Manfaat Dari Permen Gulali Pasir

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa manfaat dari permen gulali atau permen manisan.tidak hanya “buruk” dan menjadi penyebab diabetes. Makanan manis juga memiliki manfaat. Rasa manis makanan biasanya didapat dari gula atau karbohidrat sederhana yang terdapat pada buah-buahan, gula pasir, gula merah, gula batu, dan lain-lain. Anda juga bisa mendapatkan pemanis buatan seperti sakarin dan aspartam yang terdapat pada sirup, gulali, permen, dan lain-lain.

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa makanan manis dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti obesitas, diabetes, gigi berlubang, dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, beberapa orang tua melarang anaknya makan makanan manis seperti permen dan coklat, untuk menghindari kerusakan gigi. Padahal, makanan manis tidak selalu menimbulkan penyakit. Makanan manis juga memiliki manfaat, antara lain:

1. Sumber Energi
Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Agar dapat dimanfaatkan, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang selanjutnya akan dialirkan melalui aliran darah ke sel-sel tubuh untuk diubah menjadi energi. Hanya saja tidak semua sel tubuh akan menggunakan glukosa sebagai energi. Misalnya, sel-sel di otot dan hati menyimpan glukosa sebagai cadangan energi. Glukosa yang disimpan akan digunakan saat tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh atau saat tubuh kekurangan energi

2. Meningkatkan Mood
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada perubahan kimiawi di otak setelah seseorang mengonsumsi makanan manis, seperti cokelat. Makanan manis bisa membuat otak mengeluarkan hormon serotonin dan membantu menstabilkan mood untuk mencegah depresi.

Makanan manis juga dapat mengaktifkan pusat kenikmatan di otak, meningkatkan produksi hormon dopamin, sehingga dapat membuat seseorang merasa senang setelah mengonsumsinya. Maka, tidak heran jika sebagian orang akan menyantap makanan manis seperti cokelat dan es krim saat sedang sedih atau sedang mood buruk.

3. Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Glukosa adalah bahan bakar otak, jadi makan makanan manis dapat meningkatkan daya ingat, proses berpikir, dan konsentrasi. Hanya saja glukosa tersimpan di hati dan otot, tubuh akan menggunakan lemak dan protein untuk energi. Namun, saat lemak dan protein habis, tubuh akan menggunakan otot untuk mendapatkan energi. Inilah yang membuat seseorang merasa lemas, mudah lelah, dan kehilangan konsentrasi

Penderita Diabetes Masih Bisa Makan Makanan Manis
Penderita diabetes sebenarnya bisa menikmati sesuatu yang manis dari waktu ke waktu. Penting untuk kalian mengetahui apa dampak dari makanan tertentu terhadap makanan dari gula darah. Kuncinya adalah mengelola apa yang bisa dimakan. Contoh beberapa makanan penutup ramah diabetes yang mungkin tidak mengandung pemanis buatan dan aman untuk penderita diabetes meliputi:

  • Granola (tanpa tambahan gula) dan buah segar.
  • Biskuit graham dengan selai kacang.
  • Cokelat panas bebas gula yang ditaburi kayu manis.
  • Puding bebas gula dengan topping bebas gula.
  • Banyak juga merek makanan manis yang membuat varian bebas gula atau bebas gula, diantaranya kue dan pie. Akan tetapi, perlu kalian diingat bahwa hanya karena makanan permen ini tidak mengandung banyak gula, bukan berarti kalian makanan harus dengan permen tersebut bebas karbohidrat atau juga kalori. Makanya, mereka tetap harus dinikmati secukupnya.

4. Mencegah infeksi telinga pada anak

Beberapa penelitian menyatakan jika permen karet yang mengandung xylitol mampu mencegah infeksi telinga pada anak – anak. Bukan itu saja, mengonsumsi permen karet juga mampu mempercepat proses pemulihan pasca operasi, terutama pemulihan usus.

5. Menurunkan berat badan.

Pada sebuah penelitian terbukti jika orang – orang yang rutin mengonsumsi permen karet cenderung dapat mengontrol nafsu makan mereka. Kondisi ini pasti akan membuat keinginan ngemil atau mengonsumsi makanan ringan juga berkurang. Namun, dalam menurunkan berat badan, Anda harus menerapkan pola makan sehat dan seimbang yang disertai dengan olahraga rutin.

Demikianlah informasi terkait manfaat permen gulali bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui. Meskipun begitu jangan lupa menggosok gigi setelah mengonsumsi permen gulaliagar gigi tetap sehat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membagikan ulasan ini kepada teman – teman Anda. Dan jika kalian inggin membuka peluang usaha permen gulali alangkah baiknya jika kalian mengunakan mesin arum manis, dan juga tambakan beberapa cemilan seperti resep usus crispy.Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *