makanan kambing agar cepat gemuk

Makanan Kambing Agar Cepat Gemuk dan Sehat

Ada banyak jenis pakan untuk kambing. Yang paling umum adalah rumput. Nah, kali ini saya akam memberitahukan makanan kambing agar cepat gemuk dan sehat.

Makanan Kambing Agar Cepat Gemuk

makanan kambing agar cepat gemuk

Hijauan Segar

Hijauan segar adalah semua pakan segar saat diberikan kepada ternak. Potong kecil-kecil atau potong utuh. Pakan segar pada dasarnya terdiri dari rumput, biji dan daun yang masih segar.

Pakan segar mengandung banyak karbohidrat dalam bentuk pati, monosakarida dan fruktosa, dan berperan penting dalam memberi energi pada kambing kesayangan Anda.

Rumput

Rumput yang bisa diberikan untuk kambing adalah rumput gajah (Pennisetum purpureum), rumput Bengal (Penicum maximum), rumput setaria (Setaria sphacelata), rumput Brachiaria (Brachiaria decumbens), rumput Meksiko (Euchiena mexicana), dan sawah. ..
Pada umumnya petani menggunakan gulma yang tumbuh di lahan kosong, sawah, di bawah pohon, dan gulma yang tumbuh di lahan sawah.

Namun, terutama pada musim kemarau ketika rumput sulit ditemukan, peternak mungkin ingin menanam rumput gajah di bawah tanah kosong atau tanaman keras untuk meningkatkan ketahanan pakan kambing.
Jika Anda memiliki taman dengan banyak tanah dan rumput.

Konsentrat (pakan yang disempurnakan)

Memilih diet yang diperkaya membantu meningkatkan produksi kambing baik dalam penambahan berat badan, kambing dan susu kambing. Peternakan kambing komersial disarankan menggunakan konsentrat lokal dan limbah pertanian seperti dedak, jagung giling, bungkil kelapa, singkong, garam dan air mineral.

Singkong taun (singkong karet)

Ada daun-daunnya lebar dan tebal, ciri lainnya adalah memiliki batang yang besar. Biasanya, singkong ini akan tumbuh lagi saat dipotong. Batangnya sangat besar, tetapi hanya ada umbi kecil, seperti akar yang menggembung di tanah.

Perbedaan antara singkong karet dan singkong biasa adalah daun singkong hanya digunakan untuk membuat sayur karena ubi jalar tidak bisa dimakan. Daun singkong sering digunakan sebagai pakan ternak. Kandungan protein singkong yang tinggi cukup untuk pakan kambing.

Suase

Suase merupakan pakan hijauan ternak yang disimpan segar. Berbeda dengan silase yang disimpan dalam keadaan kering dalam jangka waktu yang lama, suase hanya disimpan dalam waktu yang singkat.

Petani tidak harus mencari pakan setiap hari, jadi hanya beberapa hari untuk keperluan efisiensi energi saja. Pakan suase biasanya diperoleh dari tumbuh-tumbuhan seperti biji-bijian dan rumput. Tergantung situasinya, dapat meningkatkan ketersediaan pakan kambing lebih banyak dan dapat diberikan setiap saat.

Pakan Fermentasi

Fermentasi pakan adalah proses pengolahan pakan ternak dengan amoniak untuk mengawetkan dan mempertahankan nutrisi yang terkandung dalam pakan ternak (fiber feed) dalam jangka waktu yang lama.

Bahan :

  • Anda juga bisa menggunakan pisau potong, chop dan parang untuk memotong bahan pakan yang akan difermentasi.
  • Terpal, tong besar, dan plastik besar digunakan sebagai tempat untuk meletakkan produk fermentasi yang dicincang halus.
  • Pisang gedebog dan sedotan juga merupakan bahan alami yang digunakan sebagai bahan utama fermentasi pakan kambing. Kebutuhan bahan alami ini adalah 80%.
  • Jus tebu atau molase dan garam.
  • Suplemen probiotik (suplemen yang umum digunakan adalah probiotik Starbio.
  • Dedak dan dedak juga bisa ditambah dengan ampas tahu. Jumlah yang dibutuhkan adalah 20%. Ampas Okara adalah 15% dan dedak atau dedak adalah 5%.
  • Air secukupnya.

Cara membuat :

  1. Siapkan tempat yang akan digunakan untuk fermentasi pakan kambing.
  2. Gunakan terpal yang disiapkan untuk memudahkan proses pemurnian (pencampuran) bahan fermentasi dengan campuran bahan lain.
  3. Potong pisang dan jerami dengan pisau atau parang yang telah Anda siapkan.
  4. Gunakan mesin pencacah rumput agar lebih mudah
  5. Tahap ini memfasilitasi proses fermentasi dan membantu menyediakan bahan fermentasi dengan bahan fermentasi yang lebih seragam. (Bisa dilakukan sebelum membuat bumbu fermentasi.)
  6. Setelah jerami digiling dengan Gedebog, campurkan dengan bahan alami seperti dedak, dedak dan tahu.
  7. Kemudian taburkan garam secara merata.
  8. Setelah bahan alami fermentasi digaramkan, langkah selanjutnya adalah memasukkan bahan bumbu fermentasi yang sudah dilarutkan selama 15 menit dan diaduk hingga merata.
  9. Setelah semua bahan fermentasi diaduk, Anda siap menggunakan bahan fermentasi.
  10. Kemudian masukkan semua bahan ke dalam tong atau plastik dan tutup rapat hingga kedap udara.
  11. Proses fermentasi sudah berlangsung lama. Komponen utama fermentasi Gedevog menunggu 1-3 jam, sedangkan komponen utama jerami adalah 1 hari atau 24 jam (terutama untuk jerami bisa 1 hari atau lebih atau hingga 14 hari.

Itulah makanan kambing agar cepat gemuk. Ternyata masih ada banyak jenis pakan untuk kambing anda di rumah. Dan tentunya mudah untuk didapat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.