sabut kelapa untuk tanaman

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang manfaat sabut kelapa untuk tanaman berikut artikelnya selamat membaca1

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Sabut kelapa atau yang sering disebut dengan cocopeat yang telah diubah menjadi bubuk merupakan limbah dari pohon kelapa yang dapat kita manfaatkan sebagai media tanam atau media campuran dalam pembuatan bahan organik. Fungsi sabut kelapa tidak hanya baik untuk media tanam tetapi juga baik untuk perkembangan tanaman. Untuk serbuk sabut kelapa manfaatnya adalah menghemat penggunaan pupuk pada tanaman sekitar 50%. Bagi Anda yang hobi menanam, menanam tanaman di halaman rumah, tak ada salahnya mencoba media tanam sabut kelapa.

 Untuk sabut kelapa asli yang belum dijadikan bubuk biasanya diambil dari buah kelapa yang sudah diambil buahnya terlebih dahulu kemudian bagian atasnya dipotong dan dibelah. Penggunaan sabut kelapa sebaiknya digunakan di daerah dengan curah hujan rendah karena bagian bawah sabut kelapa akan membusuk jika terus menerus terkena banyak air.

sabut kelapa untuk tanaman

 Padahal, bisa menimbulkan penyakit jika sabut kelapa yang Anda pakai cepat busuk. Jika Anda menggunakan sabut kelapa dan ingin menghindari pembusukannya, coba rendam sabut kelapa terlebih dahulu dalam larutan fungisida. Sabut kelapa merupakan limbah terbesar dari buah kelapa dengan persentase 42% yang kesemuanya memiliki banyak manfaat bagi manusia dan tumbuhan. Air kelapa juga memiliki manfaat yang sangat penting bagi tanaman yaitu sebagai bahan pembuatan pupuk cair organik.

Dalam pembuatan media tanam dari sabut kelapa berupa pot ukurannya bisa disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Keunggulan penggunaan sabut kelapa dalam bentuk ini antara lain lebih ramah lingkungan dan mudah didapat karena menggunakan bahan alami sehingga tidak perlu menggunakan plastik.

Awalnya sabut kelapa hanya digunakan sebagai bahan bakar industri dan bahan bakar rumah tangga. Namun cara ini dinilai masih belum banyak menyerap sabut kelapa dari sisa pengolahan kelapa. Selain itu, ternyata hal tersebut tetap membuat limbah sabut kelapa terbuang percuma bahkan tidak berguna.

Tujuan pembuatan artikel ini adalah untuk mengedukasi masyarakat luas tentang pemanfaatan sabut kelapa yang diolah menjadi berbagai bentuk pot. Berikut ini beberapa manfaat sabut kelapa untuk tanaman yang bisa kita ketahui.

  1. Sebagai media tanam Yang jelas, sabut kelapa bisa digunakan sebagai media tanam. Yakni dengan mengambil sabut kelapa dari batok kelapa dan menggunakannya langsung sebagai bahan tanam. Ada tumbuhan yang membutuhkan jenis media tanam khusus agar menyerupai atau menyerupai habitat aslinya. Misalnya adalah tanaman anggrek.
  2. Cocopeat Sabut kelapa dapat diolah menjadi cocopeat. Cocopeat adalah sabut kelapa yang dipercaya lebih lembut. Serat pada sabut kelapa dipecah dan diubah menjadi ukuran yang sangat lembut.
  • Mengandung unsur kalium Sabut kelapa diketahui mengandung unsur kalium yang cukup tinggi. Kandungan kalium pada sabut kelapa cukup banyak. Kalium ini banyak ditemukan pada serat kulit kelapa.
  • Sebagai pupuk organik Manfaat sabut kelapa untuk tanaman adalah dapat digunakan sebagai pupuk organik. Lebih spesifiknya sebagai sumber kalium organik.
  • Mulsa Mulsa Sabut Kelapa adalah tutupan lahan pada lahan pertanian. Biasanya menggunakan plastik mulsa khusus dengan warna silver di atasnya. Peran mulsa sangat penting. karena fungsinya bisa sebagai: – Menjaga agar air tanah tidak mudah menguap. – Mematikan sinar matahari agar gulma tidak bisa tumbuh. – Pertahankan suhu media tanam yang stabil. – Mengurangi aliran air di atas permukaan tanah, sehingga lebih sedikit pupuk yang terbawa aliran air. – Menjadikan tanah tidak cepat memadat. – Lapisan langsung antara buah dan tanah. Misalnya tentang penyiraman. Jika tanah lunak, kontak langsung antar buah dapat menyebabkan busuk buah.

6. Peluang Bisnis Dengan banyaknya manfaat sabut kelapa untuk tanaman, ini bisa menjadi peluang bisnis yang unik. Karena sabut kelapa akan dibutuhkan. Baik itu dari penghobi hingga pertanian yang lebih luas. Khusus untuk Cocopeat harga eceran di pasaran cukup bagus, peluang besar ada disini.

Demikian artikel tentang Manfaat Sabut Kelapa untuk Pertanian yang bisa saya sampaikan. Terima kasih. Semoga bermanfaat untuk kalian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *