MASJID AGUNG DEMAK

Masjid Agung Demak Adalah Masjid yang tertua di Indonesia yang berdiri sejak abad ke-15 yang terletak di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Lokasi Masjid Agung Demak ini berdekatan dengan makam Sunan Kalijaga di Kadilangu. Masjid ini dibangun oleh Raden Patah dari Kerajaan Demak dibantu para Walisongo pada abad ke-15 Masehi.

ARSITEKTUR MASJID AGUNG DEMAK

Memiliki ciri khas tradisonal Indonesia dan memiliki makna dibagian arsitekturnya. Masjid yang terlihat sangat sederhana namun terkesan indah, anggun, megah, dan sangat berkarismatik. Bangunan yang memiliki 4 tiang utama yang disebut saka guru.  Konon katanya berasal dari serpihan-serpihan kayu, sehingga dinamai saka tatal yang lansung dibuat walisongo.

Masjid ini berbentuk limas yang bertumpuk 3 adalah gambaran akidah Islam yakni Iman, Islam, dan Ihsan.  Masjid ini juga memiliki Pintu yang terbuat dari kayu jati dan dipenuhi dengan berbagai ukiran bergambar dua kepala naga. Atau biasanya disebut dengan pintu bledeg yang dianggap mampu menahan petir. Dalam budaya Jawa, gambar di pintu Masjid Demak ini  berasal dari prasasti Condro Sengkolo, berarti penanda waktu. 

Di bagian teras ditopang delapan buah tiang. Faktanya di dalam Masjid demak ini  terdapat beberapa makam raja-raja Kesultanan Demak termasuk di antaranya adalah Sultan Fattah yaitu raja pertama Kesultanan Demak dan para abdinya.

SEJARAH MASJID DEMAK

Menurut cerita masyarakatpada zaman dahulu, Masjid Demak ini adalah Masjid yang pernah ditempati untuk berkumpulnya walisongo yang menyebarkan dan menyiarkan agama Islam di Jawa. Walisongo membangun masjid ini dengan memberi gambar serupa bulus yang merupakan candra sengkala memet yang bermakna Sarira Sunyi Kiblating Gusti.

bulus menggambarkan pembangunan Masjid Agung Demak yaitu 1401 Saka. Bulus yang terdiri atas kepala memiliki makna 1 empat kaki bulus bermakna 4, badan bulus yang bulat bermakna 0, dan ekor bulus bermakna 1. Hewan bulus menjadi simbol untuk Masjid Agung Demak ini, dan dibuktikan dengan adanya berbagai ornamen bergambar bulus di dinding masjid.

>

>

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://sinarsuryaabadi.co.id/

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *