber bahan bakar, seperti manfaat batubara.

2. Bahan Bakar Gas

Manfaat minyak bumi ini sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Produk yang sering kita gunakan untuk kebutuhan dapur adalah seperti gas. Gas cair atau yang lebih sering kita kenal dengan nama LPG juga di dapatkan dari hasil pengolahan minyak bumi, selain dari manfaat gas alam. Merupakan produk dengan nilai yang lebih tinggi di bandingkan dengan bahan bakar untuk kendaraan. Gas cair di dapatkan dari sumber minyak bumi yang telah di olah dengan proses penyulingan dan pemurnian khusus.

3. Industri Kimia

Senyawa yang di hasilkan dari pengolahan minyak bumi ternyata juga sangat berperan untuk memproduksi beberapa produk kimia. Beberapa produk di hasilkan dari hasil olahan minyak bumi adalah seperti cat minyak, cat dinding, cat mobil, cat kayu dan beberapa produk plastik. Hasil sisa dari pengolahan minyak bumi ini, ternyata tidak di buang ke alam namun memiliki manfaat yang sangat besar untuk kehidupan manusia.

4. Sumber Produksi Polimer

Manfaat minyak bumi ini juga sering kita jumpai meski tidak kita sadari. Minyak mentah bisa menghasilkan polimer khusus yang sangat penting untuk membuat beberapa komponen industri. Salah satu industri yang memakai polimer dari minyak mentah adalah industri plastik. Sementara manusia membutuhkan plastik sebagai tempat untuk meletakkan berbagai benda, menjadi benda rumah tangga, mainan dan berbagai macam kebutuhan sehari-hari.

5. Produksi Bahan Serat

Berbagai jenis bahan serat seperti rayon, polyester, nilon dan bahan tekstil sintetis ternyata juga memakai komponen dari minyak bumi. Manfaat minyak bumi yang telah melewati berbagai macam tahapan pengolahan akan menghasilkan berbagai macam produk salah satunya bahan campuran serat yang tidak mudah terbakar.

Manusia sangat membutuhkan berbagai macam benda ini dan tergantung dengan sumber minyak mentah karena hingga sekarang belum di temukan sumber serat yang baru selain minyak bumi.

6.  Sumber Bahan Poliuretan

Bahan poliuretan mungkin akan selalu ada di rumah, namun banyak yang tidak menyadarinya secara langsung. Salah satunya adalah berbagai benda yang mengandung busa. Busa memiliki sifat yang tahan terhadap tekanan dan sangat nyaman untuk digunakan. Produk busa ternyata memakai minyak bumi sebagai bahan poliuretan. Produk ini sangat aman untuk digunakan manusia dan juga ramah lingkungan.

7. Produk Keperluan Dapur

Berbagai macam produk yang berada di dapur seperti kulkas, kunci pintu, kunci jendela, panel pintu dan kursi ternyata juga melibatkan minyak bumi dalam proses produksinya. Minyak bumi berfungsi sebagai sumber pengolahan baik sebagai sumber panas maupun produk sampingan untuk mengolah baja, aluminum maupun besi. Jadi minyak bumi adalah bahan yang setiap hari berdampingan dengan kita.

8. Bahan Produksi Mobil

Beberapa bagian mobil seperti blok bodi mobil, kabel instalasi listrik, dan berbagai perangkat lain dalam mobil juga membutuhkan minyak mentah. Minyak mentah ini akan di olah dengan berbagai macam cara dan menghasilkan produk utama dan sampingan. Sejumlah serat di hasilkan dalam pengolahan minyak bumi dan di buat menjadi lapisan blok badan mobil, beberapa komponen elektronik yang lebih ringan dan beberapa cairan untuk mobil seperti minyak rem, minyak pelumas dan bahan bakar mobil.

Jika anda kesulitan dalam mencari mesin mesin untuk keperluan tertentu, kunjungi website rumahmesin.com. Disana menjual barang barang yang tentunya akan memudahkan pekerjaan sehari hari kita, yuk buruan di klik!

Demikian artikel tentang macam macam minyak bumi beserta penjelasannya. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahaminya. Saya mohon maaf kesalahan kesalahan dala pengetikan.Sampai jumpa di artikel yang selanjatnya yaaa !!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *